UMR Bali

umr bali

Bali merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak digemari oleh turis domestik maupun mancanegara. Keindahan pulau dewata ini mempunyai kesan tersendiri bagi tiap turis yang mendatanginya. Roda perekonomian bali pun tidak membutuhkan waktu yang lama untuk bangkit setelah terpuruk di masa pandemi.

Tak ayal, banyak para perantau yang memang mencoba mengundi nasib di Bali. Bergeraknya roda ekonomi bali yang bagus, akan berdampak pada perumusan gaji UMR Bali. Gaji UMR Bali merupakan gaji yang wajib dan harus dibayarkan oleh perusahaan kepada para karyawan danpekerjanya tiap bulan.

Gaji UMR Bali terdiri dari gaji pokok dan tunjangan tetap. Pemerintah melalui regulasinya, berharap dengan adanya penentuan besaran UMR Bali ini mampu menjadi upaya kontribusi dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat. Meskipun penentuan ini justeru sebagian besar akan dikendalikan oleh masyarakat itu sendiri melaui life style nya.

Gaji UMR Bali tentu akan berbeda dengan gaji UMR daerah lainnya. Penentuan besar kecilnya gaji UMR untuk masing- masing daerah akan secara terpantau diobservasi oleh jajaran pemerintah kota setempat dan disnaker setempat.

Jika dalam pelaksanaanya terjadi hal yang tidak diinginkan dan bersifat merugikan khususnya bagi para pekerja dan karyawan, makapemerintah setempat dan disnaker akan memberikan sanksi pada para atau perusahaan. Artikel ini akan menyajikan mengenai besaran gaji UMR Bali.  Informasi mengenai besaran gaji UMR Bali ini akan menjadi bahan referensi untuk diri anda dalam menentukan diman anda akan berkarir. Berikut adalah ulasannya.

Profil Daerah Bali

umr bali
ilustrasi keindahan bali

Bali dikenal dengan sebutan Pulau Dewata. Terletak di antara Pulau Jawa dan Pulau Lombok. Bali sebelumnya merupakan bagian dari Provinsi Sunda Kecil bersama dengan Lombok, Sumbawa, Sumba, Flores, dan Timor. Pada tahun 1958 Bali resmi menjadi provinsi sendiri dengan ibukota Singaraja. Kemudian pada tahun 1960 berpindah ke Denpasar.

Baca juga : UMR Tangerang Selatan

Provinsi Bali terdiri dari Pulau Bali dan pulau-pulau kecil di sekitarnya antara lain Nusa Penida, Nusa Lembongan, Nusa Ceningan, dan Pulau Serangan. Secara keseluruhan Bali memiliki sekitar 85 pulau, termasuk yang tidak berpenghuni. Provinsi Bali terletak di antara 8°3’38” – 8°50’56” Lintang Selatan dan 114°25’53” – 115°42’39” Bujur Timur.

Luas Provinsi Bali sekitar 5.636,66 km2 (Terdapat perubahan luas wilayah yaitu 563.666 Ha (berdasarkan data BPS dan Biro Pem) dan menjadi 559.468 ha,. Ada perbedaan (pengurangan) sebesar 4.198 Ha atas hasil perhitungan peta dasar yang bersumber dari Badan Informasi Geospasial (BIG) , membentang sepanjang 153 km dan selebar 112 km.

Bali dikelilingi perairan yang menjadi batas wilayah provinsi, yaitu:

  • Sebelah Utara : Laut Bali
  • Sebelah Selatan : Samudera Hindia
  • Sebelah Barat : Selat Bali
  • Sebelah Timur : Selat Lombok

Bali adalah pulau yang sangat indah dengan panjang garis pantai sekitar 633,35 km. Di Pulau Bali terdapat gunung berapi, sungai-sungai, dan danau. Keberadaan gunung berapi memberikan kesuburan tanah untuk usaha pertanian.

Gunung berapi di Pulau Bali adalah Gunung Batur dan Gunung Agung. Titik tertinggi di Bali adalah Gunung Agung setinggi 3.148 m dan terakhir meletus pada tahun 1963. Sedangkan Gunung Batur letusannya pernah menghasilkan bencana besar di bumi sekitar 30.000 tahun yang lalu.

Agama

Sebagian besar penduduk Bali beragama Hindu. Di hampir setiap sudut wilayah terdapat pura peribadatan, baik pura besar yang dipakai sebagai tempat upacara bersama maupun pura kecil di setiap rumah. Oleh karena itu, selain dikenal sebagai Pulau Dewata, Bali juga disebut dengan Pulau Seribu Pura.

Ritual keagamaan yang kental memengaruhi hampir setiap unsur dan gerak kehidupan masyarakat Bali. Hal ini menjadikan Bali tidak hanya memiliki pemandangan yang indah tetapi juga kebudayaan yang unik, eksotis, dan terjaga. Bali adalah tujuan wisata internasional yang seringkali lebih dikenal daripada Indonesia.

Masyarakat Bali menganut falsafah hidup Tri Hita Karana yang memuat tiga unsur pembangun keseimbangan  hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan lingkungannya. Tri Hita Karana menjadi sumber kesejahteraan, kedamaian, dan kebahagiaan bagi kehidupan manusia.

Perekonomian Bali

umr bali
ilustrasi perekonomi di bali

Perekonomian Bali sebagian besar ditopang oleh sektor pariwisata. Denpasar merupakan pusat pemerintahan dan perekonomian hingga saat ini. Beberapa kegiatan ekonomi dan kawasan baru sedang dikembangkan untuk mendukung sektor pariwisata, seperti ekonomi kreatif, pariwisata maritim, dan ekowisata di Ubud, Nusa Dua, Seminyak, dan beberapa tempat lainnya.

Baca juga : UMR Malang

Total perekonomian Bali pada tahun 2021 yang diukur berdasarkan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) atas dasar harga berlaku (ADHB) tercatat sebesar Rp 219,80 triliun. Atau jika diukur atas dasar harga konstan (ADHK) tahun 2010, PDRB Bali tersebut tercatat sebesar Rp 143,87 triliun.

Dengan besaran tersebut, ekonomi Bali triwulan IV-2021 tercatat tumbuh 4,52 persen jika dibandingkan dengan capaian triwulan III-2021 (q-to-q). Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi tercatat pada lapangan usaha Kategori C (Industri Pengolahan) sebesar 17,71 persen.

Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi tercatat pada Komponen Ekspor Luar Negeri sebesar 27,72 persen. Sedangkan jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya (y-on-y), ekonomi Bali triwulan IV-2021 tercatat tumbuh sebesar 0,51 persen.

Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi tercatat pada lapangan usaha Kategori D (Pengadaan Listrik dan Gas) sebesar 10,62 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi tercatat pada Komponen Ekspor Luar Negeri sebesar 20,48 persen.

Jika diakumulasikan pertumbuhan triwulan I-2021 sampai dengan triwulan IV-2021, maka ekonomi Bali pada tahun 2021 masih tercatat tumbuh negatif atau terkontraksi sedalam 2,47 persen (c-to-c).

Struktur ekonomi Bali dari sisi produksi, pada tahun 2021 masih didominasi oleh Kategori I (Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum) yang tercatat berkontribusi sebesar 16,66 persen. Sementara dari sisi pengeluaran, kontribusi terbesar tercatat pada Komponen Konsumsi Rumah Tangga yaitu 55,55 persen.

Mata Pencaharian

wisata bali

Mata pencarian penduduk beraneka ragam yang meliputi pekerjaan sebagai petani, pengerajin, pedagang dan berbagai jasa khususnya bidang kepariwisataan. Pertanian merupakan mata pencarian pokok masyarakat dan sebagian besar masyarakat bali adalah petani.  Jenis pertanian meliputi pertanian sawah dan perkebunan.

Baca juga : UMR Palembang

Didalam system pertanian di bali subak memegang peranan yang sangat penting.  Saat ini di Bali terdapat sekitar 1.482 subak dan subak abian sekitar 698. Subah merupakan salah satu lembaga tradisional yang merupakan satu kesatuan para pemilik atau penggarap sawah yang menerima air irigasi dari satu sumber air atau bendungan tertentu.

Subak merupakan satu kesatuan ekonomi, sosial dan keagamaan.  Tugas warga subak pada umumnya adalah mengatur pembagian air, memelihara dan memperbaiki sarana irigasi, melakukan pembrantasan hama, melakukan inovasi pertanian dan mengkosepsikan serta mengaktifkan upacara.

Daftar Perusahaan di Bali

PT. Pulau Batu

Alamat Produk Usaha Badan Usaha Keterangan
Jl. Batur Sari No.37x Sanur, Denpasar, Bali

Denpasar, Provinsi Bali

 

Tile Keramik Produk Tile Keramik Barang dari marmer dan granit untuk keperluan bahan bangunan

Badan Usaha Mahkota Kita, PT

Alamat Produk Usaha Badan Usaha
Jl. Jro Gadung Br Kutuh Klod Petulu Ubud, Gianyar, Bali

Gianyar, Provinsi Bali

 

Wig Produk Wig

Sukma Sari, PT

Alamat Bidangnya
Jl. Ngurah Rai By Pass Perkapalan

Island Concepts Indonesia Tbk

Alamat Bidang
Jl. Raya Petitenget No. 469 Seminyak – Kuta Bali – 80361

 

Hotel, Pariwisata, Hotel and Tourism TRADE, SERVICES & INVESTMENT Sub RESTAURANT, HOTEL AND TOURISM

Gaji UMR Bali

Berikut adalah daftar gaji UMR Bali dibeberapa daerah sekitar bali yang berhasil kami himpun pada tahun 2022:

No Daerah Regional Besaran gaji UMR Bali/ bulan
1 Kabupaten Badung Rp2.961.285,40
2 Kota Denpasar Rp2.802.926,00
3 Kabupaten Gianyar Rp2.656.009,00
4 Kabupaten Karangasem Rp2.555.470,00
5 Kabupaten Jembrana Rp2.563.363,76
6 Kabupaten Tabanan Rp2.643.778,66
7 Kabupaten Klungkung Rp2.540.848,00
8 Kabupaten Buleleng Rp2.542.312,33
9 Kabupaten Bangli Rp2.516.971,00

Penutup

Kenaikan UMR Bali 2022 bisa dikatakan mengalami kenaikan yang sedikit sekali. Jumlahnya bahkan masih di bawah kenaikan rata-rata nasional yakni sebesar 1,09 persen. Terkait hal tersebut, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan ESDM Bali Ida Bagus Ngurah Arda angkat bicara.

Arda mengatakan bahwa hal tersebut telah diperhitungkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS). Sehingga tidak ada yang perlu diperdebatkan kembali.Demikian ulasan mengenai gaji UMR Bali untuk beberapa regional di bali pada tahun 2022. Kenaikan gaji UMR Bali ini memang tidak banyak, akan tetapi tentunya sudah melalui perhitungan dengan sangat matang.

UMR Batam

admin
4 min read

UMR Papua

admin
3 min read

UMR Medan

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.