UMR Bengkulu

umr bengkulu

Besaran gaji minimal yang diterima oleh karyawan tiap bulannya di sebut dengan UMR. Upah minimum regional adalah upah yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk menggaji para karyawan setiap bulannya. Gaji UMR Bengkulu ditentukan oleh regulasi pemerintah Bengkulu.

Penetapan UMR Bengkulu, diharapkan mampu menjadi solusi pemerintah dalam menstabilkan perekonomian warga banjarmasin. Dengan hal ini, untuk semua karyawan, nantinya akan mendapatkan gaji yang seminim- minimnya harus memenuhi UMR Bengkulu yang telah ditentukan.

Gaji UMR untuk masing- masing daerah, besarnya akan ditentukan oleh regulasi masing- masing daerah yang sudah dirancang oleh pemerintah setempat beserta jajarannya. Sehingga antara daerah yang satu dengan daerah lainnya tentu besarnya akan berbeda.

Sebagai contoh besaran gaji UMR Bengkulu akan berbeda dengan besar nya UMR Tegal. Begitupun dengan daerah lainnya. Perbedaan besaran UMR ini biasanya dirumuskan berdasarkan kondisi ekonomi daerah tersebut.  Pemerintah kota Bengkulu ketika merumuskan besaran gaji UMR Bengkulu, tentunya terlebih dahulu sudah melakukan studi kasus terhadap masyarakat Bengkulu.

Perumusan Gaji UMR Bengkulu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Artikel ini akan mengulas mengenai besaran gaji UMR Bengkulu, profil daerah Bengkulu dan beberapa perusahaan yang ada di daerah Bengkulu. Yang perlu digarisbawahi pada artikel ini adalah besaran gaji UMR Bengkulu ini bisa saja berubah menurut kebijakan perusahaan masing- masing. Namun, secara umum perusahaan dan pemberi kerja wajib untuk memenuhi besaran UMR ini.

Profil Bengkulu

umr bengkulu
profil bengkulu

Kota Bengkulu adalah ibu kota  provinsi  Bengkulu ,  Indonesia . Kota ini merupakan kota terbesar kedua di pesisir barat  Pulau Sumatera , setelah  Kota Padang . Sebelumnya, kawasan ini berada di bawah pengaruh  pemerintah Inderapura  dan  kesultanan Banten . Kemudian diduduki oleh Inggris  sebelum diserahkan kepada Belanda .

Baca juga : UMR Cirebon

Kota ini juga pernah menjadi tempat pengasingan  Bung Karno  pada periode  1939-1942  pada  masa  pemerintahan Hindia Belanda.

Letak astronomis

Secara astronomis Kota Bengkulu terletak antara 03 derajat 45′ – 03 derajat 59′ Lintang Selatan dan 102 derajat 14′ – 102 derajat 22′ Bujur Timur . Memiliki batas wilayah seperti sebelah utara dan timur berbatasan dengan Kabupaten Bengkulu Tengah, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Seluma, dan sebelah barat berbatasan dengan Samudera Hindia.

Kota Bengkulu memiliki relief permukaan tanah yang bergelombang, terdiri dari dataran pantai dan daerah perbukitan serta di beberapa tempat terdapat daerah aliran sungai kecil. Di Kota Bengkulu tahun 2015 curah hujan tertinggi terjadi pada bulan Desember yaitu 559 mm dengan 20 hari hujan sedangkan curah hujan terendah terjadi pada bulan Oktober yaitu 7 mm dengan hanya 1 hari hujan.

Data Administratif

Secara administratif, wilayah Bengkulu dibagi menjadi 9 daerah kabupaten dan 1 daerah kota yang terbagi atas 110 kecamatan dan 1.355 kelurahan/ desa. Wilayah administratif yang berbentuk daerah kabupaten yaitu Bengkulu Selatan, Mukomuko, Lebong, Kepahiang, Rejang Lebong, Bengkulu Utara, Seluma, Kaur, dan Bengkulu Tengah.

Baca juga : UMR Bekasi

Sementara itu, daerah administratif yang berbentuk kota ada 1, yaitu kota Bengkulu. Kebudayaan yang tumbuh dan berkembang di Provinsi Bengkulu tidak dapat dipisahkan dari sejarah berdirinya provinsi ini.

Kerajaan yang berdiri di Bengkulu  antar lain Kerajaan Selebar, Kerajaan Sungai Lemau, Kerajaan Sungai Serut, Kerajaan Manjuto , Kerajaan Pinang Berlampis, Kerajaan Serdang , Kerajaan Rejang Empat Petulai, Bintuhan . Tiap-tiap kerajaan ini meninggalkan beberapa seni budaya khas.

Selain itu, beberapa suku bangsa asli yang bermukim di Bengkulu masih memelihara kebudayaan mereka sampai saat ini. Tradisi dan budaya suku bangsa di daerah Bengkulu ini tergabung dalam berbagai kelompok budaya, antara lain Kebudayaan Rejang, Pasemah, Kaur, Serawai, Semendo, Melayu, pesisir, dan pendatang.

Bahasa Daerah Bengkulu

Tiap suku bangsa di Indonesia memiliki bahasa sendiri yang disebut Bahasa Daerah. Bergitu juga dengan suku bangsa yang berada di daerah Bengkulu. Berbagai bahasa daerah masyarakat di provinsi Bengkulu diantaranya sebagai berikut.

  • Masyarakat suku bangsa Rejang menggunakan bahasa rejang dalam kehidupan sehari-hari. Ada yang menyebut bahasa rejang dengan nama Rejang-Lebong, Jang, Djang Bele Tebo. Bahasa ini mempunyai aksen sendiri yang disebut kangongo. Ada beberapa dialek berbeda dalam pemakaiannya, yaitu kepahiang, lebong, pesisir, selupuh, musi, danrawas.
  • Suku bangsa Pasemah yang bermukim di Bengkulu menggunakan bahasa Pasemah. Bahasa Pasemah masih rumpun bahasa Melayu.
  • Suku bangsa Mukomuko yang bermukim di kabupaten Mukomuko menggunakan bahasa Minangkabau yang telah bercampur dengan bahasa Rejang.
  • Bahasa Melayu dengan dialek Bengkulu digunakan oleh orang-orang suku bangsa Melayu yang bermukim di Bengkulu, pesisir pantai Bengkulu Utara, dan Bengkulu Selatan.
  • Suku bangsa Kaur yang bermukim di kabupaten Kaur menggunakan bahasa Mulakdalam pergaulan sehari-hari.
  • Orang orang suku Serawai yang terdapat di kabupaten Bengkulu Selatan dan Seluma menggunakan bahasa Serawai. Bahasa Serawai mempunyai beberapa dialek, yaitu dialek Serawai dan Manna.
  • Suku Bangsa Lembak yang bermukim di kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu Utara, dan Bengkulu Selatan menggunakan bahasa Mulang.

Selain bahasa daerah tersebut di atas masih banyak bahasa daerah dengan dialek berbeda yang dipakai oleh suku-suku di Bengkulu, seperti bahasa Krui dan bahasa Pekal. Meskipun banyak terdapat bahasa daerah yang terdapat di provinsi Bengkulu, untuk komunikasi antar suku, mereka menggunakan bahasa Indonesia.

Perekonomian Bengkulu

umr bengkulu
Objek wisata pantai Panjang

Perekonomian Provinsi Bengkulu Tahun 2021 berdasarkan besaran Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku mencapai Rp 79,58 triliun dan atas dasar harga konstan 2010 mencapai Rp 47,84 triliun. Ekonomi Provinsi Bengkulu Tahun 2021 mengalami pertumbuhan sebesar 3,24 persen (c-to-c).

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial sebesar 10,58 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi terjadi pada Komponen Ekspor Barang dan Jasa sebesar 6,52 persen. Ekonomi Provinsi Bengkulu Triwulan IV-2021 terhadap triwulan IV-2020 mengalami pertumbuhan sebesar 5,57 persen (y-on-y).

Baca juga : UMR Jakarta

Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Jasa Kesehatan dan Kegiatan Sosial mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 17,13 persen. Dari sisi pengeluaran, Komponen Ekspor Barang dan Jasa mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 7,23 persen. Ekonomi Provinsi Bengkulu triwulan IV-2021 terhadap triwulan sebelumnya mengalami pertumbuhan sebesar 2,06 persen (q-to-q).

Dari sisi produksi, Lapangan Usaha Transportasi dan Pergudangan mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 18,32 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, Komponen Pengeluaran Konsumsi Pemerintah (PK-P) mengalami pertumbuhan tertinggi sebesar 15,76 persen.

Lima Perusahaan Terbesar di Bengkulu

umr bengkulu
Perusahaan di Bengkulu

ASDP, PT (Persero)

Jl. Depati Payung Negara No. 86, Sukarami Bengkulu 38212

Bank Bengkulu, PT

Jl. Jend. Basuki Rachmat No. Bengkulu 38221

Bank Syariah Muamalat Indonesia Tbk., PT

Jl. Letjen. S. Parman No. 62-D, Padang Jati Bengkulu 38227

Batanghari Perdana, PT

Jl. Semeru No. 5 Bengkulu 38221

Bengkulu Jaya, PT

Jl. Letjen. R. Suprapto No. 88, Curup Rejang Lebong 21799 – Bengkulu

Gaji UMR Bengkulu

Berikut adalah daftar gaji UMR Bengkulu yang kami himpun selama lima tahun terakhir :

No. Tahun Gaji UMR Bengkulu/ Bulan
1. 2018 Rp 1.888.741,00
2. 2019 Rp 2.040.407,00
3. 2020 Rp 2.213.604,00
4. 2021 Rp 2.215.000,00
5. 2022 Rp 2.238.094,00

Penutup

Rata-rata kebutuhan pokok atau sembako semakin hari semakin meningkat. Peningkatan sembako tersebut sejalan atau berbanding lurus dengan kenaikan inflasi yang terjadi di daerah. Kenaikan harga barang dapat disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi, biaya produksi yang meningkat, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, pemerintah daerah dapat meningkatkan UMR. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan Gaji UMR Bengkulu yang terjadi tiap tahunnya. Demikian ulasan mengenai gaji UMR Bengkulu yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir dari tahun 2018 hingga tahun 2022.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.