UMR Purwakarta

umr purwakarta

UMR atau Upah Minimal Regional adalah upah minimum yang wajib dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada para karyawan atau pekerjanya tiap bulan. Upah tersebut tidak boleh dikurangi, hanya bisa ditambah sesuai dengan kebijakan yang dikeluarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja. Hal ini berlaku juga untuk Gaji UMR Purwakarta.

Sebagai salah satu provinsi yang berpusat sebagai roda perekonomian masyarakat Purwakarta, pemerintah Provinsi Purwakarta sepatutnya ikut berkontribusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat Purwakarta. Salah satunya adalah dengan membuat regulasi mengenai gaji UMR Purwakarta.

Seperti pada maknanya, gaji UMR Purwakarta merupakan upah yang paling minim yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. Gaji UMR Purwakarta dibayarkan tiap bulannya oleh perusahaan tanpa dikurangi, terkecuali karena persoalan  yang bersifat punishment yang memang aturanya sudah disetujui oleh kedua belah pihak.

Dalam gaji UMR Purwakarta terdapat komponen- komponen gaji seperti gaji pokok dan tunjangan tetap. Gaji pokok ini sangat dan tentulah berbeda dengan gaji UMR Purwakarta. Gaji pokok adalah gaji yang pure disusun oleh perusahaan atau pemberi kerja dengan tetap memperhatikan batasan gaji UMR Purwakarta yang sudah ditentukan.

Artikel ini akan menyajikan mengenai pembahasan gaji UMR Purwakarta yang sudah kami himpun untuk 5 tahun terakhir Besaran ini akan berbeda beda untuk masing- masing kabupaten atau kotanya. Berikut ulasan lengkapnya mengenai UMR Purwakarta dari tahun ke tahun.

Profil Purwakarta

umr purwakarta
Kota purwakarta

Kabupaten Purwakarta punya beragam potensi dalam menunjang pengembangan dan pembangunan daerah. Potensi tersebut antara lain dalam bidang ekonomi, industri, pertanian, budaya, dan pariwisata. Kabupaten ini tumbuh dan berkembang seiring dengan sejarah dan tradisi masyarakatnya yang kental.

Baca juga : UMR Bogor

Dengan modal kultur dan potensi yang dimiliki. Purwakarta menjadi sebuah daerah yang dinamis dan terus berkembang tanpa meninggalkan akar tradisi Sunda yang dimilikinya. Pada aspek geografis, Kabupaten Purwakarta berada pada posisi pertemuan antara jalur Jakarta – Bandung dan jalur Jakarta – Cirebon.

Purwakarta terdiri dari 17 kecamatan ini memiliki luas wilayah 825,74 kilometer persegi. Tergolong beriklim panas, kabupaten yang terkenal dengan oleh-oleh simping dan emping melinjo terbagi atas zona panas dan sedang dengan suhu antara 22°-32° Celcius pada siang hari dan 17°-26° Celcius pada malam hari.

Seturut topografinya, Kabupaten Purwakarta terbagi menjadi tiga bagian mencakup wilayah pergunungan di sebelah tenggara dengan ketinggian 1.100–2.036 mdpl. Lalu, wilayah perbukitan dan danau di barat laut (500-1.000 mdpl), dan wilayah daratan di utara (35-499 mdpl).

Waduk Jatiluhur merupakan salah satu objek wisata populer dan andalan di Kabupaten Purwakarta. Dengan luas 8.300 hektare dan terletak sekira 9 kilometer dari pusat kota, menyajikan sarana rekreasi dan olah raga air yang lengkap seperti dayung dan ski air.

Waduk Jatiluhur yang dibangun pada 1957, selain bendungan serbaguna pertama juga termasuk bendungan terbesar di Jawa Baratdan Indonesia. Wilayah administrasi kecamatan Purwakarta dibagi menjadi 9 kelurahan dan 1 desa, yakni;

  • Kelurahan Nagri Tengah
  • Kelurahan Nagri Kaler
  • Kelurahan Nagri Kidul
  • Kelurahan Ciseureuh
  • Kelurahan Ciwangi
  • Kelurahan Cipaisan
  • Kelurahan Purwamekar
  • Kelurahan Munjuljaya
  • Kelurahan Tegal Munjul
  • Desa Citalang

Pada umumnya penduduk asli kabupaten Purwakarta demikian juga di kecamatan Purwakarta, adalah suku Sunda, serta suku pendatang lainnya seperti Jawa, Cirebon, Betawi, Batak, Minangkabau , Bugis dan lainnya. Bahasa yang digunakan umumnya Sunda, selain dari bahasa resmi bahasa Indonesia.

Fakta Mengenai Purwakarta

umr purwakarta
Taman Air Mancur Sri Baduga

Punya Air Mancur Termegah se-Asia Tenggara

Purwakarta memiliki taman air mancur yang diklaim sebagai taman air mancur terbesar dan termegah se-Asia Tenggara. Air mancur tersebut yaitu Taman Air Mancur Sri Baduga yang berada di Situ Buleud. Situ tersebut memiliki luas empat hektare yang telah berdiri sejak zaman dahulu.

Konon, situ atau danau Buleud dulunya merupakan kubangan besar yang digunakan oleh badak bercula sebagai tempat pangguyangan atau mandi. Menurut kisah yang ada, di depan Situ Buleud terdapat patung badak bercula satu yang cukup besar. Pada 2013 dibuat sebuah taman air mancur yang dijadikan sebagai ikon Purwakarta.

Baca juga : UMR Tegal

Tepat di tengah situ, dibangun sebuah patung Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi yang tengah duduk bersila dengan dikawal oleh empat harimau putih. Sebanyak 1.000 selang air mancur bertekanan tinggi menghiasi setiap sisi Situ Buleud dan terdapat 30 selang air mancur yang dapat menari.

Air mancur warna-warni tersebut layak disandingkan dengan kemegahan Time of Wings Singapura, bahkan keindahan Air Mancur Sri Baduga melebihinya.

Gedung Negara yang Penuh Misteri

Pada umumnya, kantor bupati atau kepala daerah memiliki bangunan yang megah dengan gaya arsitektur modern. Namun hal ini tak berlaku untuk kantor bupati Purwakarta yang setia dengan tradisinya. Arsitektur gedung kantor bupati Purwakarta masih mempertahankan bangunan lamanya yang dirawat dengan telaten.

Kantor bupati Purwakarta terlihat sangat antik dibandingkan dengan bangunan lain yang ada disekitarnya. Masyarakat Purwakarta mengenal kantor bupati tersebut dengan nama Gedung Negara. Menariknya, di gedung negara terdapat sebuah lukisan besar Nyi Roro Kidul, sosok legenda penguasa laut selatan.

Lukisan tersebut menjadi salah satu hal yang menarik perhatian. Adanya lukisan Nyi Roro Kidul membuat ruangan gedung negara terasa aroma magisnya.

Kesenian Bela Diri dengan Campuran Islam

Pencak silat merupakan salah satu kesenian bela diri yang popular. Namun, di Purwakarta kesenian popularnya yaitu Ibing Pencak Silat yang jadi warisan leluhur masyarakat. Kesenian Ibing Pencak Silat biasanya disandingkan dengan musik terebang.

Baca juga : UMR Tangerang Selatan

Musik terebang tumbuh dan berkembang sejak para penyebar agama Islam  menyebarkan ajarannya di Banten. Menariknya dari kesenian ini yaitu, setiap gerakan yang dilakukan mengandung unsur Islam di dalamnya.

Daftar Perusahaan yang ada di Purwakarta

umr purwakarta
Salah satu perushaan yang ada di Purwakarta

BILTURE INDONESIA / BHANDARI MUSHINDO, PT

Produsen Paper Tube

Kota Bukit Indah Blok D-11 No.25, Purwakarta, Jawa Barat

BIO INDUSTRI NUSANTARA, PT

Pabrik Pupuk

Jl. Raya Bungursari No. 215 Purwakarta, Purwakarta, Jawa Barat

BONGMAN INTERNATIONAL, PT

Memproduksi Topi

Jl Raya Cibening No. 205, Purwakarta, Jawa Barat

CENGKARENG PERMAI, PT

Pabrik Genteng Beton & Paving

Alamat Perusahaan: Ds Cibatu, Purwakarta, Jawa Barat

CIPT LOGAM PERDANA

Logam Jl. Raya Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat

CIPTA ALAM KERAMIKA

Produsen Sanitary Dari Keramik

Kp. Cinta Karya Ds Cikopo Rt 12 Rw 05 Bungur Sari, Purwakarta, Jawa Barat

CIPTA KEMAS ABADI, PT

Packaging, Kota Bukit Indah A I, Purwakarta, Jawa Barat

Gaji UMR Purwakarta

Berikut adalah daftar gaji UMR Purwakarta yang kami himpun selama 5 tahun terakhir. Data dibawah ini diambil dari tiap tahun ke tahun, dan bisa menjadi acuan anda dalam berkarir didaerah Purwakarta.

No Tahun Gaji UMR Purwakarta
1. 2018 Rp. 3.445.616
2. 2019 Rp. 3.722.299
3. 2020 Rp. 4.039.067
4. 2021 Rp. 4.173.568
5. 2022 Rp. 4.173.568

Penutup

Sebagai salah satu provinsi yang berpusat sebagai roda perekonomian masyarakat Purwakarta, pemerintah Provinsi Purwakarta sepatutnya ikut berkontribusi dalam upaya mensejahterakan masyarakat Purwakarta. Salah satunya adalah dengan membuat regulasi mengenai gaji UMR Purwakarta.

Seperti pada maknanya, gaji UMR Purwakarta merupakan upah yang paling minim yang dibayarkan oleh perusahaan kepada karyawannya. Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa meskipun saat terjadi pandemi Covid-19, akan tetapi gaji UMR Purwakarta tetap mengalami kenaikan.

Meskipun di tahun 2021 ke tahun 2022  tidak mengalami kenaikan. Demikian ulasan mengenai gaji UMR Purwakarta. Walau di tahun 2022 tidak ada kenaikan, akan tetapi itu semua sudah melalui perhitungan dan analisis yang matang.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.