UMR Banjarmasin

umr banjarmasin

Besaran gaji minimal yang diterima oleh karyawan tiap bulannya di sebut dengan UMR. Upah minimum regional adalah upah yang sudah ditentukan oleh pemerintah untuk menggaji para karyawan setiap bulannya. Gaji UMR Banjarmasin ditentukan oleh regulasi pemerintah banjarmasin.

Regulasi yang diterbitkan oleh pemerintah banjarmasin mengenai UMR ini adalah Peraturan Pemerintahan no. 36 tahun 2021. Mengenai upah minimum regional atau UMR Banjarmasin. Perumusan regulasi ini sudah melalui tahapan observasi yang dilakukan oleh pemerintah setempat.

Penetapan UMR Banjarmasin, diharapkan mampu menjadi solusi pemerintah dalam menstabilkan perekonomian warga banjarmasin. Dengan hal ini, untuk semua karyawan, nantinya akan mendapatkan gaji yang seminim- minimnya harus memenuhi UMR Banjarmasin yang telah ditentukan.

UMR Banjarmasin tiap tahunnya mengalami kenaikan meskipun kenaikannya tidak banyak. Hal ini karena, banjarmasin memiliki sektor sektor yang cukup potensial untuk dikelola secara ekonomis. Seperti sektor pariwisata, perkebunan, lahan dan lain sebagainya.

Artikel ini akan menyajikan mengenai daftar UMR Banjarmasin yang bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi dan pertimbangan dalam memutuskan untuk berkarir. Dengan begitu, gaji yang akan anda terima nantinya akan jau

Definisi Upah Minimal Regional

umr banjarmasin
suasana banjarmasin pada malam hari

Upah Minimum Regional adalah standar upah minimum yang diterima pegawai atau karyawan di sebuah badan usaha yang mencakup daerah tingkat kabupaten atau kota dan penetapannya dilakukan oleh gubernur. Meski pembahasannya diusulkan oleh walikota atau bupati dengan UMP sebagai acuan.

Baca juga : UMR Bali

Upah minimum terdiri dari upah pokok bulanan termasuk tunjangan tetap, seperti uang makan, transport, tunjangan kesehatan,  dan lain-lain. Saat ini, istilah UMR telah diganti dengan istilah UMP dan UMK.

Sanksi Pelanggaran Penetapan Upah Minimum Regional

Bagi karyawan atau pegawai yang tidak mendapat upah sesuai dengan ketentuan yang berlaku, maka mereka dapat mengajukan jalur hukum untuk menyelesaikan masalah ini. Berikut adalah langkah-langkah penyelesaian yang diatur dalam Undang-undang Nomor 1 tahun 2004:

  1. Karyawan dapat mengajukan perundingan bipartit antara perwakilan karyawan dan pemilik perusahaan guna mendapatkan hasil terbaik bagi kedua belah pihak.
  2. Setelah melewati tenggat waktu 30 hari, jika belum ditemukan kesepakatan antara kedua belah pihak maka dilakukan perundingan tripartit, yaitu perundingan yang dilakukan antara perwakilan karyawan, pemilik perusahaan dan dinas ketenagakerjaan.
  3. Jika setelah dilakukan perundingan tripartit belum ditemui kesepakatan, maka jalur pengadilan akan ditempuh. Salah satu pihak dapat mengajukan tuntutan kepada pengadilan hubungan industrial dan jalur hukum formal jika ditempuh melalui sidang di pengadilan.

Jam Kerja Upah Minimum Regional

Jam kerja pegawai yang mendapatkan upah minimum dihitung dengan ketentuan 40 jam per minggu. Hal ini diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 pasal 77 ayat (2) yang menjelaskan jam kerja sebagai berikut:

  1. a) 7 jam per hari dan 40 jam per minggu untuk selama 6 hari kerja dalam 1 minggu
  2. b) 8 jam kerja per hari dan 40 jam per minggu untuk selama 5 hari kerja dalam 1 minggu.

Profil Daerah Banjarmasin

umr banjarmasin
Taman siring banjarmasin

Dasar pendirian Kota Banjarmasin adalah Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 Tentang Perpanjangan Pembentukan Daerah Tingkat II Di Kalimantan.  Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan terhitung sejak tanggal 14 Agustus 2011 telah dipindahkan ke kawasan Gunung Upih di Kecamatan Cempaka (Banjarbaru).

Kota Banjarmasin dibentuk dengan Undang-Undang Nomor 27 Tahun 1959 tentang Penetapan Undang-Undang Darurat Nomor 3 Tahun 1953 Tentang Perpanjangan Pembentukan Daerah Tingkat II Di Kalimantan.

Visi dan Misi

Visi jangka menengah daerah yang diusung oleh Kepala Daerah terpilih  adalah Kayuh Baimbai Menuju Banjarmasin Baiman (Bertakwa, Aman, Indah, Maju, Amanah, dan Nyaman). Berdasarkan visi tersebut, ditetapkan misi pembangunan Kota Banjarmasin sebagaimana berikut:

  • Mewujudkan Kota Banjarmasin bertaqwa dalam setiap sendi kehidupan masyarakat, dengan mengedepankan pendidikan akhlak dan budi pekerti sehingga terwujud masyarakat Banjarmasin yang religius, berbudi luhur, berbudaya, sehat dan sejahtera;
  • Mewujudkan Kota Banjarmasin yang aman, sehat, dan kondusif bagi pribadi dan kehidupan masyarakat;
  • Mewujudkan Kota Banjarmasin indah dengan penataan kota berbasis tata ruang berbasis sungai guna terwujud kota yang asri dan harmoni;
  • Mewujudkan Kota Banjarmasin yang maju dengan penguatan perekonomian melalui sektor perdagangan, perindustrian, dan pelabuhan dengan memperhatikan pemerataan pendapatan, meningkatkan taraf pendidikan, pengembangan dan pelestarian budaya banjar serta pariwisata sungai untuk mencapai kesejahteraan masyarakat;
  • Melaksanakan pemerintahan amanah, ramah, bersih dan profesional berbasis teknologi informasi dan komunikasi serta memaksimalkan fungsi melayani sebagai suatu tanggung jawab terhadap masyarakat dan Tuhan YME;
  • Melaksanakan pembangunan infrastruktur yang handal dan berkelanjutan dengan memperhatikan kesesuaian Tata Ruang, serta pembangunan menyeluruh mulai dari daerah terluar, terpencil, dan terbelakang sebagai pembangunan dasar untuk menjadikan Kota Banjarmasin nyaman yang ditunjang dengan perbaikan pengelolaan wisata dan pengelolaan pasar tradisional secara professional.

Topografi Banjarmasin

Secara topografis Kota Banjarmasin sebagian besar merupakan daerah berpaya-paya dan relatif datar. Waktu air pasang  seluruh wilayah digenangi air, yang terletak diketinggian rata-rata 0,16 meter di bawah permukaan air laut.

Baca juga : UMR Tangerang Selatan

Kota Banjarmasin terletak dekat muara Sungai Barito dan dibelah dua oleh Sungai Martapura. Sehingga seolah-olah Kota Banjarmasin menjadi 2 bagian. Kemiringan tanah antara 0,13% dengan susunan geologi terutama bagian bawahnya didominasi oleh lempung dengan sisipan pasir halus dan endapan aluvium yang terdiri dari lempung hitam keabuan dan lunak.

Kemiringan tanah antara 0,13% dengan susunan geologi terutama bagian bawahnya didominasi oleh lempung sisipan pasir halus dan Tanah aluvial yang didominasi struktur lempung Struktur lempung adalah merupakan jenis tanah yang mendominasi wilayah Kota Banjarmasin.

Sedangkan batuan dasar yang terbentuk pada cekungan wilayah berasal dari batuan metaforf . Bagian tersebut permukaannya ditutupi oleh kerakal, kerikil, pasir dan lempung yang mengendap pada lingkungan sungai dan rawa.

Perekonomian Banjarmasin

umr banjarmasin
Kegiatan perekonomian yang ada di Banjarmasin

Potensi Kota Banjarmasin mengandalkan sektor perdagangan dan jasa, serta sektor pariwisata. Salah satu sentra perdagangan dan pariwisata adalah Kampung Sasirangan yaitu tempat pembuatan batik khas Banjarmasin. Selain kampung sasirangan, tempat pariwisata lainnya adalah pasar terapung siring.

Di pasar ini penjual menjajakan berbagai macam kebutuhan di atas perahu setiap harinya. Berdasarkan data dari Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Banjarmasin, populasi ternak besar terkonsentrasi di Kecamatan Banjarmasin Selatan yaitu sebesar 247 ekor sapi potong dan 27 ekor kerbau.

Baca juga : UMR Palembang

Sebesar 70,62 persen dari total populasi ternak besar di Kota Banjarmasin.   Jumlah pengusaha sarang burung walet di Kota Banjarmasin sebanyak 252 pengusaha dan paling banyak terdapat di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Sebanyak 129 perngusaha atau sebesar 51,2 persen dari total keseluruhan. Banyaknya jumlah pengusaha ini sejalan dengan jumlah titik lokasi sarang burung walet yang juga paling terdapat di Kecamatan Banjarmasin Tengah.

Gaji UMR Banjarmasin

Berikut adalah daftar gaji UMR Banjarmasin yang berhasil kami rekap selama 5 tahun terakhir :

No. Tahun Gaji UMR Banjarmasin/bulan (Rp.)
1. 2018 2.489.459
2. 2019 2.689.360
3. 2020 2.918.266
4. 2021 2.918.266
5. 2022 3.000.710

Penutup

Dari data di atas, terlihat bahwa gaji UMR Banjarmasin naik secara periodik tiap tahunnya, terkecuali pada tahun 2020 hingga 2021. Gaji umr banjarmasin mengalami stagnansi. Kemungkinan stagnansi ini disebabkan karena adanya efek pandemi yang merambah pada sektor perekonomian.

Demikian uraian mengenai daftar gaji UMR Banjarmasin. Kami berharap artikel ini mampu dijadikan sebagai bahan untuk mempertimbangkan dimana Anda akan berkarir, agar nantinya Anda dapat mengelola keuangan secara bijak.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.