UMR Batam

umr batam

Batam adalah salah satu kota yang cukup diminati oleh banyak perantau. Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis. Selain berada di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia.

Sebagai kota terencana, Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Gaji UMR Batam kini menjadi perhatian yang cukup banyak. Upah minimal regional atau yang disingkat UMR adalah topik yang sering diperbincangkan dalam dunia kerja. besaran UMR ini nantinya akan disesuaikan dengan daerah masing- masing.

Seperti hal nya untuk gaji UMR Batam. Kebijakan gaji UMR Batam menjadi salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Batam untuk ikut serta berkontribusi dalam meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Batam. Pemerintah berharap dengan diterapkannya gaji umr Batam ini, masyarakat Batam akan sedikit terbantu dalam pemenuhan kebutuhan hariannya.

Kebijakan mengenai besaran gaji UMR Batam sudah menjadi keputusan yang terbaik. Mengingat, saat ini kondisi perekonomian Indonesia belum sepenuhnya bangkit. Banyak dari beberapa daerah di Indonesia yang masih harus mencoba merangkak untuk bisa mencapai pertumbuhan ekonomi yang baik.

Artikel ini akan menyajikan mengenai daftar gaji UMR Batam yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam memutuskan untuk berkarir. Selain itu, bisa menjadi salah satu acuan anda untuk memilih pekerjaan yang layak dan memiliki gaji yang cukup. Berikut adalah ulasannya.

Profil Batam

umr batam
profil batam

Kota Batam adalah kota terbesar di Provinsi Kepulauan Riau, Indonesia. Wilayah Kota Batam terdiri dari Pulau Batam, Pulau Rempang dan Pulau Galang dan pulau kecil lainnya di kawasan Selat Singapura dan Selat Malaka. Batam, Rempang, dan Galang terkoneksi oleh Jembatan Barelang.

Menurut Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam, pada tahun 2021 jumlah penduduk Batam mencapai 1.193.088 jiwa, dengan kepadatan 1.153 jiwa/km². Kota Batam merupakan bagian dari kawasan khusus perdagangan bebas Batam–Bintan–Karimun (BBK). Batam merupakan salah satu kota dengan letak yang sangat strategis.

Baca juga : UMR Tangerang

Selain di jalur pelayaran internasional, kota ini memiliki jarak yang sangat dekat dan berbatasan langsung dengan Singapura dan Malaysia. Kota terencana, Batam merupakan kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia.

Ketika dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam (saat ini bernama BP Batam), kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 penduduk dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Kondisi Administratif

Kota Batam telah ditetapkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional dan PKSN. Kota Batam juga termasuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional Kawasan Batam. Bintan dan Karimun yang berfungsi sebagai Kawasan Pelabuhan Bebas dan Perdagangan Bebas. KSN Batam, Bintan, dan Karimun adalah satu kesatuan kawasan yang terdiri atas sebagian wilayah Kota Batam

Sebagian wilayah Kabupaten Bintan, sebagian wilayah Kota Tanjungpinang, sebagian wilayah Kabupaten Karimun, dan sebagian wilayah perairan di Selat Jodoh, Selat Malaka, dan Selat Singapura. Pengembangan KSN BBK dilakukan untuk meningkatkan daya tarik investasi dan mendukung peran BBK dalam peluang kerjasama regional IMS-GT (Indonesia, Malaysia, Singapura – Growth Triangle).

Letak Astronomis

Secara astronomis, Kota Batam terletak antara 0 derajat 25′ 29″ LU – 1 derajat 15’00” LU dan 103 derajat 34′ 35″ BT – 104 derajat 26’04” BT. Kota Batam merupakan salah satu kota yang letaknya sangat strategis karena berada di jalur pelayaran internasional dan berbatasan langsung dengan Singapura di sebelah utara.

Batam merupakan salah satu kota dengan pertumbuhan terpesat di Indonesia. Ketika dibangun pada tahun 1970-an oleh Otorita Batam. Kota ini hanya dihuni sekitar 6.000 jiwa dan dalam tempo 40 tahun penduduk Batam bertumbuh hingga 158 kali lipat.

Perekonomian Batam

umr batam
Perekonomian Batam

Pertumbuhan ekonomi Kota Batam yang lebih tinggi dibandingkan dengan laju pertumbuhan ekonomi nasional menjadikan wilayah ini andalan bagi pemacu pertumbuhan ekonomi. Beragam sektor penggerak ekonomi meliputi sektor komunikasi, sektor listrik, air dan gas, sektor perbankan, sektor industri dan alih kapal.

Sektor perdagangan dan jasa merupakan nadi perekonomian kota batam yang tidak hanya merupakan konsumsi masyarakat Batam dan Indonesia tetapi juga merupakan komoditas ekspor untuk negara lain. Keberadaan kegiatan perekonomian di Kota ini juga dalam rangka meningkatkan lapangan pekerjaan dan kesejahteraan masyarakat.

Pemerintah Kota Batam sebagai pelaksana pembangunan Kota Batam bersama-sama Dewan Perwakilan Rakyat daerah Kota Batam serta keikutsertaan Badan Otorita Batam dalam meneruskan pembangunan. Memiliki komitmen dalam memajukan pertumbuhan investasi dan ekonomi Kota Batam, hal ini dibuktikan dengan adanya nota kesepahaman ketiga instansi tersebut.

Yang kemudian diharapkan terciptanya pembangunan Kota Batam yang berkesinambungan. Batam, bersama dengan Bintan dan Karimun kini telah berstatus sebagai Kawasan Ekonomi Khusus(KEK). Dengan ini diharapkan dapat meningkatkan investasi di Batam yang pada akhirnya ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Kawasan Perdagangan Bebas Indonesia (Indonesia Free Trade Zone) merupakan kebijakan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia dan dilaksanakan oleh BP Batam (Badan Pengusahaan Batam).Kabupaten Bintan, dan Kabupaten Karimun memiliki izin bebas pajak barang ekspor-impor yang berlaku mulai 1 April 2009 oleh Menteri Keuangan dan Menteri Perdagangan.

Baca juga : UMR Cirebon

Hal ini membuat barang elektronik di Kota Batam atau kendaraan dibebaskan dari PPN, dan menyebabkan barang elektronik yang akan keluar dari Batam dikenakan Pajak Tambahan, Industri di Batam terbagi menjadi industri berat dan industri ringan. Industri berat didominasi oleh industri galangan kapal, industri fabrikasi, industri baja, industri logam dan lainnya.

Sedangkan industri ringan meliputi industri manufacturing, industri elektronika, industri garment, industri plastik dan lainnya. Selain itu, Batam juga dikenal memiliki produksi galangan kapal terbesar di Indonesia. Pada tahun 2021 merupakan sumbangsih dari berbagai sektor yang ada di Batam.

Berdasarkan kontribusi Pendapatan Domestik Regional Bruto, sektor industri pengolahan menyumbang kontribusi sebesar 58,41%. Diikuti dengan pertumbuhan sebesar 5,31%  per tahun, yang menyumbang pertumbuhan keseluruhan sebesar 3,07%. Selanjutnya, diikuti sektor konstruksi yang berkontribusi sebesar 20,44%.

Pertumbuhannya mencapai 6,70% per tahun dan menyumbang andil pertumbuhan 1,29%. Sektor lainnya adalah sektor perdagangan besar dan eceran serta reparasi mobil dan sepeda motor. Dari sektor tersebut berkontribusi sebesar 5,87%. Pada tahun 2021, pertumbuhannya mencapai 2,41% dengan andil pertumbuhan 0,14%.

Dari kontribusi berbagai sektor tersebut menunjukkan bahwa keunggulan ekonomi di Batam mengalami perkembangan menuju arah yang lebih baik.

Lima Perusahaan di Batam

umr batam
Perusahaan Batam

A ONE PRECISION ENGINEERING, PT

Jl. Asoka Lot Sd 62-63 Biie, Bintan, Kepulauan Riau Komponen Otomotif Dan Elektronik

ABLY METAL INDONESIA, PT

Jl. Mas Surya Negara Kav-1b No.12 Kawasan Industri Kabil, BATAM, Kepulauan Riau Scrap Metal

ABS

Jl. Karya Km. 9 Kampung Lembah Rantau, Tanjung Pinang, Kepulauan Riau Batu Bata

ACE INDUSTRIES INDONESIA, PT

Blok D Ii/07 Komp. Repindo Industrial Park, Batam, Kepulauan Riau Kemasan Dari Kertas Dan Karton

ACEPLAS INDONESIA, PT

Excecutive Blok C2 No.15, Batam, Kepulauan Riau Pakaian Jadi

Gaji UMR Batam

Berikut adalah daftar gaji UMR Batam yang kami himpun selama 5 tahun terakhir :

No Tahun Gaji UMR Batam (Kabupaten Batam)
1. 2018 Rp3.523.427
2. 2019 Rp3.806.358
3. 2020 Rp4.130.279
4. 2021 Rp4.150.930
5. 2022 Rp 4,186,359

Penutup

Besaran gaji UMR Batam rupanya selalu mengalami kenaikan pada beberapa tahun terakhir. Meskipun tahun lalu perekonomian sedang kurang baik karena pandemi Covid-19, tapi gaji UMR Batam tetap mengalami kenaikan. Pemerintah berharap dengan diterapkannya gaji umr Batam ini, masyarakat Batam akan sedikit terbantu dalam pemenuhan kebutuhan hariannya.

Demikian ulasan mengenai gaji UMR batam. Besaran gaji UMR Batam ini tentunya diputuskan dengan sudah melalui berbagai pertimbangan dan kajian terbaik dari pemerintah. Artikel ini bisa anda jadikan bahan pertimbangan untuk mencoba memulai karir di daerah batam.

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

UMR Depok

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.