UMR Palembang

umr pelembang

Gaji UMR Palembang adalah besaran minimum gaji yang harus diterima oleh karyawan atau pekerja dalam kurun waktu satu bulan untuk daerah kerja Palembang. Besaran gaji UMR untuk masing- masing daerah di Indonesia adalah berbeda – beda. Besaran ini biasanya juga akan disesuaikan dengan kondisi ekonomi masyarakat setempat.

Palembang dikenal sebagai kota kuliner “Empek-Empek”, sebuah makanan yang terbuat dari sagu dan ikan tenggiri. Produksi masal “Empek-Empek” ini tidak hanya dipasarkan secara domestik saja. Akan tetapi sudah masuk dalam kancah internasional.

Kondisi ini menjadikan kegiatan ekonomi di Palembang menjadi ramai karena konsumennya bukan hanya dari Indonesia saja namun luar negeri secara umumnya. Hal ini tentu saja ikut serta dalam faktor yang menjadi alasan penentuan besaran gaji UMR Palembang.

Dari data yang berhasil kami himpun, secara statistik, besaran Gaji UMR Palembang selalu mengalami kenaikan. Kenaikan terjadi setiap tahunnya selama lima tahun terakhir. Kebijakan ini tentunya sudah melalui beberapa tahapan observasi dan kajian analitis terhadap kondisi perekonomian Palembang oleh pihak yang terkait.

Kenaikan gaji UMR Palembang ini pada tahun 2022 kenaikannya tidak terlalu besar. Meskipun kenaikan gaji umr palembang tidak besar. Akan tetapi kebijakan kenaikan tersebut sudah menjadi keputusan terbaik yang dilakukan oleh pihak terkait.

Dalam artikel ini akan disajikan mengenai besaran gaji UMR palembang yang berhasil kami himpun dalam 5 tahun terakhir. Penetapan UMR Palembang 2022 menerapkan ketentuan dan formula baru usai diresmikannya Undang-Undang (UU) Nomor 11 Tahun 2021 tentang Cipta Kerja.

Profil Daerah Palembang

umr palembang
ilustrasu Palembang pada siang hari

Kota  Palembang dengan luas wilayah 400,61 km² ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada 2020. Kota Palembang juga kota terpadat dan terbesar kedua di Sumatra setelah Medan. Kota terpadat kelima di Indonesia setelah Jakarta Raya, Surabaya, Medan, Bandung dan kota terbesar kesembilan belas di Asia Tenggara.

Baca juga : https: UMR Jambi

Kota Palembang dan beberapa kabupaten tetangganya (Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Ogan Ilir, dan Kabupaten Ogan Komering Ilir). Selanjutnya dikembangkan oleh pemerintah pusat sebagai wilayah metropolitan di Indonesia dengan kawasan yang disebut Patungraya Agung atau Palembang Raya.

Sejarah Palembang yang pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari Buddha terbesar di Asia Tenggara pada saat itu, Kerajaan Sriwijaya. Kerajaan tersebut mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9 juga membuat kota ini dikenal dengan julukan “Bumi Sriwijaya”.

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang yang menyatakan pembentukan sebuah wanua yang ditafsirkan sebagai kota pada tanggal 16 Juni 683 Masehi. Tanggal tersebut menjadikan kota Palembang sebagai kota tertua di Indonesia.

Di dunia Barat, kota Palembang juga dijuluki Venice of the East (“Venesia dari Timur”). Penduduk asli Kota Palembang adalah Orang Melayu Palembang juga disebut sebagai Wong Palembang dalam Bahasa Palembang. Namun warga dari luar Kota Palembang juga menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari, seperti bahasa Komering, Ogan, Lematang dan Semende.

Pendatang dari luar Sumatra Slatan atau bahkan luar pulau Sumatera kadang-kadang juga menggunakan bahasa daerahnya sebagai bahasa sehari-hari dalam keluarga atau komunitas kedaerahan. Namun untuk berkomunikasi dengan warga Palembang lain, penduduk umumnya menggunakan bahasa Melayu Palembang sebagai bahasa pengantar sehari-hari.

Selain penduduk asli, di Palembang terdapat pula warga pendatang dan warga keturunan, seperti dari etnis Jawa, Minangkabau, Melayu (di luar Melayu Palembang), Madura, Bugis, Sunda, Batak dan Banjar. Warga keturunan yang banyak tinggal di Palembang adalah Tionghoa, Arab dan India.

Kota Palembang memiliki beberapa wilayah yang menjadi ciri khas dari suatu komunitas , Kampung Kapitan wilayah Komunitas Tionghoa. serta Kampung Al Munawwar, Kampung Assegaf, Kampung Al Habsyi, Kuto Batu, 19 Ilir Kampung Jamalullail dan Kampung Alawiyyin Sungai Bayas 10 Ilir yang merupakan wilayah Komunitas Arab.

Bahasa Masyarakat Palembang

Bahasa yang digunakan masyarakat sehari-hari kota Palembang adalah Bahasa Palembang yang diucapkan hampir keseluruhan masyarakatnya. Selain hal tersebut, masyarakat pendatang juga sering menggunakan bahasa daerah masing-masing jika mereka berkomunikasi dengan sesama komunitas.

Bahasa Palembang adalah bahasa yang sekaligus juga merupakan basantara (bahasa pengantara) provinsi Sumatra Selatan. Penutur bahasa Palembang diperkirakan 3.1 juta jiwa populasi yang tersebar di kota Palembang dan provinsi terdekat.

Sungai Musi

umr palembang
ilustrasi sungai musi

Sungai Musi dalam bahasa Melayu Palembang atau Bioa Musêi (Bioa Musai) dalam bahasa Rejang, adalah sebuah sungai lintas provinsi, yang mengaliri wilayah provinsi Bengkulu dan Sumatra Selatan, Indonesia. Dengan panjang 720 km,  tidak jauh dari muaranya di Selat Bangka, sungai ini membelah Kota Palembang m enjadi dua bagian, Ilir dan Ulu.

Kedua bagian tersebut dihubungkan oleh Jembatan Ampera yang merupakan ikon Palembang dan tiga jembatan lainnya. Sejak zaman Kerajaan Sriwijaya hingga sekarang, sungai ini terkenal sebagai sarana transportasi utama bagi masyarakat.

Kondisi Ekonomi Palembang

Perekonomian Kota Palembang berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku tahun 2021 mencapai Rp 162,64 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 107,25 triliun.

Baca juga : UMR Lampung

Ekonomi Kota Palembang tahun 2021 tumbuh sebesar 3,17 persen. Dari sisi produksi, terutama didorong oleh pertumbuhan kategori Informasi dan Komunikasi sebesar 6,33 persen. Sementara dari sisi Pengeluaran, terutama didorong oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah yang tumbuh sebesar 1,59 persen.

Perekonomian Kota Palembang merupakan yang terbesar di Sumatera Selatan pada 2020. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB).

Di kota tersebut senilai Rp 155,82 triliun pada tahun lalu. Perekonomian kota tersebut menyumbang 33,69% dari total PDRB ADHB seluruh kabupaten/kota di Sumatera Selatan. PDRB ibu kota Sumatera Selatan tersebut ditopang oleh industri pengolahan yang mencapai Rp 48,71 triliun (31,26%).

Sektor konstruksi juga ikut berkontribusi terhadap ekonomi Kota Palembang senilai Rp 26,79 triliun (17,19%). Posisi kedua ditempati oleh Kabupaten Musi Banyuasin dengan PDRB senilai Rp 66,51 triliun pada 2020. Setelahnya ada Kabupaten Muara Enim dengan PDRB Rp 57,76 triliun.

Kabupaten Ogan Komering Ilir dan Kabupaten Banyuasin masing-masing punya PDRB senilai Rp 29,43 triliun dan Rp 29,19 triliun. Kemudian, Kabupaten Musi Rawas punya PDRB sebesar Rp 19,3 triliun. DRB Kabupaten Lahat tercatat sebesar Rp 17,36 triliun. Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur memiliki PDRB sebesar Rp 15,29 triliun.

Sementara, Kabupaten Ogan Komering Ulu dan Kabupaten Ogan Ilir punya PDRB masing-masing sebesar Rp 14,83 triliun dan Rp 11,34 triliun. Adapun, Kabupaten Musi Banyuasin memiliki PDRB per kapita terbesar di Bumi Sriwijaya, yakni Rp 101,49 juta pada 2020.

Posisinya diikuti Kota Palembang dengan PDRB per kapita senilai Rp 92,68 juta. Sedangkan. Kabupaten Empat Lawang memiliki PDRB per kapita terendah, yakni Rp 20,09 juta. Di atasnya terdapat Kota Pagar Alam dengan PDRB Rp 20,2 juta.

Perusahaan Di Palembang

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk

PT Semen Baturaja (Persero) Tbk merupakan BUMN yang bergerak di industri semen. Perusahaan BUMN di Palembang ini berada di Jl. Adi Kusno Cokrosuyoso Kertapati. Perusahaan yang didirikan tanggal 14 November 1974 ini memproduksi 4 jenis semen, yaitu:

  • Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe I untuk berbagai jenis beton.
  • Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe II. Produk medium resistance ini tahan terhadap asam sulfat 0,10-20% dan panas hidrasi sedang.
  • Ordinary Portland Cement (OPC) Tipe V. Produk ultra resistance ini tahan terhadap kandungan asam sulfat yang lebih tinggi dari 0,2%.
  • Portland Composite Cement (PCC) dengan panas hidrasi lebih rendah daripada OPOC tipe

PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (TeL)

PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (TeL) merupakan pabrik yang menghasilkan pulp dan kertas berkualitas tinggi. Pabrik besar di Palembang ini didirikan tanggal 18 Juni 1990. PT Tanjungenim Lestari Pulp and Paper (TeL) berada di area dengan luas 1.250 ha. Tepatnya di Banuayu, Rambang Dangku, Muara Enim.

PT. Jimmulya, Penyedia Tenaga Kerja Migas yang Profesional dan Kompeten

PT Jimmulya merupakan perusahaan pemasok tenaga kerja di industri migas. Karena kemampuannya, PT Jimmulya sudah terlibat dalam operasi seismik dan eksplorasi bidang migas lebih dari 30 tahun.

PT Dexa Medica

PT Dexa Media merupakan perusahaan farmasi yang didirikan tahun 1969.  Perusahaan farmasi di Palembang ini berada di Jl. Bambang Utoyo No. 138, Duku, Ilir Tim. II. PT Dexa Medica melakukan penelitian dan manufaktur di bidang farmasi untuk kualitas yang lebih baik. Jenis obat yang diproduksi, diantaranya:

  • Obat generic.
  • Obat herbal.
  • Produk imunomodulator dito pharmaca.

PT Anugerah Sarana Hayati

PT Anugerah Sarana Hayati merupakan perusahaan pupuk organic serta pengendali hama. Perusahaan ini didirikan tahun 2013 di Bogor. PT Anugerah Sarana Hayati berada di Ruko & Pergudangan Griya Mitra Sukarame.

Baca juga : UMR Jember

Tepatnya di Jalan Bypass Alang-Alang Lebar Blok AB 13, Talang Kelapa, Alang-Alang Lebar. Perusahaan yang disebut juga dengan PT. ASH ini juga memproduksi produk pengendali hama ramah lingkungan.

Gaji UMR Palembang

umr palembang
kota palembang diliat dari atas

Berikut adalah daftar gaji UMR Palembang yang kami himpun selama 5 tahun terakhir. Beseran UMR palembang dari tahun ketahun terus mengalami kenaikan. Nah berikut table yang bisa anda liat mengenai UMR palembang dari tahun-ketahun sebagai berikut

No Tahun Gaji UMR Palembang
1. 2018 Rp2.700.360
2. 2019 Rp2.917.260
3. 2020 Rp3.165.591
4. 2021 Rp3.270.093
5. 2022 Rp3.289.409

Penutup

Dari data di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa meskipun saat terjadi pandemi Covid-19, akan tetapi gaji UMR Palembang tetap mengalami kenaikan. Meskipun dari tahun 2021 ke tahun 2022 kenaikan gaji UMR Palembang tidak terlalu signifikan. Demikian ulasan mengenai gaji UMR Palembang.

Walau di tahun 2022 kenaikannya tidak banyak, akan tetapi itu semua sudah melalui perhitungan dan analisis yang matang. Namun tidak menutup kemungkinan juga UMR palembang akan terus mengalami kenaikan seiring berjalan nya waktu dan seiri pemeritahan setempat yang menjabat.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.