UMR Pontianak

umr pontianak

Pembahasan mengenai gaji UMR selalu menjadi hal yang menarik. Bagaimana tidak? Dengan pemerintah menetapkan besaran UMR di daerah tersebut. Maka perusahaan dan pemberi kerja wajib membayar pegawainya paling minim sebesar UMR yang telah di tentukan. Hal ini berlaku juga untuk gaji UMR Pontianak.

Gaji UMR Pontianak adalah gaji  minimal yang harus dibayarkan oleh para pemberi kerja dan perusahaan yang ada di Pontianak kepada para karyawannya. Pemberian gaji minimal ini harus disesuaikan dengan regulasi yang ada di daerah tersebut. jika gaji UMR Pontianak, maka gaji minimum nya sesuai dengan peraturan yang ada di Pontianak.

Gaji UMR Pontianak selama lima tahun terakhir mengalami kenaikan dan stabilitas. Kenaikan yang terjadi dalam lima tahun terakhir ini cukup kecil. Bahkan di tahun 2021- 2022 kenaikannya hanya sekian puluh ribu saja. Namun, kebijakan ini tentunya sudah melalui beberapa tahapan yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Seperti , kajian terhadap kondisi ekonomi, dan pendapatan daerah. Kebijakan mengenai besaran gaji UMR Pontianak sudah menjadi keputusan yang terbaik. Mengingat, saat ini kondisi perekonomian Indonesia belum sepenuhnya bangkit.

Banyak dari beberapa daerah di Indonesia yang masih harus mencoba merangkak untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang baik. Artikel ini menyajikan besaran gaji umr jember selama 5 tahun terakhir dari mulai 2018 hingga 2022.  Besaran gaji umr Pontianak ini, bisa dijadikan patokan bagi perusahaan di wilayah Pontianak untuk menggaji para karyawannya.

Profil Daerah Pontianak

umr pontianak
suasana pontianak pada malam hari

Kota Pontianak yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Barat memiliki luas wilayah 107,82 km2 yang terdiri dari 6 kecamatan dan 29 kecamatan. Kota ini dikenal dengan Kota Khatulistiwa karena melewati garis khatulistiwa. Wilayah Kota Pontianak berbatasan dengan Kabupaten Mempawah di utara, Kabupaten Kubu Raya di selatan, barat, dan timur.

Baca juga : UMR Lampung

Topografi Kota Pontianak merupakan dataran rendah dengan ketinggian 0,8 m sampai dengan 1,5 m di atas permukaan laut dengan kemiringan lahan ± 2%. Kota Pontianak dilintasi oleh Sungai Kapuas sehingga 80% wilayah Kota Pontianak merupakan daerah rawa yang dipengaruhi oleh pasang surut sungai-sungai yang ada.

Siklus pasang surut di permukaan Sungai Kapuas selama 8 – 10 hari setiap tahun dan mengandung kadar air asin yang tinggi. Sebaliknya di musim hujan. Wilayah Kota Pontianak terbagi atas 5 kecamatan yaitu Pontianak Barat, Pontianak Timur, Pontianak Selatan, Pontianak Utara dan Pontianak Kota serta 24 kelurahan.

Wilayah Kota Pontianak secara keseluruhan berbatasan dengan wilayah Kabupaten Pontianak sebagai berikut:

  • Bagian utara berbatasan dengan Kecamatan Siantan
  • Bagian selatan berbatasan dengan Kecamatan Sungai Raya, Kecamatan Sungai Kakap dan Kecamatan Siantan
  • Bagian barat berbatasan dengan Kecamatan Sungai Kakap
  • Bagian timur berbatasan dengan Kecamatan Sungai Raya dan Kecamatan Sungai Ambawang.

Kota Pontianak dilalui oleh Sungai Kapuas dan Sungai Landak. Kedua sungai itu diabadikan dalam lambang Kota Pontianak. Kota ini memiliki luas wilayah 107,82 km2, dan penduduk tahun 2021 berjumlah 672.440 jiwa.

Perekonomian Warga Banjarmasin

umr pontianak
Suasana pasar yang ada di Pontianak

Sebagian besar perekonomian kota Pontianak bertumpu pada industri, pertanian, dan perdagangan.

Industri

Jumlah perusahaan industri besar dan sedang di Kota Pontianak yang telah terdata selama tahun 2005 adalah 34 perusahaan. Tenaga kerja yang diserap oleh perusahaan industri tersebut berjumlah 3.300 orang yang terdiri dari pekerja produksi 2.700 orang dan pekerja lainnya atau administrasi 600 orang.

Baca juga : UMR Bogor

Perusahaan industri besar atau sedang yang terletak di Kecamatan Pontianak Utara menyerap tenaga kerja terbesar, yaitu 2.952 orang. Nilai keluaran yang dihasilkan dari perusahaan industri besar atau sedang adalah sebesar 1,51 triliun rupiah, di mana perusahaan industri besar atau sedang yang berada di Kecamatan Pontianak Utara.

Yang mana didominasi oleh perusahaan industri karet, sedangkan nilai keluaran yang terkecil berasal dari perusahaan yang terdapat di Kecamatan Pontianak Kota, senilai 2,85 miliar Rupiah. Untuk Nilai Tambah Bruto  yang diperoleh dari seluruh perusahaan industri besar /sedang di Kota Pontianak selama tahun 2005 adalah sebesar 217,57 miliar Rupiah.

Serta pajak tak langsung yang diperoleh adalah sebesar 462,78 juta Rupiah, sedangkan NTB atas Biaya Faktor yang diperoleh adalah sebesar 217,10 miliar Rupiah. Jumlah unit usaha industri, tenaga kerja, besarnya nilai investasi dan nilai penjualan dari sentra industri kecil jenis Industri Hasil Pertanian dan Kehutanan (IHPK) terlihat bahwa sentra industri kecil jenis IHPK terbanyak.

IHPK terbanyak adalah usaha industri makanan ringan yang terpusat di Kelurahan Sungai Bangkong dengan tenaga kerja yang diserap sebanyak 329 orang. Nilai investasinya mencapai 249,50 juta rupiah dan nilai penjualannya sebesar 780,50 juta rupiah.

Sedangkan industri anyaman keladi air pada tahun 2005 ini hanya memiliki 16 unit usaha. Unit usaha tersebut memiliki nilai investasi  sebesar 17,5 juta Rupiah dan nilai penjualan 110 juta Rupiah yang terletak di Tanjung Hulu, Pontianak Timur.

Pertanian

Pada tahun 2006, jenis tanaman pangan yang hasilnya paling besar adalah ubi kayu, padi, ubi rambat. Penduduk juga bertani sayuran dan lidah buaya. Tanaman buah-buahan yang banyak ada di Kota Pontianak adalah nangka, pisang, serta nanas. Perternakan di kota Pontianak terdiri dari sapi (potong dan perah), kambing, babi, dan ayam (ras dan buras).

Perdagangan

Perdagangan merupakan salah satu usaha yang berkembang pesat di Kota Pontianak. Perdagangan modern mulai berkembang pada tahun 2001 dengan berdirinya Mal Matahari Pontianak di Pontianak Kota.

Baca juga : UMR Jombang

Pusat perbelanjaan modern mulai dibangun di berbagai sudut kota, seperti Mal Pontianak dan Ayani Mega Mall Pontianak (Pontianak Selatan). Berbagai perusahaan retail nasional mulai mendirikan usahanya di Pontianak, seperti Alfamart dan Indomaret.

Perusahaan di Pontianak

umr pontianak
Tugu khatulistiwaa yang ada di Pontianak

Badan Usaha Kapuas Intan Utama, PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Selat Bari No. 194, Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

 

Kantong Plastik Produk Kantong Plastik

 

Barang-barang plastik lainnya

Badan Usaha Stead Fast Marine, PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

 

Kapal Produk Kapal Barang-barang dari logam aluminium siap pasang untuk bangunan

 

Badan Usaha Sinam Jaya Abadi, PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Raya Wajok Hulu Km 9,7, Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

Karbon Aktif produk Karbon Aktif Kimia dasar anorganik gas industri

Badan Usaha Sumber Djantin (Ii), PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Khatulistiwa Siantan Hilir, Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

 

Karet Sir Produk Karet Sir Karet remah (crumb rubber)

 

Badan Usaha Stead Fast Marine, PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Khatulistiwa, Pontianak, Kalimantan Barat

Pontianak, Provinsi Kalimantan Barat

 

Kapal  

Gaji UMR Pontianak

Gaji UMR Pontianak selama 5 tahun terakhir ditunjukkan pada tabel berikut

No. Tahun Gaji UMR Pontianak/bulan
1. 2018 Rp.2.145 000
2. 2019 Rp.2.318.000
3. 2020 Rp.2.515.00
4. 2021 Rp 2,515,000
5. 2022 Rp 2,579,616

Penutup

Itulah kiranya artikel kali ini mengenai Gaji UMR Pontianak, tiap tahun biasanya gaji UMR Pontianak berubah dan pastinya diberitahukan kepada pekerja. Pemerintah wajib menjunjung tinggi kesejahteraan para buruh, khususnya di daerah sendiri.

Sehingga akan lebih bijak, jika pemerintah mau peka terhadap kondisi perekonomian melalui kebijakan UMR yang menyeseuaikan. Demikian uraian mengenai gaji umr Pontianak yang kami sajikan selama 5 tahun terakhir ini. Gaji umr Pontianak ini bisa Asebagai bahan pertimbangan ketika akan bekerja di wilayah regional Pontianak untuk merantau.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.