UMR Bogor

umr bogor

Bogor merupakan salah satu kota di indonesia yang dikenal dengan sebutan kota hujan. Hal ini karena curah hujannya yang tiap tahun selalu tinggi. Bogor juga memiliki kuliner yang tak kalah mentereng dari kota kota lainnya di Indonesia, yaitu Asinan Bogor.

Peningkatan produksi kuliner dan semakin berjalannya roda perekonomian kota Bogor, menjadi salah satu indikator pemerintah kota dalam merumuskan kebijakan gaji UMR Bogor. Perumusan gaji UMR Bogor diharapkan mampu menjadi jawaban atas merasa dihargainya para pelaku ekonomi, khususnya para pekerja.

Memang, tinggi rendahnya gaji UMR Bogor tidak bisa dijadikan acuan dalam menilai pertumbuhan ekonomi masyarakatnya. akan tetapi dengan adanya kebijakan penetapan UMR Bogor ini, akan menjadi kontribusi pemerintah dalam upaya mensejahterakan masyarakat Bogor.

Upah Mininum Regional atau yang dikenal dengan UMR adalah upah paling minim yang harus diberikan oleh perusahaan atau pemberi kerja kepada para pekerjanya di luar tanggungan tidak tetap. Jadi, para pemberi kerja atau perusahaan harus tetap memberikan gaji sesuai UMR Bogor plus dengan tunjangan tidak tetapnya.

Gaji UMR Bogor tiap tahunnya selalu mengalami kenaikan. Meskipun kenaikan yang terjadi tidak cukup signifikan, namum hal ini sudah melalui perumusan, kajian dan diskusi yang paling matang dari para elemen pemerintahan.

Adanya upaya penaikan gaji UMR Bogor ini, sedikit banyak bisa membantu masyarakat bogor dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Artikel ini akan memaparkan mengenai gaji UMR Bogor yang sudah kami himpun dari beberapa sumber. Berikut adalah ulasannya.

UMR (Upah Minimal Regional)

umr bogor
Alun-alun kota Bogor

UMR merupakan upah minimum yang dibayarkan oleh perusahaan, baik perusahaan skala besar ataupun kecil di dalam hal menggaji para karyawan atau pekerjanya. Tiap wilayah di Indonesia mulai dari tingkat provinsi, kota sampai kabupaten mempunyai standar masing-masing terkait dengan Gaji UMR dan Gaji UMK.

Baca juga : UMR Palembang

UMR ialah upah minimum yang dibayarkan oleh perusahaan, baik perusahaan skala besar maupun kecil dalam hal memberi upah para karyawan atau pekerjanya. Setiap daerah di Indonesia mulai dari tingkat provinsi, kota hingga kabupaten ada standar masing-masing terkait dengan Gaji UMR dan Gaji UMK.

Upah Minimum Regional atau UMR ini dibayarkan untuk mengapresiasi kinerja karyawan saat bekerja, sesuai dengan skill serta ketentuan job desknya. Selain itu, juga bisa dipakai untuk tolak ukur bagi para karyawan lainnya guna memperoleh upah yang layak sesuai standar kelayakan.

Gaji UMR diberikan kepada buruh dengan beberapa spesifikasi. Contohnya milai dari jenjang pendidikan, umur, pengalaman kerja di dalam maupun luar perusahaan. Kepiawaian waktu mengerjakan semua job desk yang dibebankan oleh atasan dan sumbangsih atau ikut andil untuk mengembangkan bisnis pelaku bisnis atau perusahaan.

Penyebap UMR Beda-Beda Tiap Daerah

Dalam Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Nomor 7 Tahun 20 juga menjelaskan alasan besaran UMR berbeda-beda setiap daerah. Dalam menentukan arti UMR, DPD menghimpun data atau informasi mengenai keberagaman perusahaan, jumlah perusahaan dan tenaga kerja, devisa dan nilai tambah yang dihasilkan.

Kemampuan perusahaan, asosiasi perusahaan, serta serikat pekerja masing-masing daerah. Hal ini bertujuan agar dapat menjamin standar kehidupan yang layak bagi pekerja dan keluarganya, meningkatkan produktivitas.

Selain itu, besaran UMR juga tidak memberatkan perusahaan karena bagaimana pun perusahaan berusaha melakukan efisiensi biaya agar dapat memaksimumkan laba. Dalam penetapan UMR adalah masih terjadi perbedaan yang didasarkan pada tingkat kemampuan, sifat, dan jenis pekerjaan di tiap-tiap perusahaan yang kondisinya berbeda-beda, yang masing-masing daerah tidak sama.

Oleh karena itu, besaran arti UMR adalah ditetapkan berdasarkan wilayah provinsi, kabupaten atau kota. Sementara itu, BPS menilai perhitungan UMR adalah yang paling ideal dari inflasi ditambah dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan basis perhitungan tersebut, BPS meyakini tingkat kesejahteraan buruh sudah tercapai.

Profil Bogor

umr bogor
Icon kota Bogor

Nama Bogor menurut berbagai pendapat bahwa kata Bogor berasal dari kata “Buitenzorg” nama resmi dari Penjajah Belanda. Pendapat lain berasal dari kata “Bahai” yang berarti Sapi, yang kebetulan ada patung sapi di Kebun Raya Bogor. Sedangkan pendapat ketiga menyebutkan Bogor berasal dari kata “Bokor” yang berarti tunggul pohon enau.

Baca juga : UMR Malang

Dalam versi lain menyebutkan nama Bogor telah tampil dalam sebuah dokumen tanggal 7 April 1952, tertulis “Hoofd Van de Negorij Bogor” yang berarti kurang lebih Kepala Kampung Bogor. Menurut informasi kemudian bahwa Kampung Bogor itu terletak di dalam lokasi Kebun Raya Bogor yang mulai dibangun pada tahun 1817.

Asal mula adanya masyarakat Kabupaten Bogor, cikal bakalnya adalah dari penggabungan sembilan Kelompok Pemukiman oleh Gubernur Jendral Baron Van Inhof pada tahun 1745. Sembilan kelompok pemukiman ini sehingga menjadi kesatuan masyarakat yang berkembang menjadi besar di waktu kemudian.

Kesatuan masyarakat itulah yang menjadi inti masyarakat Kabupaten Bogor. Pusat Pemerintahan Bogor semula masih berada di wilayah Kota Bogor yaitu tepatnya di Panaragan, kemudian berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 1982.

Ibu Kota Kabupaten Bogor dipindahkan dan ditetapkan di Cibinong. Sejak tahun 1990 pusat kegiatan pemerintahan menempati Kantor Pemerintahan di Cibinong. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Kabupaten Bogor tahun 2021, jumlah penduduk kabupaten Bogor sebanyak 5.427.068 jiwa, dengan kepadatan 1.817 jiwa/km2.

Penduduk Kabupaten Bogor menjadi wilayah administrasi setingkat kabupaten dengan penduduk terbanyak di Jawa Barat dan bahkan di Indonesia. Penduduk asli Kabupaten Bogor dan Jawa Barat umumnya adalah orang Sunda. Suku lain yang cukup dominan adalah Jawa, dan sebagian lagi orang Betawi serta suku pendatang lainnya seperti Cirebon, Batak, Tionghoa, Minangkabau, Banten, dan lainnya.

Kondisi Ekonomi Bogor

Peran serta masyarakat terutama dunia telah mampu mendorong berkembangnya pembangunan ekonomi Kabupaten Bogor. Dengan keberhasilan Pembangunan di bidang ekonomi sangat memberikan dukungan dan dorongan terhadap pembangunan di berbagai sektor lainnya.

Hal ini juga menjadi peluang bagi perluasan kesempatan kerja yang turut medukung peningkatan laju pertumbuhan ekonomi dan pembangunan daerah. Hal ini dapat dilihat dari berkurangnya jumlah penduduk miskin dan meningkatnya pendapatan perkapita masyarakat dari tahun ke tahun.

Ekonomi Kabupaten Bogor tahun 2020 terhadap tahun 2019 terkontraksi sebesar 1,77 persen. Terkontraksinya pertumbuhan ekonomi di kabupaten Bogor pada tahun 2020 dibanding tahun 2019.

Akibat penurunan produksi hampir disemua lapangan usaha sebagai dampak dari pandemi Covid-19. Dari sisi produksi, kontraksi ekonomi tertinggi terjadi pada lapangan usaha Jasa Perusahaan turun sebesar 10,90 persen. Dari sisi pengeluaran, kontraksi ekonomi tertinggi terjadi pada komponen perubahan inventori, yaitu sebesar 60,74 persen.

Gaji UMR Bogor

umr bogor
Kebun Raya Bogor

Berikut adalah daftar gaji UMR Bogor untuk wilayah Kota Bogor dan Kabupaten Bogor yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir dalam kurun waktu 2018 hingga 2022.

Baca juga : UMR Jambi

Gaji UMR Bogor Regional Kota Bogor

No. Tahun Gaji UMR Bogor Regional Kota Bogor
1. 2018 Rp3.557.146
2. 2019 Rp3.842.745
3. 2020 Rp4.169.806
4. 2021 Rp 4.169.806
5. 2022 Rp. 4.330.249,57

Gaji UMR Bogor Regional Kabupaten Bogor

No. Tahun Gaji UMR Bogor Regional Kabupaten Bogor
1. 2018 Rp3.483.667
2. 2019 Rp3.763.405
3. 2020 Rp4.083.670
4. 2021 Rp 4.217.206
5. 2022 Rp. 4.217.206

Penutup

Demikian pembahasan mengenai gaji UMR Bogor. Dari data di atas, untuk 2 wilayah regional bogor, mengalami kenaikan yang cukup besar. Kenaikannya bisa mencapai ratusan ribu. Hanya untuk kota bogor saja yang mengalami stagnansi pada tahuun 2020 ke 2021.

Artikel ini bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk memutuskan dimana Anda akan berkarir. Dan apakah bogor akan menjadi salah satu destinasi Anda dalam berkarir? Semua kembali kepada kenyamanan Anda dalam memutuskan diri untuk berkarir di mana.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Malang

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.