UMR Cirebon

umr cirebon

Cirebon merupakan salah satu daerah di Jawa Barat. Dalam menjalankan kegiatan ekonominya, para perusahaan secara serentak akan menanamkan kebijakan upah minimun regional atau UMR. UMR adalah upah minimal yang harus dibayarkan oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada para karyawannya setiap bulannya.

UMR ini akan berlaku di masing-masing daerah dan besarannya tentu akan berbeda.Seperti halnya Gaji UMR Cirebon, nantinya besarannya akan berbeda dengan gaji UMR Tegal. Begitu sebaliknya. Dalam  gaji UMR Cirebon, terdapat komponen- komponen yang masuk dalam gaji UMR Cirebon.

Komponen yang masuk dalam gaji UMR Cirebon adalah, gaji pokok . besaran gaji pokok ini akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan. Kemudian komponen yang kedua adalah tunjangan tetap. Tunjangan ini merupakan tunjangan yang selalu diberikan oleh perusahaan kepada karyawannya tiap bulan.

Sehingga jika dikalkulasi, antara gaji pokok dengan tunjangan tetap, maka harus didapatkan UMR cirebon yang sudah ditetapkan. Pada pratiknya, semua perusahaan atau pemberi kerja tidak boleh melanggar atau memberikan gaji yang tidak sesuai dengan gaji UMR Cirebon yang sudah ditentukan.

Hal ini bisa berakibat fatal pada diberinya sanksi oleh pihak disnaker atau pemerintah  terhadap perusahaan tersebut. Perusahaan hanya boleh menambahkan, tidak boleh menguranginya. Penentuan besaran gaji UMR Cirebon oleh pemerintah kota cirebon.

Biasanya dilakukan melalui rapat atau pembahasan focus disscussion group secara internal mengenai kondisi perekonomian. perusahaan di cirebon, hingga nantinya akan didapatkan perumusan gaji UMR Cirebon yang disepakati. Artikel ini akan menyajikan mengenai gaji UMR Cirebon yang kami kumpulkan selama lima tahun terakhir, sebagai bahan referensi bagi anda.

Profil Cirebon

umr cirebon
mengenal cirebon dan sejarahnya

Cirebon adalah kabupaten di Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kabupaten ini berada di ujung timur Jawa Barat serta menjadi pintu gerbang masuk provinsi Jawa Barat dari wilayah timur Jawa. Kabupaten Cirebon, yang bentuk nonformalnya adalah Cerbon, merupakan produsen beras unggulan yang berada di jalur Pantura.

Baca juga : UMR Sukabumi

Kota Cirebon terletak pada 108°33′ BT – 6°41′ LS di pesisir utara Pulau Jawa bagian timur Jawa Barat. Kota Cirebon terletak di lokasi yang strategis dan merupakan simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Wilayah Kota Cirebon dibatasi oleh Sungai Kedung Pane di sebelah utara, Laut Jawa di sebelah timur, Sungai Kalijaga di sebelah selatan, dan Sungai Banjir Kanal di sebelah barat. Terdapat 5 kecamatan di wilayah Kota Cirebon yaitu Kecamatan Harjamukti, Kecamatan Lemahwungkuk, Kecamatan Pekalipan, Kecamatan Kesambi, dan Kecamatan Kejaksan.

Suhu rata-rata di Kota Cirebon adalah 23,59°C hingga 31,56°C. Jenis tanah di Kota Cirebon adalah tanah regosol yang berasal dari endapan lava dan proklastik (pasir, lempung, lempung,dan kerikil). Ketersediaan air tanah umumnya dipengaruhi oleh intrusi air laut karena letak Kota Cirebon berada di pesisir utara.

Sehingga kebutuhan masyarakat akan air bersih untuk minum sebagian besar bersumber dari suplai PDAM Kota Cirebon yang mata airnya berasal dari Kabupaten Kuningan. Kota Cirebon dalam konteks nasional didefinisikan sebagai PKN (Pusat Kegiatan Nasional),terletak di wilayah pesisir utara Pulau Jawa merupakan penghubung antara Jakarta-Semarang Surabaya.

Keberadaan Kota Cirebon pada posisi yang strategis sebagai simpul pergerakan transportasi antara Jawa Barat dan Jawa Tengah telah memberikan pengaruh terhadap pesatnya perkembangan kota. Namun perkembangan tersebut menghadapi berbagai permasalahan dan tantangan pembangunan ke depan, Permasalahan tersebut berupa konteks internal kota maupun eksternal kota.

Seperti perkembangan Metropolitan Cirebon Raya, keberadaan Bandara Internasional Jawa Barat kedepannya tentunya akan memberikan dampak yang signifikan. perkembangan Cirebon. Berdasarkan karakteristik dan potensi wilayahnya, Kota Cirebon diarahkan menjadi Kota yang memiliki 4 (empat) fungsi yaitu:

Sebagai Kota Pelabuhan, Kota Perdagangan, Kota Industri (kecil) dan Kota Pariwisata dan Budaya, sebagai Pelabuhan. Kota, Kota Cirebon diharapkan dapat berperan sebagai pintu gerbang Ekspor-impor meliputi transit perdagangan yang melayani wilayah sekitarnya.

Sebagai Kota Perdagangan dan Jasa, Kota Cirebon diharapkan mampu menempatkan fungsinya sebagai kota pengumpulan dan distribusi hasil produksi baik yang berasal dari kota itu sendiri. Dari daerah pedalaman yang kaya akan industri olahan dan kerajinan maupun dari Timur, Jawa dan Jawa Tengah bagian barat .

Dengan demikian kota Cirebon merupakan outlet dan inlet perdagangan ekonomi di Jawa Barat, untuk itu diperlukan sentra-sentra produk olahan dan kerajinan.

Perekonomian Cirebon

umr cirebon
Kampung Sabin Cirebon

Perekonomian  Kota  Cirebon  berdasarkan  besaran  Produk  Domestik  Regional Bruto  tahun 2021 mencapai Rp24.494,81 milyar dan tahun 2010 mencapai Rp17.154,55 milyar. Ekonomi Kota Cirebon Tahun 2021 mengalami pertumbuhan 3,04 persen terhadap tahun  sebelumnya.

Baca juga : UMR Jakarta

Dari  sisi  produksi,  Lapangan  Usaha  Real  Estate  mengalami pertumbuhan  tertinggi  sebesar  12,93  persen. Sementara  dari  sisi  pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 3,77 persen.

Ekonomi Kota Cirebon Tahun 2021 dari sisi produksi masih didominasi oleh Lapangan Usaha Perdagangan Besar dan Eceran. Reparasi Mobil dan Sepeda Motor dengan kontribusi 29,67 persen. sedangkan dari sisi pengeluaran Komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) menjadi kontibutor tertinggi dengan kontribusi 55,81 persen.

Mata Pencaharian Warga Cirebon

umr cirebon
Mata Pencarian Warga Cirebon

Kabupaten cirebon yang luas tanahnya tergolong lebar dan memiliki karakteristik masyarakat yang memilki nilai gotong royong yang kuat di daerah pedesaan. Menjadi dasar utama menumbuhkan ekonomi pedesaan khususnya kaum muda yang cenderung hidup berkelompok.

Banyak daerah daerah dikabupaten cirebon yang mandiri secara ekonomi seperti, sepenjang jalan jamblang keselatan disitu banyak usaha home industri meubel. Disetiap rumah memiliki usaha home industri meubel dari jamblang sampai jalan menuju bunut sindang jawa.

Kemudian di plumbon, tegal wangi, dan sekitarnya usaha mereka banyak pada rotan namun sangat disayangkan hal ini sedang merosot karena bahan baku rotan diekspor ke luar negeri. Plered usaha masyarat kebanyakan adalah kuliner dan sering dikenal daerah penghasil jaburan (makanan ringan).

Selanjutnya adalah daerah pangurangan dikenal dengan usaha rongsok, daerah pertambangan seperti paliman disitu usaha kapur, sement, pasir, tanah dsb sampai kepada daerah ciwaringin. Di kawasan perbatasan sumber dan majalengka mata usaha yakni pertambangan dan salah satu daerah pengrajin batu hias.

Baca juga : UMR Jepara

Daerah bermata pencaharian nelayan adalah cirebon utara sampai daerah gebang, hasil laut tidak begitu banyak karena sarana yang kurang memadai dan kebanyakan bertani dan keluar negeri. Daerah kanci merupakan daerah kawasan industri akhir akhir ini banyak dibangun pabrik, daerah cirebon timur hampir sama dengan cirebon utara yaitu bertani.

Daerah kanci termasuk daearah padat penduduk dan luas wilayah sampai perbatasan jawa tengah. Kawasan arjawinangun dan tegal gubug salah satu daerah memiliki usaha konfeksi busana. Seperti halnya didaerah trusmi yakni usuha batik. Kawasan beber disitu rencana dijadikan obyek wisata karena daerah pegunungan dan perbatasan dengan kuningan.

Gaji UMR Cirebon

Berikut adalah daftar gaji UMR Cirebon yang meliputi wilayah kota cirebon dan kabupaten cirebon yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir.

Gaji UMR Cirebon Regional Kota Cirebon

No. Tahun Gaji UMR Cirebon (Kota Cirebon)
1. 2018 Rp. 1.893.383
2. 2019 Rp. 2.045.422
3. 2020 Rp. 2.219.487
4. 2021 Rp. 2.271.201
5. 2022 Rp. 2.304.943

Gaji UMR Cirebon Regional Kabupaten Cirebon

No. Tahun Gaji UMR Cirebon (Kabupaten Cirebon)
1. 2018 Rp. 1.873.701
2. 2019 Rp. 2.024.160
3. 2020 Rp. 2.196.416
4. 2021 Rp. 2.269.556
5. 2022 Rp. 2.279.982

Penutup

Dari data di atas, terlihat bahwa Gaji UMR Cirebon selalu mengalami kenaikan tiap tahunnya. Kenaikan nya pun berkisar ratusan ribu, hanya saja pada saat tahun 2021. Gaji UMR Cirebon mengalami kenaikan yang kecil. Untuk kabupaten cirebon sendiri hanya mengalami kenaikan berkisar puluhan ribu, begitu juga untuk kota cirebon.

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Cirebon yang meliputi kota cirebon dan kabupaten cirebon yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2022. Yang bisa anda jadikan bahan referensi dan informasi mengenai besaran UMR Cirebon.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.