UMR Medan

umr medan

Medan menjadi salah satu kota yang cukup mendapatkan atensi banyak dari para pekerja. Selain karena menjadi ibukota dari Sumatera Utara. Wilayah Medan ini dapat dikatakan cukup startegis, hal ini karena berbatasan langsung dengan Kabupaten Deli Serdang di sebelah barat, timur dan selatan serta Selat Malaka di sebelah utara.

Letaknya yang strategis ini menjadikan Medan menjadi kota yang cukup sibuk dalam kegiatan ekonominya, hal ini nantinya akan berpengaruh pada kondisi gaji UMR Medan. Semakin banyak atensi dari warga, menjadikan tugas yang berat bagi pemerintah setempat dalam merumuskan kebijakan gaji UMR Medan.

Pengkajian terhadap kondisi ekonomi Medan juga sangat diperlukan. Tidak hanya itu, dalam merumuskan gaji UMR Medan juga digunakan indikator kelayakan hidup. UMR Medan merupakan besaran gaji minimal yang harus dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada pekerja setiap bulannya di daerah Medan.

Jika perusahaan atau pemberi kerja tidak melaksanakan aturan tersebut, biasanya perusahaan atau pemberi kerja tersebut akan dikenai sanksi. Kebijakan UMR Medan menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Medan untuk ikut serta berkontribusi dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Medan.

Pemerintah berharap dengan diterapkannya gaji umr Medan ini, masyarakat Medan akan sedikit terbantu dalam pemenuhan kebutuhan hariannya. Artikel ini akan menyajikan mengenai daftar gaji UMR Medan yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam memutuskan untuk berkarir. Berikut adalah ulasannya.

Profil Daerah Medan

umr medan
Profil Medan

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya serta kota terbesar di luar pulau Jawa. Kota Medan merupakan pintu gerbang wilayah Indonesia bagian barat dengan keberadaan Pelabuhan Belawan dan Bandar Udara Internasional Kuala Namu yang merupakan bandara terbesar kedua di Indonesia.

Akses dari pusat kota menuju pelabuhan dan bandara dilengkapi oleh jalan tol dan kereta api. Medan adalah kota pertama di Indonesia yang mengintegrasikan bandara dengan kereta api. Berbatasan dengan Selat Malaka, Medan menjadi kota perdagangan, industri, dan bisnis yang sangat penting di Indonesia.

Pada tahun 2020, kota Medan memiliki penduduk sebanyak 2.435.252 jiwa, dan kepadatan penduduk 9.522,22 jiwa/km2. Menurut Bappenas, Medan adalah salah satu dari empat pusat pertumbuhan utama di Indonesia, bersama dengan Jakarta, Surabaya, dan Makassar.

Medan adalah kota multietnis yang penduduknya terdiri dari orang-orang dengan latar belakang budaya dan agama yang berbeda-beda. Selain Melayu dan Karo sebagai penghuni awal, Medan didominasi oleh etnis Jawa, Batak, Tionghoa, Minangkabau, Mandailing, dan India.

Mayoritas penduduk Medan bekerja di sektor perdagangan, sehingga banyak ditemukan ruko di berbagai sudut kota. Di samping kantor-kantor pemerintah provinsi, di Medan juga terdapat kantor-kantor konsulat dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Jepang, Malaysia, dan Jerman.

Kota Medan memiliki luas 26.510 hektare atau 3,6% dari keseluruhan wilayah Sumatra Utara. Dengan demikian, dibandingkan dengan kabupaten lainya. Medan memiliki luas wilayah yang relatif kecil dengan jumlah penduduk yang relatif besar.Secara geografis kota Medan terletak pada 3° 30′ – 3° 43′ Lintang Utara dan 98° 35′ – 98° 44′ Bujur Timur.

Untuk itu topografi kota Medan cenderung miring ke utara dan berada pada ketinggian 2,5 – 37,5 meter di atas permukaan laut.Ada banyak bangunan-bangunan tua di Medan yang masih menyisakan arsitektur khas Belanda. Contohnya: Gedung Balai Kota lama, Kantor Pos Medan, Menara Air Tirtanadi, Titi Gantung – sebuah jembatan di atas rel kereta api, Kantor Pos, Bank Indonesia, Gedung London Sumatra dan Bangunan tua di daerah Kesawan.

Selain itu, masih ada beberapa bangunan bersejarah, antara lain Istana Maimun, Masjid Raya Medan, Masjid Raya Al Osmani dan juga rumah Tjong A Fie di kawasan Jl. Jend. Ahmad Yani (Kesawan). Daerah Kesawan masih menyisakan bangunan-bangunan tua, seperti bangunan PT London Sumatra, dan ruko-ruko tua seperti yang bisa ditemukan di Penang, Malaysia dan Singapura.

Ruko-ruko ini, kini telah disulap menjadi sebuah pusat jajanan makan yang ramai pada malam harinya. Saat ini Pemerintah Kota merencanakan Medan sebagai Kota Pusat Perbelanjaan dan Makanan. Diharapkan dengan adanya program ini menambah arus kunjungan dan lama tinggal wisatawan ke kota ini.

Kondisi Ekonomi Medan

umr medan
Perekonomian Medan

Perekonomian Medan tahun 2021 meningkat sebesar 2,62 persen. Mengalami peningkatan dibanding dengan tahun 2020 yang mengalami kontraksi 1,98 persen. Berdasarkan pendekatan produksi lapangan usaha pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha informasi dan komunikasi sebesar 6,83 persen.

Baca juga : UMR Majalengka

Diikuti oleh lapangan usaha perdagangan besar dan eceran;reparasi mobil dan motor sebesar 5,10 persen, serta lapangan usaha pengadaan listrik dan gas  sebesar 4,62 persen. Tiga lapangan usaha yang memberi peran dominan terhadap PDRB Kota Medan menurut lapangan usaha pada tahun 2021 yaitu: lapangan usaha perdagangan besar dan eceran.

Reparasi mobil dan sepeda motor sebesar 26,43 persen; lapangan usaha konstruksi sebesar 19,68 persen; serta lapangan usaha industri pengolahan sebesar 13,33 persen.

Tiga Perusahaan Besar di Medan

umr medan
Perusahaan di Medan

Sinar Mas

Sinar Mas adalah sebuah perusahaan besar yang saat ini memiliki Brand Perusahaan yang bergerak dalam 6 pilar Bisnis. yaitu adalah sebagai berikut di Bawah ini.

  • Pulp dan Kertas
  • Agribisnis dan Pangan
  • Layanan Keuangan
  • Pengembang dan Realestat
  • Telekomunikasi
  • Energi dan Infrastruktur

Baca juga : UMR Cirebon

Perusahaan Sinar Mas adalah perusahaan yang terus berkembang dan melakukan terus Bisnis Praktik yang berkelanjutan. Sehingga perusahaan Sinar Mas melakukan pendekatan kepada masyarakat dan meningkatkan kesejahteraan sosial dan kesehatan Masyarakat. Perusahaan Sinar Mas ini memiliki 6 nilai Sinar Mas yaitu sebagai berikut di bawah ini.

Integritas

Yang dimaksud dengan Integritas adalah bertindak sesuai deng perkataan, janji sehingga dapat menumbuhkan kepercayaan kepada orang lain.

Bersikap Positif

Bersikap Positif adalah menampilkan suatu perilaku yang mendukung terciptanya lingkungan kerja yang saling menghargai dan kondusif.

Komitmen

Yang dimaksud dalam komitmen adalah melaksanakan pekerjaan dengan sepenuh hati untuk mencapainya hasil terbaik.

Perbaikan Terus Menerus

Meningkatkan kemampuan atau kapasitas diri, unit kerja dan organisasi secara terus menerus untuk mencapai hasil terbaik.

Inovatif

Memunculkan gagasan atau menciptakan produk, alat kerja, sistem kerja baru yang dapat meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan perusahaan.

Loyal

Menumbuh kembangkan semangat untuk mengerti, memahami dan melaksanakan nilai – nilai perusahaan sebagai bagian dari keluarga besar Sinar Mas.

Wilmar

Wilmar adalah perusahaan internasional yang didirikan pada tahun 1991 yang berkantor pusat di singapura. Perusahaan Wilmar adalah perusahaan yang terkemuka di Asia. Perusahaan Wilmar ini sudah memperkerjakan sekitar 90.000 orang dari berbagai negara.

Wimal yang memiliki sekitar lebih 500 pabrik yang mencakup dari berbagai negara Cina, India, Indonesia dan di 50 Negara lainnya. Perusahaan Wilmar Bergerak dalam budidaya kelapa sawit, Biji Minyak Menghancurkan, Dimakan Minyak Penyulingan, penggilingan Gula dan Pemurnian.

Pembuatan Produk Konsumen, Lemak Khusus, Oleokimia, Biodisel, Pupuk, serta tepung dan penggilingan Beras Perusahaan Wilmar adalah perusahaan yang di kenal di berbagai negara. Sehingga Produk yang di hasilkan oleh perusahaan wilmar di Jual di Asia dan Afrika. Perusahaan wilmar sangat berkomitmen dalam bisnisnya dan memiliki margin setiap langkah rantai nilai, sehingga efisiensi dalam biaya.

Musim Mas

Musim Mas adalah perusahaan yang bergerak di Bidang Kelapa Sawit. Perusahaan ini mencakup dalam bisnis sawit mulai dari Perkebunan Kelapa Sawit hingga menghasilkan produk seperti lemak khusus dan produk lainnya.

Musim Mas telah memasarkan produk lebih dari 80 Negara di seluruh Dunia. Perusahaan Musim Mas ini telah memiliki berbagai sertifikasi sebagai bukti komitmen perusahaan terhadap keunggulan Manufaktur. Sehingga Perusaahaan Musim Mas ini di Akui perusahaan di berbagai negara denga produk dan manajemennya.

Gaji UMR Medan

Berikut adalah daftar gaji UMR Medan yang kami himpun selama 5 tahun terakhir :

No Tahun Gaji UMR Medan
1. 2018 Rp 2.749.074
2. 2019 Rp 2.969.824
3. 2020 Rp 3.222.556
4. 2021 Rp 3.329.867
5. 2022 Rp 3.370.645

Penutup

Dari data di atas, gaji UMR Medan selama lima tahun terakhir selalu mengalami kenaikan. Sekalipun saat terjadi pandemi Covid-19. Meskipun untuk tahun- tahun tertentu, gaji UMR Medan naik hanya beberapa puluh ribu saja. Hal itu mungkin saja terjadi karena perekonomian Medan masih mncoba untuk bangkit setelah dilanda pandemi.

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Medan. Besaran gaji UMR Medan ini tentunya diputuskan dengan sudah melalui berbagai pertimbangan dan kajian terbaik dari pemerintah. Artikel ini bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk mencoba memulai karir di daerah Medan.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Depok

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.