Gaji TKI Di Yordania

gaji tki di yordania

Yordania adalah salah satu negara yang cukup banyak dikunjungi oleh para pekerja di Indonesia. Negara ini negara yang masih berkiblat pada Arab. Peminat untuk menjadi TKI, disebabkan karena tawaran gaji TKI di Yordania yang cukup fantastis, yaitu berkisar puluhan juta bahkan hingga ratusan juta untuk posisi yang tinggi.

Sebanding dengan gaji TKI di Yordania yang ditawarkan. Untuk menjadi seorang TKI Yordania juga tidaklah mudah. Calon TKI harus mempersiapkan hal pra bekerja seperti halnya belajar bahasa yordania, dan lain-lain. Persyaratan secara umum untuk menjadi TKI di Yordania akan dipaparkan dalam artikel ini.

Perekomian Yordania dapat dikatakan menjadi salah satu cukup yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan tingginya pendapatan negara. Yang nantinya akan berdampak pada penentuan besar kecilnya gaji TKI di Yordania minimal yang dibayarkan oleh perusahaan atau pemberi kerja.

Yordania merupakan bagian tak terpisahkan dari dunia Arab sehingga tradisi budaya Arab mendominasi daerah itu. Salah satunya mengenai makna keluarga. Meskipun jumlah mereka telah turun karena banyak yang telah menetap dan mengadopsi budaya urban, penduduk Badui pedesaan mempertahankan cara hidup yang lebih tradisional.

Serta melestarikan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. Hal ini menjadikan gaji TKI di Yordania tidak akan berbeda jauh dengan negara negara Arab lainnya. Artikel ini akan menyajikan besaran gaji TKI di Yordania untuk beberapa posisi jabatan yang bisa di-apply oleh warga Indonesia. Berikut adalah ulasannya.

Profil Yordania

gaji tki di yordania
Profil Yordania

Yordania adalah sebuah kerajaan di Tepi Barat, Sungai Yordan. Negara ini berbatasan dengan Arab Saudi di timur dan tenggara, Irak di timur laut, Suriah di utara, dan Israel di barat, berbagi kekuasaan atas Laut Mati. Satu-satunya pelabuhan Yordania adalah di ujung barat daya di Teluk Aqaba, yang sebagiannya juga dikuasai oleh Israel, Mesir, dan Arab Saudi.

Baca juga : Gaji TKI di Taiwan

Lebih dari separuh Yordania diliputi oleh Gurun Arab. Tetapi, bagian barat Yordania berupa hutan dan lahan layak tanam. Yordania adalah bagian dari Bulan Sabit Subur. Ibu kota dan pusat pemerintahannya adalah Amman.

Budaya

Yordania merupakan bagian tak terpisahkan dari dunia Arab sehingga tradisi budaya Arab mendominasi daerah itu. Salah satunya mengenai makna keluarga. Meskipun jumlah mereka telah turun karena banyak yang telah menetap dan mengadopsi budaya urban, penduduk Badui pedesaan mempertahankan cara hidup yang lebih tradisional, melestarikan kebiasaan yang diwariskan dari generasi ke generasi.

Kehidupan desa berputar di sekitar keluarga besar, pertanian, dan perhotelan; modernitas hanya ada dalam bentuk kendaraan bermotor untuk transportasi. Orang Yordania yang tinggal di perkotaan, sebagian menikmati semua aspek budaya modern, populer, dari produksi teater dan konser musik hingga opera dan pertunjukan balet.

Sebagian besar kota besar memiliki bioskop yang menawarkan film Arab dan asing. Anak-anak muda Yordania sering mengunjungi kafe internet di ibu kota, di mana espreso disajikan di terminal komputer. Masakan negara menyajikan hidangan menggunakan kacang, minyak zaitun, yogurt, dan bawang putih.

Dua hidangan paling populer di Yordania adalah masakan domba atau kambing dan nasi dengan saus yoghurt. Serta mansaf, ayam yang dimasak dengan bawang, yang keduanya disajikan pada hari libur dan pada acara keluarga khusus. Tarif harian termasuk khubz (roti datar) dengan saus sayuran, daging panggang, dan semur, disajikan dengan teh manis atau kopi yang dibumbui dengan kapulaga.

Hari raya yang diakui termasuk hari kelahiran Nabi Muhammad, dua ʿīds (festival; ald al-Fiṭr dan ʿĪd al-Aḍḥā), dan festival Islam besar lainnya, bersama dengan acara sekuler seperti Hari Kemerdekaan dan ulang tahun almarhum Raja Ḥussein.

Kondisi Ekonomi Yordania

gaji tki di yordania
Ekonomian di Yordania

Ekonomi Yordania dianggap sebagai emerging market. Perdagangan dan jasa keuangan merupakan penghasil sepertiga dari produk domestik bruto Yordania (PDB). Sedangkan transportasi, komunikasi, layanan publik dan konstruksi menyumbang seperlima dari total PDB, sisanya dari pertambangan dan manufaktur.

Baca juga : Gaji TKI di Thailand

Sementara itu, pengiriman uang dari orang Yordania yang bekerja di luar negeri merupakan sumber devisa utama. Pada pertengahan 1990-an, perekonomian Yordania sempat diliputi oleh berbagai permasalahan ekonomi seperti resesi, utang yang menunggak, tingkat pengangguran yang tinggi, pangsa pasar yang kecil, fluktuasi produksi pertanian, kurangnya modal dan banyaknya pengungsi yang masuk ke negara ini.

Namun, setelah Raja Abdullah II naik tahta pada tahun 1999, kebijakan ekonomi liberal berhasil mendorong pertumbuhan ekonomi hingga tahun 2009. Yordania telah mengembangkan sektor perbankan yang menarik investor berkat kebijakan bank konservatif yang mampu membuat negara tersebut bertahan dari krisis keuangan global pada tahun 2009.

Ekonomi Yordania sendiri tumbuh dengan rata-rata 7% semenjak Raja Abdullah naik tahta pada tahun 1999 hingga tahun 2008. Pada tahun 2005, Yordania memiliki PDB sebesar $37,6 miliar dan merupakan ekonomi terbesar ke-89 di dunia.

Perbedaan Gaji TKI di Yordania berdasarkan Gender

Meskipun gender seharusnya tidak berpengaruh pada gaji TKI di Yordania tetapi pada kenyataannya, hal itu berpengaruh. Jadi, siapa yang dibayar lebih: pria atau wanita? Karyawan pria di Yordania mendapatkan 9% lebih banyak daripada wanita mereka di semua sektor. Hal ini mungkin saja dilandasi karena pria lebih banyak mengeluarkan effort dalam bekerja ketimbang wanita.

Syarat menjadi TKI di Yordania

gaji tki di yordania
Gaji TKI di Yordania

Syarat umum untuk menjadi TKI Yordania adalah sebagai berikut :

  • Minimal lulusan SMA/SMK.
  • Diutamakan lulusan D3/S1, teknik sipil, Sastra Jepang, Arsitektur, Elektro, dan Listrik (Untuk posisi tertentu, untuk posisi ART biasanya akan menyesuaikan keinginan dari pemberi kerja)
  • Pria/Wanita berusia 19 hingga 26 tahun.
  • Tinggi badan 165 keatas (laki-laki).
  • Tinggi badan 155 cm keatas (perempuan).
  • Memiliki berat badan ideal, baik untuk laki-laki maupun perempuan.
  • Sehat fisik dan jasmani
  • Tidak menggunakan Narkoba, obat-obatan terlarang, dan sejenisnya.
  • Belum pernah magang di Jepang (kecuali peserta Eks Jepang).
  • Wajib mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, asma, kanker, TBC, dan lainnya.
  • Tidak pernah operasi tulang.
  • Belum pernah mengalami patah tulang.
  • Tidak bertato.
  • Tidak bertindik.
  • Mata tidak minus (tidak berkacamata).

Undang- Undang Perlindungan TKI

Undang-Undang perlindungan TKI sering kali diabaikan calon karyawan hanya karena memprioritaskan gaji. Meskipun sebenarnya ini bisa berfungsi agar Anda tidak dirugikan oleh pihak tertentu. Pembahasan tentang perlindungan TKI sebelumnya diatur dalam UU No. 39 Tahun 2004.

Baca juga : Gaji TKI di Vietnam

Namun, sekarang ini mengacu pada Pasal 89 huruf  a UU No. 18 Tahun 2017 tentang pekerja imigran Indonesia. Analisis keadaan perlindungan TKI awalnya ditata di dalam UU No. 39 Tahun 2004. Tapi, sekarang ini menunjuk di Pasal 89 huruf  a UU No. 18 Tahun 2017 terkait karyawan migran Indonesia.

Beberapa poin yaitu tentang bagaimana Anda dinyatakan sebagai TKI sah serta apa saja bentuk prelindungannya.

  • Pertama, apabila Anda hanya dikirim oleh perusahaan untuk bekerja ke luar negeri maka tidak digolongkan sebagai Tenaga Kerja Indonesia. Begitu pula para pelajar, aparatur sipil atau pengusaha dari Indonesia di luar negeri. Sebaliknya, Tenaga Kerja Indonesia adalah mereka yang betul-betul bekerja di luar negeri untuk pemberi kerja di sana. ABK juga disebut sebagai TKI atau buruh migran Indonesia.
  • Kedua, perlindungan buruh migran Indonesia termasuk 2 poin penting. Pemerintah bakal membantu menegakkan hak asasi manusia untuk Tenaga Kerja Indonesia dan WNI. Selain itu Anda akan diproteksi dari segi hukum, sosial dan ekonomi.

Pengawasan perlindungan untuk buruh migran ini berjalan sebelum, waktu dan sesudah Anda bekerja. Terkait sanksi yang bisa diberikan ke pelanggar hukum bersifat hukuman administratif sampai pidana. Jikalau Anda tak memenuhi kriteria menjadi TKI, tentulah UU perlindungan di atas tidak berlaku.

Gaji TKI di Yordania untuk Beberapa Profesi

Berikut adalah daftar gaji TKI di Yordania untuk beberapa profesi yang bisa Anda lihat pada tabel berikut :

Profesi/Jabatan Kisaran Gaji TKI di Yordania/bulan
Agency Rp27.000.000
Penerjemah Rp25.000.000
Pelayaran Rp25.000.000
Kontruksi Rp24.000.000
Industry (Pabrik) Rp23.000.000
Electricans Rp23.000.000
Perikanan Rp23.000.000
Carpenters Rp22.000.000
Gardener Rp22.000.000
Driver Rp21.500.000
Pertanian Rp21.000.000
Caretaker Rp20.000.000
Restaurant Rp20.000.000
Caregiver Rp19.000.000
Pembantu Rumah Tangga Rp19.000.000
Sektor Jasa Rp18.000.000
Bartender Rp17.000.000
Dosen Rp40.000.000
Peneliti Rp56.000.000
Startup Rp65.000.000

Penutup

Menjadi seorang TKI tidaklah mudah. Seorang warga indonesia perlu beradaptasi secara bahasa dan sosial budaya. Proses tersebut juga dilakukan dengan tidak cepat, namun perlu waktu yang cukup. Peminat untuk menjadi TKI, disebabkan karena tawaran gaji TKI di Yordania yang cukup fantastis, yaitu berkisar puluhan juta bahkan hingga ratusan juta untuk posisi yang tinggi.

Sebanding dengan gaji TKI di Yordania yang ditawarkan. Untuk menjadi seorang TKI Yordania juga tidaklah mudah. Calon TKI harus mempersiapkan hal pra bekerja seperti halnya belajar bahasa yordania, dan lain-lain. Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Yordania untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.