UMR Solo

umr solo

Solo adalah salah satu wilayah yang secara administratif berada di lingkungan Jawa Tengah.  Wilayah Solo ini juga dikenal sebagai kota batik. Hal ini mengingat banyaknya para pengrajin batik solo yang cukup masyhur baik kalangan domestik maupun kancah internasional.

Hal ini menjadikan pembahasan mengenai gaji UMR Solo adalah hal yang menarik. Menjadi salah satu kota batik di Jawa Tengah, menjadikan Solo sebagai wilayah yang cukup sibuk. Banyak lalu lalang masyarakat, bahkan para turis yang notebene tidak tinggal secara menetap di wilayah Solo.

Begitu juga dengan para pekerja di daerah tersebut, tidak sedikit dari mereka yang memang berasal dari luar wilayah Solo. Kondisi ini perlu dijadikan kajian  bagi pemerintah setempat dalam hal merumuskan gaji UMR Solo. Dengan hal tersebut, pembahasan mengenai Gaji Umr Solo akan menjadi topik yang cukup menarik.

Selain karena berkumpulnya orang yang dari berbagai penjuru Indonesia dengan latar belakang ekonomi yang berbeda. Selain itu juga karena adanya kegiatan ekonomi Solo yang akan kian sibuk. Hal ini akan secara tidak langsung akan menyentil, berapa sih besaran gaji UMR Solo? Sebelum dikeluarkan besaran gaji UMR Solo, para jajaran pemerintah Solo sudah pasti melakukan analisis baik secara kuantitatif dan kualitatif.

Perumusan Gaji UMR Solo, tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Hal ini karena gaji umr Solo akan sangat berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat jombang dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Artikel ini akan mengulas besaran gaji UMR Solo, profil daerah Solo dan secara sekilas mengenai UMR.

Yang perlu digaris bawahi pada artikel ini adalah besaran gaji UMR Solo ini bisa saja berubah sesuai kebijakan perusahaan. Namun, secara umum perusahaan dan pemberi kerja wajib untuk memenuhi besaran UMR ini.

Komponen dalam Gaji UMR

umr solo
Keraton Solo

Menurut PP Pengupahan No 78 Tahun 2015 Pasal 41, upah minimum merupakan upah bulanan terendah yang terdiri atas:

  • Upah pokok tanpa tunjangan; atau
  • Upah pokok termasuk tunjangan tetap.
  • Upah pokok adalah imbalan dasar yang dibayarkan kepada pekerja menurut tingkat dan jenis pekerjaan. Umumnya besaran upah pokok ditetapkan atas dasar kesepakatan pekerja dan pengusaha.

Tunjangan tetap adalah pembayaran secara teratur setiap bulan yang besarannya tetap dan tidak dipengaruhi oleh kehadiran karyawan, kontribusi, prestasi, dan lainnya. Tunjangan tetap diberikan untuk pekerja maupun keluarganya, seperti tunjangan anak, tunjangan perumahan, dan tunjangan daerah.

Dengan demikian, mengacu pada PP Pengupahan, komponen UMR hanya terdiri dari upah pokok dan tunjangan tetap. Sedangkan tunjangan tidak tetap, yang besarnya tidak selalu sama setiap bulan atau didasarkan pada kehadiran (uang makan, uang transport), tidak termasuk komponen penyusun UMR.

Profil Wilayah Solo

Surakarta  Kota dengan luas 44,04 km2 ini, berbatasan dengan Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Boyolali di sebelah Utara, Kabupaten Karanganyar dan Kabupaten Sukoharjo  dan Kabupaten Sukoharjo. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di pulau Jawa bagian Selatan setelah Bandung dan Malang menurut jumlah penduduk.

Baca juga : UMR Sukabumi

Sisi Timur kota ini dilewati sungai yang terabadikan dalam salah satu lagu keroncong, Bengawan Solo. Bersama dengan Yogyakarta, Surakarta merupakan pewaris Kerajaan Mataram Islam yang dipecah melalui Perjanjian Giyanti, pada tahun 1755. Kota ini termasuk kawasan Solo Raya.

Kota Surakarta terletak pada110° 45’ 15”dan 110°45’ 35” Bujur Timur dan  7°36’ dan7°56’ Lintang Selatan. Kota Surakarta merupakan kota besar di Jawa Tengah yang menunjang kota lainnya seperti Semarang atau Yogyakarta.

Wilayah Kota Surakarta atau lebih dikenal dengan “Kota Solo” merupakan dataran rendah dengan ketinggian ± 92 m dari permukaan laut. Kota Solo berbatasan di sebelah utara dengan Kabupaten Boyolali, sebelah timur dengan Kabupa-ten Karanganyar, sebelah selatan dengan Kabupaten Sukoharjo dan di sebelah Barat dengan Kabupaten Sukoharjo.

Luas wilayah Kota Surakarta mencapai 44,04 km² yang terbagi dalam 5 kecamatan, yaitu : Kecamatan Laweyan, Serengan, Pasar kliwon, Jebres dan Banjarsari. Sebagian besar lahan dipakai sebagai tempat pemukiman sebesar 65%, Sedangkan untuk kegiatan ekonomi juga memakan tempat yang cukup besar juga yaitu berkisar antara 16% dari luas lahan yang ada.

Suhu Udara rata-rata di Kota Surakarta pada tahun 2016 berkisar antara 21,8°C sampai dengan 33,1°C. Sedangkan kelembaban udara berkisar antara 77 persen sampai dengan 95 persen. Hari hujan terbanyak jatuh pada bulan Februari dengan jumlah hari hujan sebanyak 23 hari.

Daerah Istimewa Surakarta

umr solo
salah satu tempat wisata yang ada di Solo

Setelah berdirinya Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, pada 1 September 1945 Sinuhun Paku Buwana XII mengeluarkan maklumat bahwa Nagari Surakarta Hadiningrat mendukungpemerintah Republik Indonesia.

Selama 10 bulan, Surakarta berstatus sebagai daerah istimewa setingkat provinsi, yang dikenal sebagai Daerah Istimewa Surakarta. Status Daerah Istimewa Surakarta secara yuridis diatur dalam Penetapan Pemerintah No. 16/SD Tahun 1946 dan Surat Wakil Presiden tanggal 12 September 1949

Baca juga : UMR Purwakarta

Industri batik menjadi salah satu industri khas Surakarta. Sentra kerajinan batik dan perdagangan batik antara lain di Laweyan dan Kauman. Pasar Klewer serta beberapa pasar batik tradisional lain menjadi salah satu pusat perdagangan batik di Indonesia. Perdagangan di Surakarta berada di bawah naungan Dinas Industri dan Perdagangan.

Selain Pasar Klewer, Surakarta juga memiliki banyak pasar tradisional, di antaranya Pasar Gedhe (Pasar Besar), Pasar Legi, dan Pasar Kembang. Pasar-pasar tradisional yang lain menggunakan nama-nama dalam bahasa Jawa, antara lain nama pasaran (hari) dalam Bahasa Jawa:

Pasar Pon, Pasar Legi, sementara Pasar Kliwon saat ini menjadi nama kecamatan dan nama pasarnya sendiri berubah menjadi Pasar Sangkrah. Selain itu ada pula pasar barang antik yang menjadi tujuan wisata, yaitu Pasar Triwindu/Windu Jenar (setiap Sabtu malam diubah menjadi Pasar Ngarsopuro) serta Pasar Keris dan Cenderamata Alun-Alun Utara Keraton Surakarta.

Pusat bisnis kota Surakarta terletak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Beberapa bank, hotel, pusat perbelanjaan, restoran internasional. Tujuan lain yaitu wisata dan hiburan terletak di sepanjang jalan protokol ini, termasuk Graha Soloraya, Loji Gandrung (rumah dinas wali kota).

Pada hari minggu pagi, jalanan Slamet Riyadi khusus ditutup bagi kendaraan bermotor, untuk digunakan sebagai ajang Solo Car Free Day, sebagai bagian dari tekad pemda untuk mengurangi polusi. Beberapa mal modern di Surakarta antara lain Solo Square, Solo Grand Mall (SGM), Solo Paragon, Solo Center Point (SCP), Singosaren Plaza, Pusat Grosir Solo (PGS), Beteng Trade Center (BTC), Hartono Mall Solo Baru.

Hal Menarik dari Solo

Termasuk Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Surakarta atau Solo telah ditetapkan menjadi salah satu kota di Indonesia dengan biaya hidup termurah. Surakarta menjadi kota yang tidak banyak menekan pengeluaran untuk kebutuhan sehari-hari masyarakatnya. Seperti untuk tempat tinggal, makanan, pakaian, pendidikan, hingga transportasi.

Maka itu, tidak heran bahwa Surakarta menjadi salah satu tujuan para perantau dari berbagai daerah untuk mengenyam pendidikan atau bekerja. Bahkan, kota ini juga beberapa kali mendapatkan penghargaan sebagai kota yang nyaman hingga layak huni untuk anak-anak, mahasiswa, hingga orang tua.

Asal-usul Dua Nama

Kota Surakarta ialah kota yang menyandang dua nama, yakni Surakarta dan Solo. Sejarah Kota Solo dimulai ketika Keraton Kartosuro mengalami kehancuran akibat serbuan dari pemberontak Kerajaan Mataram. Raja Pakubuwana II saat itu tengah mencari lokasi baru untuk menjadi pusat pemerintahan dan memilih Sala.

Namun, namanya diganti menjadi Surakarta Hadiningrat. Saat ini, nama Surakarta biasanya digunakan dalam situasi formal-pemerintahan, sedangkan nama Sala/Solo biasanya lebih merujuk pada penyebutan umum yang dilatarbelakangi oleh aspek kultural.

Tempat Kelahiran Pelopor Batik Indonesia

Kota Solo merupakan surganya bagi para pecinta batik sehingga dijuluki sebagai Kota Batik. Hal ini dikarenakan penjual batik di Solo sangat mudah ditemukan, seperti pusat penjualan batik di Kampung Batik Laweyan. Batik yang dijual juga memiliki berbagai macam varian harga, motif, dan juga jenis.

Baca juga : UMR Purwakarta

Motif andalan yang sangat popular adalah Parang Kusumo dan Truntum. Solo juga menjadi tempat kelahiran dari sang pelopor batik Indonesia, yaitu Go Tik Swan. Go Tik Swan dikabarkan memiliki kedekatan dengan Soekarno, presiden pertama di Indonesia pada saat itu.

Lalu, Soekarno pun meminta Go Tik Swan untuk menciptakan Batik Indonesia. Go Tik Swan pun langsung kembali ke Solo dan membuat batik untuk Presiden Soekarno yang diberi nama Parang Bima Kurda.

Gaji UMR Solo

umr solo
salah satu perusahaan di Solo

Berikut kami sajikan mengenai gaji UMR Solo selama 5 tahun terakhir :

No. Tahun Besaran Gaji UMR Solo/Bulan
1. 2018 Rp1.668.700
2. 2019 Rp1.802.700
3. 2020 Rp1.956.200
4. 2021 Rp2.013.810
5. 2022 Rp2.034.810

Penutup

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Solo. Secara garis besar, gaji UMR Solo mengalami kenaikan yang cukup besar. Akan tetapi, gaji umr Solo juga tidak bisa dijadikan standar pemenuhan ekonomi secara merata. Solo yang dikenal sebagai kota batik sudah pasti memiliki kegiatan ekonomi yang cukup varitif.

Jadi, bukan menjadi hal yang tidak mungkin, jika pembahasan gaji UMR Solo menjadi hal yang cukup menarik. Melalui media ini, berharap mampu menjadi salah satu wadah informatif yang bisa Anda gunakan dalam mencari besaran UMR tiap daerah di Indonesia.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.