Gaji TKI Di Rusia

gaji tki di rusia

Russia saat ini menjadi salah satu negara yang cukup dibincangkan oleh banyak kalangan warga dunia. Hal ini muncul karena perang yang Russia hadapi dengan Ukraina.Sebagai salah satu negara yang cukup kontroversial, Russia ternyata menyimpan bearan anggaran yang bisa mereka tawarkan kepada para pekerja yang berasal dari luar Rusia, salah satunya Indonesia.

Tawaran gaji yang dilakukan oleh Rusia kepada para pekerjanya baik di luar maupun dalam negeri cukup fantastis. Sehingga ada istilah gaji TKI di Rusia yang memang bisa didapatkan oleh warga Indonesia yang bekerja disana. Dalam mengembangkan karirnya, seseorang bisa saja tidak hanya berkutik dalam negeri saja. Namun juga bisa hijrah hingga kancah internasional.

Salah satunya adalah dengan mencoba peruntungan menjadi TKI di Rusia. Gaji TKI di Rusia bisa dikatakan sangat besar untuk kalangan masyarakat Indonesia. Gaji TKI di Rusia yang ditawarkan dimulai dari puluhan bahkan hingga ratusan juta perbulannya. Semua itu bergantung dari jabatan. Semakin tinggi dan krusial jabatannya, maka gaji yang diterima akan semakin besar.

Begitupun sebaliknya, Tidak hanya gaji TKI di Rusia yang ditawarkan tinggi, alasan lainnya mengapa para pekerja Indonesia tertarik untuk bekerja di Rusia. Dengan bekerja di luar negeri mereka beranggapan akan memilki pengalaman yang cukup banyak, ketika memutuskan untuk berkarir di Indonesia, mereka memiliki nilai plus karena pernah bekerja di luar negeri.

Artikel ini akan menyajikan besaran gaji TKI di Rusia untuk beberapa posisi jabatan yang bisa di-apply oleh warga Indonesia. Berikut adalah ulasannya.

Profil Russia

gaji tki di rusia
Profil Rusia

Rusia secara resmi disebut sebagai Federasi Rusia, adalah sebuah negara yang berdaulat dengan bersistem federasi di sebelah timur Eropa dan utara Asia yang dari barat laut sampai ke tenggara. Berbatasan dengan Norwegia, Finlandia, Estonia, Latvia, Lituania dan Polandia (keduanya berbatasan dengan Kaliningrad Oblast), Belarusia, Ukraina, Georgia, Azerbaijan, Kazakhstan, Tiongkok, Mongolia, dan Korea Utara.

Baca juga : Gaji TKI di Thailand

Negara ini berbatasan laut dengan Jepang di Laut Okhotsk dan negara bagian Alaska, Amerika Serikat di Selat Bering. Dengan wilayah seluas 17.125.200 km², Rusia adalah negara terluas di dunia. Wilayahnya mencakup seperdelapan luas daratan bumi, penduduknya menduduki peringkat kesembilan terbanyak di dunia dengan jumlah sekitar 146 juta jiwa (Maret 2016).

Wilayahnya membentang sepanjang Asia Utara dan sebagian Eropa timur, Rusia memiliki 11 zona waktu dan wilayahnya terdiri dari berbagai tipe lingkungan dan tanah.

Sejarah Rusia

Sejarah negara ini berawal dari Bangsa Slav Timur yang eksis di Eropa antara abad ke-3 hingga abad ke-8 SM. Ditemukan dan dipimpin oleh pasukan elit Varangia dan keturunannya. Pada tahun 988 mereka mengadopsi Kristen Ortodoks dari Kerajaan Byzantium. menjadi awal munculnya budaya Byzantium dan Slavik (Gopnik) yang mendefinisikan budaya Rusia hingga saat ini.

Rus kiev akhirnya terpisah-pisah menjadi negara-negara kecil, sebagian daratan mereka kemudian direbut Mongol dan menjadi negara jajahan Gerombolan Emas pada abad ke-13. Keharyapatihan Moskwa secara bertahap menyatukan kembali dan merdeka dari Gerombolan Emas, dan dapat kembali mendominasi warisan budaya dan politik Rus Kiev.

Pada abad ke-18, negara ini berkembang luar biasa melalui penaklukan, aneksasi, dan penjelajahan menjadi Kekaisaran Rusia yang merupakan kekaisaran terbesar ketiga dalam sejarah. Setelah Revolusi Rusia, Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia menjadi bagian utama dan terbesar dari Republik Sosialis Uni Soviet, negara pertama di dunia yang memiliki konstitusi negara sosialis.

Uni Soviet memerankan peran bertahan dalam kemenangan Sekutu pada Perang Dunia II, dan kemudian muncul sebagai negara adikuasa dan menjadi lawan Amerika Serikat selama Perang Dingin.

Pada Era Soviet merupakan pencapaian teknologi paling signifikan pada abad ke-20, termasuk satelit buatan manusia pertama di dunia dan peluncuran manusia pertama di luar angkasa. Di akhir tahun 1990, Uni Soviet memiliki ekonomi kedua terbesar dunia, kekuatan militer terbesar dunia, dan cadangan senjata pemusnah massal terbanyak.

Setelah bubarnya Uni Soviet pada tahun 1991, 15 republik independen berpisah. Sebagai negara terbesar, penduduk terbanyak, dan secara ekonomi paling berkembang. Republik Sosialis Federasi Soviet Rusia mengganti namanya menjadi Federasi Rusia dan melanjutkan status hukum dan negara penerus dari Uni Soviet. Saat ini negara ini berbentuk republik semi-presidensial.

Ekonomi

gaji tki di rusia
Perekonomian di Rusia

Ekonomi Rusia menempati peringkat ke-12 terbesar menurut PDB nominal dan keenam terbesar menurut keseimbangan kemampuan berbelanja tahun 2015. Sumber daya energi dan mineral Rusia terbesar di dunia, menjadikannya produsen minyak dan produsen gas alam utama dunia.

Negara ini adalah satu dari lima negara senjata nuklir yang telah dikenal dan memiliki cadangan senjata pemusnah massal terbesar di dunia. Rusia merupakan negara besar dan anggota tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa, juga anggota dari G20, Dewan Eropa, Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik (APEC), Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO).

Baca juga : Gaji TKI di Taiwan

Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa (OSCE), Organisasi Perdagangan Dunia (WTO), anggota utama Persemakmuran Negara-Negara Merdeka (CIS). Organisasi Traktat Keamanan Kolektif (CSTO) dan satu dari lima anggota Uni Ekonomi Eurasia, bersama dengan Armenia, Belarus, Kazakhstan, dan Kyrgyzstan.

Rusia termasuk dalam ekonomi pasar berpendapatan tinggi dengan sumber daya alam yang luar biasa besar, terutama minyak dan gas alam. Negara ini menempati posisi ke-15 menurut nominal PDB dan peringkat ke-6 menurut keseimbangan kemampuan berbelanja (PPP).

Sejak awal abad ke-21, konsumsi dalam negeri yang meningkat dan stabilitas politik membawa pertumbuhan ekonomi di Rusia. Tahun 2008, pertumbuhan mulai melambat seiring jatuhnya harga minyak dan gas.

PDB per kapita negara ini adalahi US$19.840 tahun 2010. Pertumbuhan paling banyak digerakkan oleh jasa non-dagang dan barang untuk pasar domestik. Rata-rata gaji bulanan di Rusia adalah $967 per bulan tahun 2013, naik dari $80 tahun 2000. Bulan Maret 2014 gaji bulanan rata-rata mencapai 30.000 RUR (atau US$980), sedangkan pajak pribadi adalah 13%.

Sekitar 12,8% penduduk tinggal dibawah garis kemiskinan nasional tahun 2011, turun signifikan dari angka 40% tahun 1998 ketika titik terburuk pasca runtuhnya Soviet. Pengangguran di Rusia adalah 5,45% tahun 2014, turun dari 12,4% tahun 1999.  Kelas menengah naik dari 88 juta penduduk tahun 2000 menjadi 104 juta tahun 2013. Impor gula turun hingga 82% antara tahun 2012 dan 2013 berkat naiknya produksi domestik.

Peluang kerja dan syarat menjadi TKI Rusia

Peluang Kerja

Hospitality, konstruksi, teknologi informasi, teknik mesin, transportasi, dan akademi atau pengajaran.

Persyaratan Jabatan

  • Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  • Berumur 18 – 38 tahun. TKI PLRT berumur 21 – 45 tahun.
  • Datang secara sah ke Rusia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS-dulu PJTKI) yang terdaftar di DEPNAKER RI.
  • Menandatangani Kontrak Kerja dengan majikan.
  • Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya RM180 (laki-laki) dan RM190 (wanita) yang ditanggung oleh majikan.
  • Memiliki work pass (permit kerja) yang diuruskan oleh majikan dan dikenakan bayaran per tahun (levy).
  • Memiliki/diuruskan kartu/Kad Pengenalan Pekerja Asing yang dikeluarkan oleh Pemerintah Rusia.
  • Bekerja pada majikan yang nama dan alamatnya tercantum dalam Permit Kerja.

Biaya Hidup Russia

Sewa Tempat Tinggal

Tentu saja, salah satu kebutuhan utama saat seseorang merantau ke Russia adalah tempat tinggal. Bagi para mahasiswa, tinggal di asrama atau menyewa apartemen adalah dua pilihan yang paling tepat. Harga untuk sewa asrama dan apartemen berbeda-beda, tergantung kota yang ditinggali.

Harga sewa di kota besar seperti Moskow tentunya lebih mahal daripada di kota kecil seperti Tomsk dan Kazan. Di kota-kota kecil, rata-rata harga sewa asrama per bulan adalah RUB 1.000 – 1.100. Sementara di Moskow, harga sewa asrama berkisar antara RUB 1.600 – 2.500 per bulan.

Baca juga : Gaji TKI di Yordania

Biaya untuk asrama sudah termasuk air dan listrik. Selain itu, satu keuntungan lain tinggal di asrama untuk mahasiswa adalah pengeluaran yang lebih rendah untuk uang transportasi. Harga sewa apartemen di Moskow berkisar dari RUB 30.000 – 45.000 per bulan. Di luar Kota Moskow, harganya bisa lebih rendah lagi.

Tagihan Utilitas

Dengan memiliki tempat tinggal, kalian tentu akan mengeluarkan biaya lagi untuk tagihan utilitas seperti listrik dan air kecuali buat yang tinggal di asrama. Biasanya, harga sewa asrama sudah termasuk tagihan utilitas.

Makan dan Minum

Harga makanan per porsi di kota kecil rata-rata berkisar dari RUB 150 hingga 200. Nah, di Moskow harganya lebih mahal lagi yaitu dari kisaran RUB 200 hingga 1.500 untuk makan di café dan restoran.

Gaji TKI di Rusia

gaji tki di rusia
Gaji TKI di Rusia

Gaji TKI di Rusia berada dikisaran Rp 5.058.801 sampai Rp 89.397.904 dalam setiap bulannya, gaji dan upah di setiap kota tentunya bebeda-beda. TKI yang bekerja di Rusia biasanya mendapatkan gaji sekitar Rp 20.080.738 per bulannya. Gaji TKI di Rusia antara Rp 5.058.801, hingga Rp 89.397.904 (rata-rata tertinggi, gaji maksimum bisa lebih tinggi dari ini).

Gaji TKI di Rusia ini sudah termasuk upah dan tunjangan lainnya seperti Russiamahan, transportasi, makan, dan lain-lain. Gaji yang didapatkan bervariasi tergantung dengan pengalaman kerja dan masa jabatan. Mata uang yang digunakan: RUB (Rubel Russia). Berikut adalah daftar gaji TKI di Rusia untuk beberapa jabatan :

Profesi/Jabatan Gaji TKI di Rusia/bulan
Accountant 68,400 RUB
Accounting Assistant 52,400 RUB
Accounting Manager 154,000 RUB
Bookkeeper 45,200 RUB
Chartered Accountant 94,100 RUB
Corporate Treasurer 141,000 RUB
Financial Analyst 125,000 RUB
Financial Manager 199,000 RUB
Internal Auditor 95,800 RUB
Administrative Assistant 51,300 RUB
Office Manager 87,300 RUB
Receptionist 50,000 RUB
Secretary 45,900 RUB
Bank Branch Manager 182,000 RUB
Teller 37,700 RUB
Teacher 73,700 RUB
Translator 94,100 RUB
Cashier 37,500 RUB
Sales Manager 172,000 RUB
Sales Representative 63,400 RUB

Penutup

Daftar di atas adalah bukan gaji sebenarnya, melainkan gaji rata- rata yang biasanya diterima. Gaji TKI di Rusia untuk bidang- bidang tertentu cukup tinggi. Sehingga sangat potensial jika memang tertarik untuk bekerja di Russia. Gaji TKI di Rusia yang ditawarkan dimulai dari puluhan bahkan hingga ratusan juta perbulannya.

Semua itu bergantung dari jabatan. Semakin tinggi dan krusial jabatannya, maka gaji yang diterima akan semakin besar. Begitupun sebaliknya, Tidak hanya gaji TKI di Rusia yang ditawarkan tinggi, alasan lainnya mengapa para pekerja Indonesia tertarik untuk bekerja di Rusia. Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Rusia untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.