Gaji TKI Di Taiwan

gaji tki di taiwan

Taiwan merupakan sebuah negara pecahan dari Republik Rakyat tiongkok (China), Taiwan memisahkan diri dari China diakibatkan perbedaan ideologi. Luas pulau Taiwan hanya sekitar 36.193 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 23.468.748 jiwa. Negara ini juga dikenal dengan sebutan formosa yang berarti pulau yang indah.

Negara ini menjadi salah satu tujuan dari pekerja Indonesia yang berusaha mengundi nasib disana. Negara Taiwan dipercaya sebagian orang mampu mengubah nasib mereka karena gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan cukup besar. Gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan cukup tinggi ketimbang gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan oleh Indonesia dengan posisi yang sama.

Hal inilah yang menjadi alasan terbesar bagi para TKI untuk bekerja di Taiwan. Sebanding dengan gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan. Untuk menjadi seorang TKI di Taiwan juga tidaklah mudah. Para calon TKI harus mempersiapkan hal pra bekerja seperti halnya belajar culturenya dan lain-lain.

Persyaratan secara umum untuk menjadi TKI Taiwan akan dipaparkan dalam artikel ini. Tidak hanya gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan tinggi, alasan lainnya mengapa para pekerja Indonesia tertarik untuk bekerja di Taiwan adalah.

Dengan bekerja di luar negeri mereka beranggapan mereka akan memilki pengalaman yang cukup banyak, sehingga nantinya ketika memutuskan untuk berkarir di Indonesia, mereka memiliki nilai plus karena pernah bekerja di luar negeri. Artikel ini akan menyajikan besaran gaji TKI di Taiwan untuk beberapa posisi jabatan yang bisa di-apply oleh warga Indonesia. Berikut adalah ulasannya.

Profil Taiwan

gaji tki di taiwan
Profil Taiwan

Taiwan merupakan sebuah negara pecahan dari Republik Rakyat tiongkok (China), Taiwan memisahkan diri dari China diakibatkan perbedaan ideologi. Luas pulau Taiwan hanya sekitar 36.193 km2, dengan jumlah penduduk sebanyak 23.468.748 jiwa. Negara ini juga dikenal dengan sebutan formosa yang berarti pulau yang indah.

Baca juga : Gaji TKI di Yordania

Selama satu dasawarsa ini, bersama Korea Selatan, Hongkong, dan Singapura negara ini memprioritaskan pembangunanya dari bidang agraria ke industri. Saat ini Taiwan tergolong negara maju di dataran Asia. Taiwan juga dijuluki sebagai macan industri dunia baru dengan kemajuan perekonomian yang begitu pesat.

Pemerintahan Taiwan

Taiwan memiliki ibukota bernama Taipei dengan sistem pemerintahan negara semi Presidensial, Kepala pemerintahan Republik Tiongkok adalah seorang Presiden, yang memiliki masa jabatan selama 4 tahun. Presiden mempunyai kekuasaan atas 4 cabang (Yuan) yaitu Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawas.

Presiden melantik anggota Yuan Eksekutif sebagai anggota kabinetnya termasukPerdana Menteri yang bertanggungjawab terhadap polisi dan pengendalian ketertiban. Badan utama perwakilan merupakan Dewan Perwakilan Rakyat dengan jumlah kursi sebanyak 225 dimana 168 darinya diisi oleh anggota hasil pemilu langsung.

Sisanya dibagikan secara proporsional antara keseluruhan yang diterima partai (41 kursi), wilayah seberang lautan 8 kursi) dan kursi khusus penduduk asli Taiwan (8 kursi). Para anggota dewan ini memiliki masa jabatan 3 tahun.

Pada awalnya Dewan Konstituante Nasional, sebagai badan konstitusi dan wakil rakyat umumnya, mempunyai sedikit kekuasaan legislatif. Akan tetapi dewan ini telah dihapuskan pada tahun 2005 dan kekuasaan untuk merancang konstitusi diserahkan kepada Yuan Perwakilan dan pemilih dari kalangan rakyat.

Penduduk Taiwan

Taiwan memiliki jumlah penduduk yang lumayan padat, jumlah penduduk Taiwan saat ini diperkirakan sekitar 23.468.748 jiwa. Mayoritas penduduk Taiwan beretnis Tionghoa karena ada pengaruh dari kebudayaan China, dan ada juga etnis lain seperti para imigran dari India, Fillipina, bahkan Indonesia di negara ini.

Baca juga : Gaji TKI di Vietnam

Mayoritas penduduk Taiwan beragama kristen, konghuchu, buddha dan sebagian ada juga Islam selain itu penduduk Taiwan berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Mandarin.

Karakteristik Negara Taiwan

Negara Taiwan merupakan sebuah pulau yang dikenal dengan sebutan Ilha Formosa (bahasa Prancis) dan mempunyai arti pulau yang indah. Taiwan berada di Asia Timur, tidak jauh dari pantai Tiongkok Dalam tersebut mempunyai panjang wilayah sekitar 398 km dan lebar 144 km.

Beribu kota di Taipei negara ini menganut sistem pemerintahan semi presidensial dengan kepala pemerintahan Republik Tiongkok (Taiwan) adalah presiden bermasa jabatan selama 4 tahun. Dalam hal ini presiden memiliki kekuasaan sebanyak 4 cabang (yuan) yakni Yuan Eksekutif, Yuan Perwakilan, Yuan Kehakiman, dan Yuan Pengawasan.

Secara geografis Negara Taiwan mempunyai batasan wilayah berupa:

  • Sisi barat berbatasan dengan: Pantai Tiongkok Daratan, Republik Rakyat Tiongkok dan Selat Taiwan.
  • Sisi utara berbatasan dengan: Laut Cina Timur.
  • Sisi timur laut berbatasan dengan: Negara Jepang.
  • Sisi timur berbatasan dengan: Kepulauan Ryukyu (Jepang) dan Samudera Pasifik.
  • Sisi tenggara berbatasan dengan: Negara Filipina.
  • Sisi selatan berbatasan dengan: Laut Cina Selatan dan Selat Luzon.

Kekayaan Alam Negara Taiwan

gaji tki di taiwan
Kekayaan alam di Taiwan

Taiwan mempunyai kekayaan alam yang berlimpah, hal ini terlihat dari kontur daratannya dikelilingi barisan gunung dengan Gunung Yushan (Giok) sebagai gunung tertinggi di Asia Timur (tinggi 3. meter). Selain itu, Taiwan juga memiliki bukit, lembah, ngarai, dataran tinggi, dataran rendah serta pantai berombak, bahkan terdapat trumbu karang yang indah di bagian selatan pulau (Pintung Country).

Mengapa harus Taiwan ?

Ada beberapa faktor yang menjadikan Taiwan layak dijadikan referensi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Negara ini merupakan tempat yang cocok bagi mereka yang hendak menekuni atau mendalami Bahasa Mandarin. Pendidikan Bahasa Mandarin di Taiwan sendiri memiliki kompetensi yang tinggi.

Karena negara tersebut menggunakan traditional Chinese, berbeda dengan pendidikan Bahasa Mandarin di daratan China yang menggunakan simplified Chinese. Selain itu, karena memiliki banyak perusahaan di bidang teknologi dan engineering, terutama yang berkaitan dengan semikonduktor.

Baca juga : Gaji TKI di Thailand

Kampus-kampus di Taiwan pun banyak yang menawarkan program studi yang berkaitan dengan bidang tersebut, seperti teknik kimia, hingga teknik sipil (disebut dengan construction engineering, bukan civil engineering). Faktor lain yang membuat Taiwan pantas dipilih untuk melanjutkan studi adalah karena atmosfer negara ini sangat mendukung untuk riset atau penelitian.

Sekadar informasi, sistem kuliah di Taiwan untuk jenjang Pascasarjana, baik S2 maupun S3, adalah gabungan course dan research. Jadi, mahasiswa harus menyelesaikan sejumlah sistem kredit satuan (SKS) di tahun pertama, yang selanjutnya dilanjutkan dengan melakukan riset.

Jika Anda juga tertarik melanjutkan studi ke Taiwan, tentu saja Anda pun harus menghitung berapa besaran biaya yang perlu dikeluarkan untuk tinggal di sana. Biaya yang harus Anda siapkan antara lain untuk tempat tinggal, transportasi, makan sehari-hari, kebutuhan harian, dan hiburan.

Syarat Umum Menjadi TKI Taiwan

Syarat umum untuk menjadi TKI Taiwan adalah sebagai berikut :

  • Minimal lulusan SMA/SMK.
  • Diutamakan lulusan D3/S1, teknik sipil, Sastra Jepang, Arsitektur, Elektro, dan Listrik (Untuk posisi tertentu, untuk posisi ART biasanya akan menyesuaikan keinginan dari pemberi kerja)
  • Pria/Wanita berusia 19 hingga 26 tahun.
  • Tinggi badan 165 keatas (laki-laki).
  • Tinggi badan 155 cm keatas (perempuan).
  • Memiliki berat badan ideal, baik untuk laki-laki maupun perempuan.
  • Sehat fisik dan jasmani
  • Tidak menggunakan Narkoba, obat-obatan terlarang, dan sejenisnya.
  • Belum pernah magang di Jepang (kecuali peserta Eks Jepang).
  • Wajib mengikuti pelatihan bahasa dan budaya Jepang.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit jantung, diabetes, asma, kanker, TBC, dan lainnya.
  • Tidak pernah operasi tulang.
  • Belum pernah mengalami patah tulang.
  • Tidak bertato.
  • Tidak bertindik.
  • Mata tidak minus (tidak berkacamata).

Gaji TKI di Taiwan

gaji tki di taiwan
Gaji TKI di Taiwan

Berikut adalah daftar gaji TKI di Taiwan untuk beberapa posisi atau jabatan:

Profesi/Jabatan Gaji TKI di Taiwan (Rp.)
Industri kimia 25.000.000
E Commerce 22,000.000
Konstruksi dan Real Estate 25.000.000
Customer Support 20.000.000
Ekonomi, keuangan, akuntansi 23.000.000
Administrasi 18.000.000
Agrikultur 17.000.000
Seni dan budaya 18.000.000
Bank 28.000.000
Industri mobil 22.000.000
Pendidikan dan penelitian 26.000.000
Electrical dan Power engineer 26.000.000
Buruh umum 35.000.000
Sumber daya manusia 24.000.000
Teknologi dan informasi 20.000.000
Pemasaran dan periklanan 20.000.000
Teknik mesin 24.000.000
Pengobatan dan perawatan sosial 26.000.000
 Industri farmasi 21.000.000
Produksi 23.000.000
Asuransi 28.000.000
 Jurnalisme dan media 33.000.000

Penutup

Gaji TKI di Taiwan pada dasarnya akan ditentukan berdasarkan background pendidikan, pengalaman dan kempuan kerjanya. Gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan cukup tinggi ketimbang gaji yang ditawarkan oleh Indonesia dengan posisi yang sama. Hal inilah yang menjadi alasan terbesar bagi para TKI untuk bekerja di Taiwan.

Sebanding dengan gaji TKI di Taiwan yang ditawarkan. Untuk menjadi seorang TKI di Taiwan juga tidaklah mudah. Para calon TKI harus mempersiapkan hal pra bekerja seperti halnya belajar culturenya dan lain-lain.Sehingga pada praktiknya, bisa saja terjadi besaran gaji TKI di Taiwan tidak sesuai dengan tabel di atas. Semua berada pada keputusan dari pihak pemberi kerja.

Gaji TKI Di Qatar

admin
4 min read

Gaji TKI Di Polandia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Singapura

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.