UMR Lampung

umr lampung

Mendapat gaji sesuai UMR, merupakan hak seorang karyawan dan kewajiban bagi perusahaan atau pemberi kerja. Sesuai dengan akronimnya, UMR merupakan Upah Minumum Regional, yang artinya untuk masing- masing daerah akan memiliki besaran UMR yang berbeda beda antara satu daerah dengan daerah yang lainnya.

Begitu juga dengan daerah Lampung. UMR di daerah Lampung akan disebut sebagai Gaji UMR Lampung. Hal ini berarti, besaran Gaji UMR Lampung, hanya dapat berlaku di daerah Lampung saja dan tidak berlaku untuk daerah lainnya. Besaran gaji UMR Lampung, sudah secara analitical dikaji oleh pihak berwenang untuk menentukan seberapa besar gaji UMR Lampung.

Para karyawan yang sudah pasti mendapatkan gaji yang sesuai dengan UMR Lampung biasanya mereka bekerja di bawah perusahaan swasta maupun nasional yang memang omzet dan eksistensi nya sudah cukup tinggi. Namun, tidak menutup kemungkinan juga, perushaan perusahaan yang masih mencoba untuk bergerak bisa memberikan gaji sesuai dengan UMR Lampung.

Besaran gaji UMR Lampung tidak bisa digeneralisasi sebagai tolok ukur sejahteranya masyarakat Lampung. Perusahaan , pemberi kerja harus bisa mengetahui kondisi para pekerjanya. Sehingga mereka tidak bisa hanya mengandalkan gaji UMR Lampung.

Sedangkan pemerintah, mereka juga berkewajiban untuk secara kontinyu dan kondisional memahami kondisi perekonomian Lampung. Sehingga tidak menutup kemungkinan untuk mereka membuat kebijakan baru dengan menaikkan besaran gaji UMR Lampung.

Artikel ini akan secara lugas memaparkan besaran Gaji UMR Lampung yang biasanya diterima oleh pekerja maupun karyawan untuk tiap bulannya. Kami menyajikan data gaji UMR Lampung yang kami himpun untuk beberapa kabupaten atau kota di Lampung dalam kurun waktu tahun 2021-2022 sebagai bahan komparasi bagi Anda.

Profil Daerah Lampung

UMR lampung
Keindahan lampung

Provinsi Lampung adalah provinsi yang terletak di ujung Selatan Pulau Sumatera, berbatasan dengan Provinsi Sumatera Selatan, Selat Sunda , Laut Jawa  dan Samudera Hindia. Provinsi yang menjadi pintu gerbang Pulau Sumatera  dari Pulau Jawa ini memiliki populasi  8.521.201 juta penduduk (BPS 2020).

Baca juga : UMR Pasuruan

Secara administrasi, Provinsi Lampung terbagi menjadi 2 kota, yaitu Kota Bandar Lampung dan Kota Metro, serta 13 kabupaten. Dalam pemerintahannya, Gubernur Arinal Djunaidi adalah gubernur ke 10 yang memerintah Provinsi Lampung dan mengusung visi misi “ Rakyat Lampung Berjaya: Aman Berbudaya Maju Berdaya Saing dan Sejahtera”.

Potensi Investasi Daerah

UMR lampung
pintu masuk lampung

Provinsi Lampung semakin memperlihatkan kualitasnya sebagai provinsi yang ramah akan investasi, setidaknya dalam dua tahun terakhir ini terdapat dua pencapaian yang diraih. Pertama adalah penghargaan sebagai Provinsi Potensial Investasi Terbaik pada Ajang Indonesia Attractiveness Award 2018.

Berdasarkan penilaian pada empat komponen utama, yaitu tingkat investasi, jumlah infrastuktur, pelayanan publik dan pariwisata. Kedua adalah masuk dalam jajaran 10 besar tujuan investasi Indonesia. Provinsi Lampung menempati urutan 7, setelah Jawa Timur, DKI, Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Situasi yang kondusif bagi investor, dukungan infrastruktur baik fisik maupun legal yang baik menjadikan Lampung berhasil masuk dalam kelompok 10 besar. Beberapa peluang investasi yang sudah berhasil dikembangkan dan akan dikembangkan, diantaranya :

  • Investasi keuangan melalui skema financial technologi (fintech) yang menggunakan skema peer-to-peer lending platform.
  • Pengembangan bidang agrobisnis (ubi kayu, kacang kedele, padi, dan jagung) serta sub sektor pertanian (industri perbenihan padi dan jagung, unit pengolahan jagung dan unit pengolahan beras)  di wilayah Lampung Tengah.
  • Pengembangan sektor pertanian (jagung dan pisang), perkebunan (kelapa, kelapa sawit dan kakao), serta perikanan (budidaya ikan kerapu air laut, budidaya rumput laut, budidaya Mutiara dan budidaya di wilayah Lampung Selatan.
  • Pengembangan Wisata Batu Pukuk, Kota Bandar Lampung.
  • Pengembangan Pesisir dari Lempasing ke Kawasan Pelabuhan Panjang.
  • Perdagangan Besar dan Pasar Tradisional, baik perdagangan hasil bumi maupun produk olahan dan pusat distribusi.
  • Pengembangan Wisata berbasis MICE.
  • Pengembangan pengelolaan sampah dan instalasi air bersih.

Prioritas Daerah

Pada tahun 2020, arah kebijakan pembangunan Provinsi Lampung sesuai dengan RPJMD 2019 – 2024 yaitu “Meningkatkan Kualitas SDM dan Melanjutkan Pembangunan Ekonomi untuk Mengurangi Kemiskinan’.

Sesuai dengana arah kebijakan tersebut, maka prioritas Pembangunan Lampung, antara lain:

  • Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM)
  • Meningkatkan nilai tambah produk unggulan untuk mengurangi kemiskinan dan ketimpangan.
  • Reformasi birokrasi
  • Infrastruktur untuk perbumbuhan ekonomi yang berkualitas
  • Kehidupan yang religious, aman, berbudaya dan inovatif
  • Pembangunan berkelanjutan dan mitigasi bencana

Kondisi Ekonomi Lampung

UMR Lampung
Tarian Lampung

Masyarakat pesisir lampung kebanyakan bekerja sebagai nelayan dan bercocok tanam. Dibeberapa daerah pesisir, komoditas perikanan seperti tambak udang lebih menonjol, bahkan untuk tingkat nasional dan internasional.

Baca juga : UMR Jombang

Sedangkan masyarakat yang tinggal bukan di pesisir kebanyakan bertanam padi dan berkebun lada, kopi, cengkih, kayu manis dan lain-lain. Lampung fokus pada pengembangan lahan bagi perkebunan besar seperti kelapa sawit, karet, padi, singkong, kakao, lada hitam, kopi, jagung, tebu, dan lain-lain.

Selain hasil bumi Lampung juga merupakan kota pelabuhan karena Lampung adalah pintu gerbang untuk masuk ke pulau Sumatra. Dari hasil bumi tumbuhlah banyak industri-industri seperti di daerah Panjang, Natar, Tanjung Bintang, dan Bandar Jaya.

Kegiatan Industri

Industri penambakan udang termasuk salah satu tambak yang terbesar di dunia setelah adanya penggabungan usaha antara Bratasena, Dipasena, dan Wachyuni Mandira. Pabrik gula dapat menghasilkan produksi per tahun mencapai 600.000 ton oleh dua pabrik yaitu Gunung Madu Plantation dan Sugar Group.

Pada tahun 2007 kembali diresmikan pembangunan satu pabrik gula di bawah PT. Pemuka Sakti Manis Indah (PSMI). Industri agribisnis lainnya: nanas, ketela (ubi), kelapa sawit, kopi robusta, lada, coklat, kakao, nata de coco dan lain-lain.

Kegiatan Pariwisata

Pantai

Objek wisata pantai di Lampung terdapat di Lampung Selatan, Pesawaran, Tanggamus, Kabupaten Pesisir Barat.

Taman Nasional

Lampung memiliki Taman Nasional Way Kambas yang terdapat di Kabupaten Lampung Timur.

  • Wisata alam lainnya
  • Danau Ranau
  • Wisata budaya

Jenis wisata yang dapat dikunjungi di Lampung adalah Wisata Budaya di beberapa Kampung Tua di Sukau, Liwa, Kembahang, Batu Brak, Kenali, Ranau dan Krui di Lampung Barat.

Daftar 3 Perusahaan Besar di Lampung

PT.Sugar Group Companies

Sugar Group Companies adalah perusahan besar yang memiliki beberapa anak perusahan dibawahnya. produk utama dari perusahaan ini adalah Gula. berikut ini adalah anak perusahan dari sugar group companies

  • Gula Putih Mataram (GPM)
  • Sweet Indo Lampung (SIL)
  • Indo Lampung Perkasa (ILP)
  • Indo Lampung Distilery (ILD)
  • Guna Layan Kuasa (GULAKU)
  • JJ Multi Utama Indonesia

Dari ke-6 anak perusahaan tersebut tidak semuanya memproduksi gula, ada yang memproduksi ethanol dan juga kopi bubuk. Perusahaan ini beralatkan didesa Mataram Udik, kec. Seputih mataram, Lampung Tengah.

Budi Acid Jaya (BAJ)

Perusahaan ini merupakan perusahan yang memprouksi tepung tapioka serta tepung beras, dan salah satu pemain utama dalam industri kelapa sawit. Produk turunannya serta serangkaian produk yang digunakan sebagai bahan baku untuk makanan, kertas, permen, bahan kimia dan industri lainnya.

Baca juga : UMR Jombang

Perusahaan ini berada dalam naungan Sungai Budi Group (SBG) yang membuat perusahaan ini berkembang pesat hingga sekarang. Saat ini perusahaan ini memiliki 13 anak perusahaan yang memproduksi produk-produk yang berbeda.

PT. Semen Baturaja (Pabrik Panjang)

Pabrik semen ini terletak didaerah Panjang, kota Bandar Lampung. Pabrik ini mengolah dan mendistributorkon semen dengan merek dagang Semen Baturaja. Pada saat didirikan pada 14 November 1974, Perusahaan lahir dengan nama PT Semen Baturaja dengan kepemilikan saham sebesar 45% dimiliki oleh PT Semen Gresik dan PT Semen Padang sebesar 55%.

Lima tahun kemudian, pada tanggal 9 November 1979 Perusahaan berubah status dari Penanaman Modal Dalam Negeri  menjadi Persero dengan komposisi saham sebesar 88% dimiliki oleh Pemerintah Republik Indonesia.

PT Semen Padang sebesar 7% dan PT Semen Gresik sebesar 5%. Beberapa tahun kemudian yaitu pada tahun 1991, saham Perseroan diambil alih secara penuh oleh Pemerintah Republik Indonesia.

Selanjutnya Perseroan terus mengalami perkembangan sehingga pada tanggal 14 Maret 2013 PT Semen Baturaja mengalami perubahan status menjadi Perseroan terbuka dan berubah nama menjadi PT Semen Baturaja  Tbk. Berikut dasar hukum perubahan status Perseroan.

Gaji UMR Lampung

Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2022 telah ditetapkan Gubernur Lampung sebesar Rp 2,440,486 . Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2022 ini naik sebesar 0,35% dari tahun sebelumnya. Gaji UMR Lampung 2022 telah ditetapkan berdasarkan surat keputusan Gubernur yang telah diterbitkan.

Berikut adalah daftar Gaji UMR untuk Provinsi Lampung :

Kabupaten/Kota Tahun 2021 Tahun 2022
Kota Bandar Lampung Rp 2,739,983 Rp 2,770,794
Metro Rp 2,433,381 Rp 2,459,31
Lampung Tengah Rp 2,442,513 Rp 2,444,079
Lampung Timur Rp 2,432,150 Rp 2,440,486
Tulang Bawang Rp 2,443,313 Rp 2,443,960
Way Kanan Rp 2,645,837 Rp 2,645,837
Lampung Utara Rp 2,461,850 Rp 2,461,850
Tulang Bawang Barat Rp 2,472,144 Rp 2,472,144
Lampung Selatan Rp 2,651,885 Rp 2,659,506
Lampung Barat Rp 2,526,545 Rp 2,536,682
Mesuji Rp 2,673,569 Rp 2,673,569
Pesawaran Rp 2,432,001 Rp 2,440,486
Pringsewu Rp 2,432,001 Rp 2,440,486
Tanggamus Rp 2,432,001 Rp 2,440,486
Pesisir Barat Rp 2,432,001 Rp 2,440,486

Penutup

Dari tabel mengenai Gaji UMR Lampung, sebagian besar gaji UMR Lampung untuk  beberapa kabupaten atau kota dari tahun 2021 hingga 2022 mengalami stagnansi. Kenaikan gaji UMR Lampung dari taun 2021 ke 2022 juga tidak begitu besar.

Kondisi ini seharusnya menjadi bahan evaluasi bagi pemerintah setempat dalam merumuskan kembali besaran gaji UMR Lampung. Demikian ulasan mengenai gaji UMR Lampung. Ulasan ini bisa Anda jadikan bahan pertimbangan atau referensi bagi Anda yang akan memutuskan untuk bekerja di Lampung.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.