UMR Surabaya

umr surabaya

Surabaya adalah salah satu kota di Jawa Timur. Sebagai ibukota dari Jawa Timur, kondisi ekonomi Surabaya menjadi salah satu yang paling ramai di antara kota- kota di Surabaya. Sehingga Surabaya dapat dikatakan sebagai jantung dari kegiatan ekonomi di Jawa Timur.

Gaji UMR Surabaya tentunya akan menjadi perhatian yang cukup besar bagi para jajaran pemerintah. Hal ini dilakukan agar kesejahteraan para pekerja nantinya bisa terjamin. Gaji UMR Surabaya besarannya telah ditentukan oleh pemkot Surabaya.

Sehingga untuk beberapa perusahaan di Surabaya untuk menggaji karyawannya nantinya besaran minimalnya akan sama. Hal yang akan membedakan adalah daerah otonom dari pemberlakuan gaji UMR nya. Untuk masing-masing daerah di Indonesia, memiliki besaran UMR  yang berbeda beda.

Besarannya ini ditentukan dari kondisi perekonomian dari daerah tersebut. Sebagai contoh, besaran gaji UMR Surabaya akan berbeda dengan besaran gaji UMR Tangerang. Jelas. Kondisi ekonomi Surabaya tentunya akn berbeda dengan kondisi ekonomi Tangerang.

Sehingga dalam praktiknya, saat penentuan besaran UMR pun akan berbeda beda. Kebijakan besaran gaji UMR, biasanya akan selaras dengan produktivitas karyawan. Jika gaji UMR surabaya yang ditawarkan tinggi, maka biasanya karyawan akan lebih semangat dalam bekerja. Begitu juga sebaliknya.

Jika gaji UMR surabaya yang ditawarkan rendah, maka biasanya karyawan akan tidak meningkat kinerjanya. Gaji UMR Surabaya dalam penetapan besarannya juga sembarangan. Artikel ini menyajikan mengenai gaji UMR Surabaya yang bisa anda jadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam menentukan karir. Berikut adalah ulasannya.

Profil Surabaya

umr surabaya
Profil Kota Surabaya

Kota Surabaya adalah ibu kota Provinsi Jawa Timur, Indonesia, sekaligus kota metropolitan terbesar di provinsi tersebut. Surabaya merupakan kota terbesar kedua di Indonesia setelah Jakarta. Kota ini terletak 800 km sebelah timur Jakarta, atau 435 km sebelah barat laut Denpasar, Bali.

Baca juga : UMR Jogja

Surabaya terletak di pantai utara Pulau Jawa bagian timur dan berhadapan dengan Selat Madura serta Laut Jawa. Surabaya memiliki luas sekitar ±326,81 km², dan 2.970.843 jiwa penduduk pada tahun 30 Juni 2021. Daerah metropolitan Surabaya yaitu Gerbang kertosusila yang berpenduduk sekitar 10 juta jiwa.

Surabaya adalah kawasan metropolitan terbesar kedua di Indonesia setelah Jabodetabek. Surabaya dan wilayah Gerbang kertosusila dilayani oleh sebuah bandar udara. Bandar Udara Internasional Juanda yang berada 20 km di sebelah selatan kota, serta dua pelabuhan, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Pemuda-pemuda Surabaya dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah. Surabaya juga sempat menjadi kota terbesar di Hindia Belanda dan menjadi pusat niaga di Nusantara yang sejajar dengan Hong Kong dan Shanghai pada masanya.

Menurut Bappenas, Surabaya adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Medan, Jakarta, dan Makassar. Surabaya memiliki wisata alam Kebun Binatang Wonokromo dan Pantai Kenjeran.

Kota ini juga memiliki banyak tempat wisata sejarah dari kenangan Soerabaja Tempo Doeloe, bangunan tua peninggalan Belanda dan Jepang salah satunya adalah Hotel Oranje atau Yamato. Selain mendapat penghargaan wisata sejarah, Surabaya juga kaya akan wisata belanja. Sebagai kota perdagangan, Surabaya memiliki beberapa pusat perbelanjaan dan mal.

Kesenian tradisional di kota Surabaya tumbuh subur dan berusaha untuk dilestarikan. Bentuk seni tradisional kota ini banyak dan beragam. Ada seni tari, seni musik dan seni panggung. Ludruk, Gending Jula Juli Suroboyo, Tari Remo, Kentrung, Okol, Seni Ujung, Besutan, Upacara Loro Pangkon, Tari Lenggang Suroboyo dan Tari Hadrah.

Perekonomian Surabaya

Letak Kota Surabaya yang sangat strategis berada hampir di tengah wilayah Indonesia dan tepat di selatan Asia menjadikannya sebagai salah satu hub penting bagi kegiatan perdagangan di Asia Tenggara. Sebagai kota metropolitan, Surabaya menjadi pusat kegiatan ekonomi, keuangan, dan bisnis di daerah Jawa Timur dan sekitarnya.

Sebagai salah satu pusat perdagangan, Surabaya tidak hanya menjadi pusat perdagangan bagi wilayah Jawa Timur, namun juga memfasilitasi wilayah-wilayah di Jawa Tengah, Kalimantan, dan kawasan Indonesia Timur. Surabaya dan kawasan sekitarnya merupakan kawasan yang paling pesat pembangunan ekonominya di Jawa Timur dan salah satu yang paling maju di Indonesia.

Baca juga : UMR Tangerang

Selain itu, Surabaya juga merupakan salah satu kota terpenting dalam menopang perekonomian Indonesia. Sebagian besar penduduknya bergerak dalam bidang jasa, industri, dan perdagangan. Surabaya adalah pusat perdagangan yang mengalami perkembangan pesat.

Industri-industri utamanya antara lain galangan kapal, pengolahan makanan dan agrikultur, elektronik, perabotan rumah tangga, serta kerajinan tangan. Banyak perusahaan multinasional besar yang berkantor pusat di Surabaya, seperti PT Sampoerna Tbk; Wismilak; Maspion; Wings Group; Unilever Indonesia; Pakuwon Group; Jawa Pos Group; dan PT PAL Indonesia.

Pelabuhan Tanjung Perak yang merupakan pelabuhan perdagangan, peti kemas, dan penumpang terbesar kedua di Indonesia setelah Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Di Surabaya juga terdapat Terminal Pelabuhan Teluk Lamong yang merupakan terminal pelabuhan penyangga utama Pelabuhan Tanjung Perak.

Terminal Pelabuhan Teluk Lamong ini menjadi green port pertama di Indonesia serta merupakan salah satu terminal pelabuhan tercanggih di dunia di mana seluruh sistem operasinya otomatis dan menggunakan komputer.Meski di tengah pandemi Covid-19, pada tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Kota Surabaya, melampaui kinerja Jawa Timur dan bahkan Nasional.

Peningkatan itu tercatat dari tahun 2020 terkontraksi minus 4,85 persen, kemudian melompat ke angka 4,29 persen pada tahun 2021.

Tiga Perusahaan Besar di Surabaya

umr surabaya
Perusahaan di Surabaya

PT. HM Sampoerna Tbk

Alamatnya Jl. Rungkut Industri Raya No.18, Kali Rungkut, Kec. Rungkut, Kota SBY, Jawa Timur 60293 Pada tahun 1959, pengelolaan perusahaan dialihkan ke generasi kedua, yaitu Aga Sampoerna. Di masa kepemimpinannya, Aga Sampoerna berhasil mengembangkan perusahaan menjadi perusahaan publik, dan sahamnya pun sudah go public.

Philip Morris International Inc, lewat anak perusahaannya PT. Philip Morris Indonesia akhirnya berhasil mengakuisisi sebagian besar saham Sampoerna pada tahun 2005. Sampoerna merajai pasar rokok di Indonesia pada tahun 2017, dengan mengambil porsi pasar 33%.

Pakuwon Jati Tb

Alamatnya Jl. Kejawan Putih Mutiara No.17, Pakuwon, Kejawaan Putih Tamba, Kec. Mulyorejo, Kota SBY, Jawa Timur 60112 PT. Pakuwon Jati Tbk adalah perusahaan yang bergerak di bidang properti yang fokusnya membangun pusat perbelanjaan dan perkantoran.

Perusahaan ini menjadi pelopor pembangunan superblok di Indonesia, sebuah konsep yang memadukan hunian, mall, kantor, hotel dan kondominium. Pakuwon Jati sudah banyak menelurkan proyek-proyek besar di Surabaya, diantaranya adalah Ascott Waterplace Residence dan Benson Pakuwon Mall. Mahakarya PT.

Pakuwon Jati yang lainnya adalah Tunjungan Plaza I-IV, yang menjadi lokasi belanja favorit warga Surabaya sampai saat ini.

Maspion Group

Maspion Group didirikan pada tahun 1962 oleh Alim Husin. Awalnya, perusahaan hanya memproduksi lampu teplok yang terbuat dari logam dan alumunium. Seiring berjalannya waktu, pada tahun 70an, perusahaan mulai memproduksi perabotan rumah tangga dari plastik, seperti ember, baskom, loyang, dan lainnya.

Baca juga :  UMR Majalengka

Saat ini, Maspion telah mengembangkan bisnisnya ke dalam delapan kategori, yaitu konstruksi dan material bangunan, produk konsumen industri, hotel, layanan produk konsumen, properti komersil dan yang lainnya.

Kelebihan Bekerja di Surabaya

umr surabaya
Kelebihan kota Surabaya
  • Kota Surabaya ialah replika Kota Jakarta, khususnya dalam soal usaha dan ekonomi. Hal ini bisa dilihat dari gaji umr jawa timur terutama di Surabaya dan 5 kota penyangganya yang gaji rata-rata pekerjanya sepadan denagn nilai gaji pekerja di Jakarta. Apalagi Semenjak disahkannya Jembatan Suramadu dan Jalan tol Surabaya – Jakarta, sarana ini benar-benar memberikan dukungan program pembangunan wilayah dan memudahkan warga dalam pemercepatan perkembangan ekonomi dan usaha.
  • Surabaya sejauh ini jadi salah satunya pintu gerbang ekonomi dan pariwisata daerah Indonesia Timur karena letak geografis, potensi dan sarananya. Sebagai kota metropolitan paling besar ke-2 sesudah Jakarta, kota ini adalah pusat usaha, perdagangan, industri dan pendidikan Jawa Timur dan Indonesia Timur.
  • Biaya hidup yang lumayan rendah. Bila dibandingkan dengan umr Jakarta, umk kota surabaya cenderung hampir sama, namun biaya untuk kehidupan sehari-hari relatif kecil. Bila anda mampu berhemat, sekitar lebih dari 50 persen gaji yang anda terima dari perusahaan dapat anda sisihkan setiap bulannya.

Gaji UMR Surabaya

Berikut adalah daftar gaji UMR Suarabaya selama lima tahun terakhir yang berhasil kami kumpulkan.

No. Tahun Gaji UMR Surabaya/Bulan
1. 2018 Rp 3.583.312.61
2. 2019 Rp 3.871.052,61
3. 2020 Rp 4.200.479,19
4. 2021 Rp 4.300.479,19
5. 2022 Rp 4.375.479,19

Penutup

Dari data di atas, terlihat bahwa gaji UMR Surabaya naik secara periodik tiap tahunnya, terkecuali pada tahun 2020 hingga 2021. Jika gaji UMR surabaya yang ditawarkan rendah, maka biasanya karyawan akan tidak meningkat kinerjanya. Gaji UMR Surabaya dalam penetapan besarannya juga sembarangan.

Maka gaji UMR Surabaya mengalami kenaikan yang sedikit. Kemungkinan stagnansi ini disebabkan karena adanya efek pandemi yang merambah pada sektor perekonomian. Demikian uraian mengenai daftar gaji UMR Surabaya. Kami berharap artikel ini mampu dijadikan sebagai bahan untuk mempertimbangkan dimana Anda akan berkarir.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.