UMR Bekasi

umr bekasi

Bekasi menjadi salah satu kota dengan tujuan perantauan terbanyak setelah karawang dan jakarta. Di bekasi banyak berdiri perusahaan yang siap menerima karyawan dari berbagai Indonesia. Nyatanya, menurut data statistik yang berhasil kami himpun, tiap tahunnya para perantau yang merantau di bekasi selalu mengalami kenaikan.

Hal ini tentunya akan berpengaruh pada roda perekonomian bekasi. Sehingga perlu adanya kajian yang cukup baik dalam perumusan gaji UMR Bekasi. Gaji UMR Bekasi adalah gaji yang dibayarkan oleh pemberi kerja atau perusahaan kepada para karyawannya.

Para karyawan berhak mendapat gaji sesuai dengan haknya. Gaji UMR Bekasi ini besarannya sudah ditentukan oleh pemerintah bekasi. Dalam merumuskan besaran gaji UMR Bekasi, pemerintah terkait sudah melakukan kajian secara tepat terhadap kondisi ekonomi masyarakat.

Kondisi perusahaan di sekitar bekasi dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.  Sehingga dapat disimpulkan, dalam merumuskan gaji UMR Bekasi ini tidak bisa sembarangan. Sebagai salah satu kota yang menjadi tujuan utama perantau, bekasi memberikan penghargaan bagi para karyawan yang bekerja di daerah bekasi dengan reward, kebijakan gaji UMR Bekasi.

Para perusahaan atau pemberi kerja harus memberikan  minimal gaji sebesar yang sudah ditentukan, tanpa boleh mengurangi. Perusahaan dan pemberi kerja hanya boleh menambahkan. Jika para pemberi kerja dan perusahaan tidak memberikan gaji sesuai dengan UMR Bekasi, maka perusahaan tersebut bisa dikenakan sanksi oleh disnaker terkait.

Profil Daerah Bekasi

umr bekasi
Kota Bekasi

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Nama Bekasi berasal dari kata bagasasi yang artinya sama dengan candrabaga. Nama tersebut tertulis di dalam Prasasti Tugu era Kerajaan Tarumanegara, yaitu nama sungai yang melewati kota ini.

Baca juga : UMR Sukabumi

Kota Bekasi merupakan salah satu kota yang terdapat di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini berada dalam lingkungan megapolitan Jabodetabek dan menjadi kota besar ke empat di Indonesia. Saat ini Kota Bekasi berkembang menjadi tempat tinggal kaum urban dan sentra industri.

Kondisi Geografis

Secara geografis Kota Bekasi berada pada ketinggian 19 m di atas permukaan laut. Kota ini terletak di sebelah timur Jakarta. Berbatasan dengan Jakarta Timur di barat, Kabupaten Bekasi di utara dan timur, Kabupaten Bogor di selatan, serta Kota Depok di sebelah barat daya.

Dari total luas wilayahnya, lebih dari 50% sudah menjadi kawasan perkotaan dengan 90% kawasan perumahan, 4% kawasan industri, 3% kawasan perdagangan, dan sisanya untuk bangunan lainnya. Jumlah desa di setiap kecamatan berkisar antara 6 sampai 13.

Kecamatan dengan jumlah desa yang paling sedikit yaitu kecamatan Cikarang Pusat, Bojongmangu dan Muaragembong. Sedangkan kecamatan yang memiliki jumlah desa terbanyak adalah Kecamatan Pebayuran. Kecamatan terluas adalah Muaragembong (14.009 Ha) atau 11,00 % dari luas kabupaten.

Sungai di Bekasi

Di Kabupaten Bekasi terdapat 16 aliran sungai besar yaitu: Sungai Citarum, Sungai Bekasi, Sungai Cikarang, Sungai Ciherang, Sungai Belencong, Sungai jambe, Sungai Sadang, Sungai Cikedokan. Selanjutnya ada Sungai Ulu, Sungai Cilemahabang, Sungai Cibeet, Sungai Cipamingkis, Sungai Siluman, Sungai Serengseng, Sungai Sepak dan Sungai Jaeran.

Lebar sungai tersebut berkisar antara 3 sampai 80 meter. Di Kabupaten Bekasi terdapat 13 situ yang tersebar di beberapa kecamatan  yaitu : Tegal Abidin, Bojongmangu, Bungur, Ceper, Cipagadungan, Cipalahar, Ciantra, Taman, Burangkeng, Liang Maung, Cibeureum, Cilengsir dan Binong. Luas situ tersebut berkisar antara 3 – 40 Ha.

Data Statistik Penduduk Bekasi

Jumlah Penduduk Kota Bekasi saat ini lebih dari 2,2 juta jiwa yang tersebar di 12 kecamatan yaitu Kecamatan Pondok Gede, Jati Sampurna, Jati Asih, Bantar Gebang. Kemudian ada Kecamatan Bekasi Timur, Rawa Lumbu, Bekasi Selatan, Bekasi Barat, Medan Satria, Bekasi Utara, Mustika Jaya, Pondok Melati.

Perekonomian Bekasi

umr bekasi
Hotel yang ada di Bekasi

Perekonomian Bekasi sangat ditunjang oleh kegiatan perdagangan, perhotelan, dan juga restoran. Awalnya pusat pertokoan di kota ini hanya terletak di daerah alun-alun kota membujur 3 km hingga Terminal Bekasi di sepanjang Jl. Ir H. Juanda.

Baca juga : UMR Solo

Pertumbuhan ekonomi serta pertambahan jumlah penduduk yang semakin tinggi, akhirnya membuat Kota Bekasi memiliki banyak pusat perbelanjaan modern. Beberapa pusat pebelanjaan modern yang ada di bekasi seperti Grand Mall Bekasi, Summarecon Mal Bekasi, Grand Galaxy Park dan juga Grand Metropolitan Mall.

Selain itu, adanya kawasan industri yang berada di kawasan Rawa Lumbu dan Medan Satria juga menjadi penggerak yang membuat pertumbuhan ekonomi kota Bekasi berkembang pesat. Industri pengolahan bisa dibilang menjadi sektor utama di Bekasi. Perekonomian Kabupaten Bekasi merupakan yang terbesar di Jawa Barat.

Ini terlihat dari produk domestik regional bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku (ADHB) di Kabupaten Bekasi yang sebesar Rp 317,94 triliun pada 2020. Kota Bandung berada di posisi kedua dengan PDRB sebesar Rp 283,62 triliun pada tahun lalu. Setelahnya ada Kabupaten Bogor dengan PDRB sebesar Rp 236,15 triliun.

Daftar Beberapa Perusahaan di Bekasi

umr bekasi
Perusahaan di Bekasi
Nama Perusahaan Alamat
Abadi Busana Garment. PT Jl. Raya Narogong Km. 12,5 Bantar Gebang
Abadi Eltiga. PT Jl. Raya Narogong, Bantar Gebang
Adira Quantum Multi Finance. PT Kop. Ruko Mitra Bekasi Blok. B No. 22
Agri Langgeng Engineering. PT Jl. Raya Narogong Km.9 Bantar Gebang
Agung Saritama. PT Jl. Raya Narogong Pangkalan I, Bantar Gebang
Akurabenitama II. PT Jl. Kali Abang Tengah, Bekasi Utara
Alfa Glori Indah. PT Jl. Raya Narogong, Bantar Gebang
Amazon Popyruschmical. PT Ruko Mega Kalimalang No. 9, Jl. KH. Noer Ali No.8
Amilum Com Grits Mill. PT Jl. Wahab Affan No.10 Harapan Baru, Bekasi Barat
Aneka Grafindo Indah Presisi. PT Jl. Raya Narogong Km.7,2 Bantar Gebang
Aneka Triprakarsa Pratama. PT Jl. P K II RT.02/03, Cikiwul, Bantar Gebang
Arnott’s Indonesia. PT Jl. Wahab Affan, Harapan Baru
Artha Teknindo Sukmatama. PT Jl. Raya Narogong Km.9 No.3 Bantar Gebang
Arya Duta. PT Jl. Raya Bintara, Bekasi
B M I M. PT Jl. Raya Pejuang, Kaliabang, Bekasi Utara
Bakrie Pipe Industry. PT Jl. Raya Pejuang, Kaliabang, Bekasi Utara

Penetapan Gaji UMR Bekasi

Gaji UMR Bekasi di tahun 2022 mengalami kenaikan dibandingkan nilainya pada tahun 2021, Kenaikannya adalah Rp 33.986  dari Rp 4.782.935 menjadi Rp 4.816.921. Keputusan Gubernur Jabar Nomor: 561/Kep.732-Kesra/2021 yang ditandatangani oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat pada 30 November 2021 penetapan UMK Jawa Barat 2022.

Baca juga : UMR Purwakarta

Faktor Penetapan Gaji UMR Bekasi

Penetapan Gaji UMR Bekasi dilakukan berdasarkan pertimbangan pada banyak faktor, diantaranya:

  • Upah Umum yang berlaku di Bekasi
  • Skill rata-rata pekerja di Bekasi
  • Pertumbuhan ekonomi
  • Pendapatan Per Kapita
  • IHK (indeks harga konsumen)
  • Kondisi pasar
  • Inflasi
  • KHL (Kebutuhan Hidup Layak)

Gaji UMR Bekasi

Berikut adalah daftar gaji UMR Bekasi yang berhasil kami himpun selama 5 tahun terakhir :

No. Tahun Besaran Gaji UMR Bekasi
1. 2018 Rp 3.837.939
2. 2019 Rp 4.229.756
3. 2020 Rp 4.498.961
4. 2021 Rp 4.782.935
5. 2022 Rp 4.816.921

Penutup

Demikian ulasan mengenai gaji UMR Bekasi. Secara garis besar, gaji UMR Bekasi mengalami kenaikan yang cukup besar, yaitu berkisar ratusan ribu. Gaji UMR Bekasi di tahun 2022 mengalami kenaikan dibandingkan nilainya pada tahun 2021, Kenaikannya adalah Rp 33.986  dari Rp 4.782.935 menjadi Rp 4.816.921.

Keputusan Gubernur Jabar Nomor: 561/Kep.732-Kesra/2021 yang ditandatangani oleh Ridwan Kamil selaku Gubernur Jawa Barat pada 30 November 2021 penetapan UMK Jawa Barat 2022. Demikian ulasan mengenai gaji UMR Bekasi, Melalui media ini, berharap mampu menjadi salah satu wadah informatif yang bermanfaat.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.