UMR Subang

umr subang

Menjadi salah satu kabupaten di daerah jawa barat, besaran gaji UMR Subang dan regulasinya tentu menjadi tanggung jawab pemerintah Jawa Barat. Gaji UMR Subang tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Hal ini dimaksudkan agar para pekerja di daerah Subang dan para warga Subang bisa tercapai taraf ekonomi yang layaknya.

Meskipun, pada praktiknya, masih banyak dari mereka yang belum mencapai taraf ekonomi layak. Dalam tiap daerah, keadaan ekonominya pasti berbeda-beda. Ada yang memang mapan, menengah bahkan ada yang rendah. Kondisi  ini biasanya diakibatkan karena kurangnya Sumber Daya Manusia yang memang mumpuni, atau manajemen perekonomian daerah yang kurang.

Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor penentuan besaran UMR, khususnya di gaji UMR Subang. Gaji UMR Subang dirumuskan oleh pemerintah kota Subang beserta jajarannya. Perumusan ini nantinya akan menjadi pedoman bagi para perusahaan dalam membayarkan gaji karyawannya yang harus sesuai dengn gaji UMR Subang yang sudah dirumuskan secara matang oleh pemerintah kota Subang.

Besaran gaji UMR Subang yang sudah ditentukan tidak boleh dikurangi, hal ini karena dalam gaji UMR Subang sudah termasuk pada gaji pokok, beserta tunjangan tetap. Pemberi kerja dan perusahaan hanya boleh menambahi sesuai kemapuan masing- masing perusahaan sebagai reward untuk karyawannya.

Artikel ini menyajikan mengenai besaran gaji UMR Subang, yang bisa Anda jadikan sebagai bahan yang bersifat informatif dalam memutuskan dimana anda akan berkarir. Berikut adalah ulasan mengenai gaji UMR Subang.

Pengertian Upah Minimal Regional

umr subang
Profil Subang

Regulasi Mengenai UMR

Setiap orang yang bekerja tentu menerima upah sebagai penghargaan atas hasil kerjanya. Upah ini diterima karyawan setiap jangka waktu tertentu, umumnya setiap bulan. Nominal upah yang diterima karyawan sudah memiliki standar minimum tersendiri dan ditentukan oleh pemerintah dengan melihat berbagai faktor.

Baca juga :  UMR Surabaya

Standar inilah yang disebut dengan upah minimum atau yang biasa disebut UMR untuk setiap daerah. Upah minimum ditetapkan oleh pemerintah dengan tujuan untuk melindungi kepentingan pekerja. Harapannya, upah minimum dapat mencegah perusahaan yang ingin membayar karyawan dengan upah yang terlampau rendah.

Selain itu, upah minimum dapat menjamin dan melindungi keberlangsungan usaha serta mendorong perkembangan lapangan kerja menjadi lebih produktif. Menurut Pasal 24 ayat (1) PP 36/2021, upah minimum hanya berlaku untuk pekerja dengan masa kerja kurang dari 1 (satu) tahun.

Sedangkan, pekerja dengan masa kerja lebih dari 1 (satu) tahun atau lebih harus mengikuti pedoman struktur dan skala upah yang ditetapkan perusahaan.

Apa itu UMR?

Upah Minimum Regional (UMR) adalah standar upah minimum yang digunakan pengusaha untuk membayar para karyawan perusahaan di taraf regional. UMR digunakan sebagai pedoman bagi perusahaan untuk memberikan imbal balik berupa gaji pokok kepada karyawannya.

Standar UMR di tiap daerah perlu dipatuhi oleh semua perusahaan atau lingkungan usaha yang ada di daerah tersebut. UMR memiliki manfaat baik bagi pihak perusahaan maupun karyawan. Bagi perusahaan, UMR bermanfaat sebagai standar untuk memberikan upah yang layak kepada para pekerja.

Sedangkan, bagi karyawan, UMR akan menghindarkan mereka dari upah yang terlalu rendah dan tidak sebanding dengan kerja keras mereka. dengan demikian, UMR sudah semestinya menjadi hak karyawan. Perlu diketahui bahwa UMR sebenarnya berbeda dengan gaji pokok.

Gaji pokok sendiri merupakan salah satu komponen dari UMR karena UMR adalah jumlah besaran gaji pokok ditambah tunjangan tetap tiap bulan. Dengan demikian, UMR sebenarnya bukan standar minimal gaji pokok, melainkan penghasilan tetap karyawan tiap bulan.

Profil Subang

umr subang
Alun-alun kota Subang

Subang adalah sebuah kecamatan yang juga merupakan pusat pemerintahan Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Tofograpi Subang dataran bergelombang hingga 70%, bukit bergelombang hingga 20%, berbukit hingga bergunung 10% dan ketinggian 144 meter di atas permukaan laut.

Baca juga : UMR Bengkulu

Letak Kabupaten Subang meliputi wilayah seluas 205.176,95 ha atau 6,34 % dari luas Provinsi Jawa Barat.Wilayah ini terletak di antara 107º 31′ sampai dengan 107º 54′ Bujur Timur dan 6º 11′ sampai dengan 6º 49′ Lintang Selatan.

Secara administratif, Kabupaten Subang terbagi atas 253 desa dan kelurahan yang tergabung dalam 22 kecamatan. Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Subang Nomor 3 Tahun 2007 tentang Pembentukan Wilayah Kerja Camat, jumlah kecamatan bertambah menjadi 30 kecamatan.

Berdasarkan data Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Subang per tahun 2021 jumlah penduduk Kabupaten Subang sebanyak 1.594.903 dengan jumlah Laki-laki 799.932 dan jumlah Perempuan 794.971.

Subang memiliki beberapa Kesenian yang tidak dimiliki oleh kabupaten/kota lain. Kesenian-kesenian tersebut berkembang di masyarakat Subang sejak Masa Penjajahan dulu. Berikut kesenian dan kebudayaan asli Kabupaten Subang :

  • Gotong Singa / Sisingaan
  • Gembyung
  • Mapag Dewi Sri
  • Nadran
  • Ruwatan Bumi
  • Sintren
  • Kuda Renggong
  • Toleat
  • Tarling

Penduduk Subang pada umumnya adalah suku Sunda, yang menggunakan bahasa Sunda sebagai bahasa sehari-hari. Sementara kecamatan di wilayah pesisir Subang dan beberapa kecamatan di sepanjang sungai Cipunegara. Dimana sungai tersebut berbatasan dengan Kabupaten Indramayu penduduknya menggunakan Bahasa Dermayon atau yang lebih dikenal dengan nama basa Dermayon.

Kondisi Pertanian Subang

Perkembangan produksi pertanian tanaman pangan di Kabupaten Subang dalam dua tahun terakhir menunjukkan sebagian besar mengalami peningkatan. Adanya penambahan produksi tanaman pangan tahun 2020 disebabkan oleh bertambahnya luas panen dari masing-masing komoditi yang mengalami kenaikan jumlah panen dari tahun sebelumnya.

Baca juga : UMR Jogja

Peningkatan produksi yang tertinggi terjadi pada komoditi kedelai mencapai 363,67 persen dari tahun 2020. Sedangkan yang mengalami penurunan produksi terjadi pada komoditas untuk tanaman ubi kayu.

Penurunan hingga sebesar 15,38 persen pada tahun 2020 dengan produksi 14.354,2 ton menjadi 12.146,71 ton tahun. Untuk produksi tanaman padi ladang pada tahun 2020 mengalami penurunan dari tahun 2019.

Perusahaan yang ada di Subang

umr subang
Perusahaan yang ada di Subang

Berikut adalah daftar beberapa perusahaan yang ada di kabupaten Subang

PT Dahana (Persero)

Jl. Raya Subang – Cikamurang No.Km. 12, Sadawarna, Kec. Cibogo, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

Pt Tirta Wijaya Karya

Jl. Otto Iskandardinata No.297, Sukamelang, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

Pertani (Persero) UP Subang

Jl. Otto Iskandardinata No.61, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

Taekwang Industrial Indonesia

Jl. Raya Cinangsi, Karanganyar, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41285

PT Subang Energi Abadi (Perseroda)

Jl. Palabuan No.9, Sukamelang, Kec. Subang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 41211

Gaji UMR Subang

Berikut adalah daftar gaji UMR Subang yang kami himpun selama 5 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2022.

No. Tahun Gaji UMR Subang/ bulan (Rp.)
1. 2018 2.529.759.90
2. 2019 2.732.899.70
3. 2020 2.965.468.00
4. 2021 3.064.218.00
5. 2022 3.064.218.00

Dampak Kenaikan Gaji UMR Subang

Kenaikan jumlah gaji UMR Subang tidak sesederhana kebahagiaan mendapat penghasilan lebih besar, sehingga kemakmuran hidup para pekerja akan lebih tercukupi. Di balik itu semua, terdapat juga ancaman kehilangan lahan pekerjaan.

Telah beberapa kali terjadi, perusahaan di Subang harus melakukan PHK sebab perusahaan yang dipindahkan ke wilayah lain dengan memiliki UMR lebih murah. Alih-alih kenaikan gaji dapat membahagiakan, namun akan mengundang ancaman baru. Di sisi lain, perusahaan tidak bisa sepenuhnya disalahkan.

Sebab pemilik pabrik juga tak ingin rugi apabila hasil keuntungan habis hanya untuk memenuhi gaji pekerja. Kasus ini merupakan salah satu contoh dampak kebijakan gaji UMR Subang yang perlu dibenahi.

Penutup

Dari data di atas, gaji UMR Subang tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Kenaikannya tiap tahun lumayan besar. Yaitu berkisar 200 hingga 300 ribu. Namun berbeda pada tahun 2021 dan 2022 terjadi stagnansi gaji UMR Subang yang berada pada 3.064.218.00.

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Subang yang bisa anda jadikan bahan pertimbangan dalam berkarir. Dengan mengetahui beberapa ulasan yang telah saya bagikan diatas tadi juga nantinya bisa menjadi acuan anda untuk mecari pekerjaan yang memiliki gaji yang lumayan tinggi.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.