UMR Majalengka

umr mejelengka

Majalengka merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Majalengka memiliki julukan sebagai kota angin. Julukan ini nyataya tidak hanya melekat oleh warga lokal majalengka saja, namun dari luar majalengka juga. Dalam menjalankan roda perekonomiannya, pemerintah majalengka berupaya untuk dapat memenuhi kebutuhan warganya.

Salah satu upaya kontribusi yang dapat dilakukan adalah dengan menetapkan adanya gaji UMR Majalengka.Upaya yang dilakukan pemerintah tidak serta merta sebagai penggugur kewajiban saja. Pemerintah majalengka dalam memutuskan penentuan besaran gaji UMR Majalengka tentunya sudah melalui proses dan observasi mengenai kondisi ekonomi majalengka.

Sehingga tentunya, hasil perumusannya pun tidak sembarangan. Besaran gaji UMR Majalengka akan hanya berlaku untuk daerah majalengka itu sendiri. Tidak berlaku untuk daerah lain. Hal terbesar yang menjadi alasan adalah kondisi ekonomi untuk masing-masing daerah yang tidak bisa disama ratakan.

Daerah dengan kondisi ekonomicukup bagus, dibandingkan dengan daerah yang kurang bagus kondisi, biasanya besaran UMR nya akan lebih tinggi daerah dengan kondisi ekonomi yang bagus. Besaran gaji UMR Majalengka tidak bisa digeneralisasi sebagai tolok ukur sejahteranya masyarakat Majalengka.

Perusahaan, pemberi kerja harus bisa mengetahui kondisi para pekerjanya, sehingga mereka tidak bisa hanya mengandalkan gaji UMR Majalengka. Sedangkan pemerintah, mereka juga berkewajiban untuk secara kontinyu dan kondisional memahami kondisi perekonomian Majalengka.

Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mereka membuat kebijakan baru dengan menaikkan besaran gaji UMR Majalengka. Artikel ini akan secara lugas memaparkan besaran Gaji UMR Majalengka yang biasanya diterima oleh pekerja maupun karyawan untuk tiap bulannya.

Profil Majalengka

umr majalengka
Kota Majalengka

Majalengka  adalah sebuah kabupaten di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berjarak 95 km sebelah timur laut dari Kota Bandung dan 56 km dari Kota Cirebon. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Indramayu di utara, Kabupaten Garut di selatan, Kabupaten Sumedang di barat; serta Kabupaten Cirebon di timur.

Baca juga : UMR Jepara

Majalengka merupakan salah satu kabupaten di Tatar Pasundan, Jawa Barat. Kabupaten Majalengka memiliki 26 kecamatan, 13 kelurahan, dan 330 desa. Mayoritas masyarakat yang mendiaminya adalah etnis Sunda, sehingga bahasa sehari-hari yang digunakan pun Bahasa Sunda.

Pada zaman kerajaan Hindu-Budha, Majalengka terbagi jadi tiga kerajaan, salah satunya Kerajaan Sindangkasih. Hal itu membuat Majalengka memiliki banyak cerita rakyat yang masih hidup di kalangan masyarakatnya hingga saat ini. Bagian utara Kabupaten Majalengka merupakan daerah dataran rendah, sedangkan paras sisi selatannya berupa barisan pegunungan.

Fakta Majalengka

umr majalengka
Taman Kota Majalengka

Dijuluki Kota Angin

Julukan kota angin telah melekat pada Majalengka sejak 1980-an. Bukan tanpa sebab, hampir setiap hari hembusan angin di kabupaten ini selalu kencang. Masyarakat sekitar biasanya menyebut angin di Majalengka dengan angin ngagelebug yang berarti hembusan angin kencang.

Kecepatan angin di Majalengka akan semakin terasa saat memasuki musim hujan. Namun, angin akan berhembus lebih kencang lagi selama Agustus. Secara sains, angin kencang di Majalengka disebabkan adanya perbedaan tekanan udara di wilayah utara dan selatan, serta didukung faktor adanya Gunung Ciremai.

Kampung Enam Rumah

Balemalang adalah salah satu kampung dengan sejarah unik di Kabupaten Majalengka. Konon, rumah di Balemalang tidak pernah bertambah. Hingga kini, hanya terdapat tujuh bangunan, yakni enam rumah dan satu musala di sana. Letak kampung ini sulit dijangkau karena kondisi jalan yang kecil dan menurun tajam.

Saat ini, Kampung Balemalang ditempati lima kepala keluarga yang kesehariannya bekerja sebagai petani dan perajin anyaman rotan maupun bambu. Masyarakat Majalengka mengatakan bahwa kampung ini merupakan kampung tanggung karena terbentuk sangat alami sehingga tidak bisa ditambah bangunan rumahnya.

Kota Penghasil Kecap Tertua

Kecap jadi salah satu produk unggulan yang telah melegenda di Majalengka. Wilayah ini setidaknya memiliki tiga produk kecap terkenal. Salah satunya kecap Maja Menjangan (MM) yang merupakan produk kecap tertua di Majalengka yang sudah ada sejak 1940.

Baca juga : UMR Sukabumi

Kecap Majalengka memiliki citra khas tersendiri dan tahan lama, yakni sampai sekitar dua tahun tanpa bahan pengawet. Pengolahan dengan cara mencampurkan garam dalam jumlah banyak membuatnya tahan lama.

Danau Biru yang Tersembunyi

Disebut sebagai “danau biru tersembunyi,” Telaga Nila memiliki air jernih berwarna biru kehijauan. Ketika debit air surut, warna Telaga Nila jadi hijau, sedangkan ketika debit air naik warnanya akan jadi biru. Beberapa warga sekitar sering menyebut telaga ini sebagai Danau Tosca dan Blue Lagoon. Lokasi Telaga Nila terbilang cukup sulit diakses kendaraan roda empat.

Bandara Terbesar Kedua di Indonesia

Bandara Kertajati telah dibangun sejak Desember 2015, tercatat sebagai bandara terbesar kedua di Indonesia setelah Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Bandara Kertajati dapat menampung kurang lebih 5,6 juta penumpang di atas lahan seluas 1.800 hektare. Di samping ragam fasilitas modern, ada juga sejumlah patung, salah satunya patung perempuan tengah menyambut penumpang bandara.

Perekonomian Majalengka

Majalengka menjadi Komoditas padi dan jagung terbesar. Plt Kepala Dinas Pertanian  Majalengka, Abdul Ghani mengatakan, saat ini dua komoditas tersebut sudah memasuki masa panen. Padi dan Jagung komoditas utama di Majalengka, penghasil terbesar padi terdapat di wilayah utara Majalengka seperti Kecamatan Ligung, Jatitujuh, Kertajati dan Sumberjaya.

Baca juga : UMR Purwakarta

Sementara, penghasil jagung ada di wilayah tengah dan Selatan seperti Majalengka, Panyingkiran, Cigasong, Maja, Argapura, Bantarujeg, Talaga dan Malausma. Perekonomian Majalengka berdasarkan Produk Domestik Regional Bruto atas dasar harga berlaku 2021 mencapai Rp 34,25 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 22,79 triliun.

Perekonomian Majalengka  tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 4,75 persen terhadap tahun sebelumnya. Dari sisi produksi, lapangan usaha Pengadaan air, Pengelolaan sampah dan Daur ulang mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 18,27 persen. Dari sisi pengeluaran, Komponen Pembentukan Modal Tetap Bruto mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 6,93 persen.

Empat perusahaan besar di Majalengka

umr majalengka
Perusahaan di Majalengka

Shin Woo Mulia

Perusahaan garmen PMA Korea yang 100% produksinya diekspor ke luar negeri ini terletak di desa Burujul Wetan, kecamatan Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, provinsi Jawa Barat 45454.

GloryStar Wisesa

GloryStar Wisesa mengkhususkan diri dalam produksi celana olahraga dan baju olahraga dengan menggunakan sistem layanan LEAN System. Mulai beroperasi pada Agustus 2016, berawal dari 2 line sewing dan 120 karyawan hingga saat ini sudah bertambah menjadi 20 line sewing dan kurang lebih 1000 pekerja. Dibangun dengan luas tanah 15.000 m2 dari 87.000 m2

Shoetown Kasokandel Indonesia

Pabrik sepatu Nike di Jalan Raya Cirebon – Bandung Km. 45, kec. Kasokandel, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat 45453.

Gaji UMR Majalengka

Berikut adalah daftar gaji umr majalengka yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2022.

No. Tahun Gaji UMR Majalengka
1. 2018 Rp. 1.606.030
2. 2019 Rp. 1.734.994
3. 2020 Rp. 1.882.642
4. 2021 Rp. 1.882.642
5. 2022 Rp. 2.027.619

Penutup

Dari data di atas, terlihat bahwa Gaji UMR Majalengka selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya. Kenaikan nya pun berkisar ratusan ribu. Hanya saja pada saat tahun 2021, gaji UMR Majalengka mengalami stagnansi tetap besarannya Rp. 1.882.642.

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Majalengka yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2022. Artikel Ini bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dan informasi mengenai besaran UMR Majalengka.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.