Gaji TKI Di Qatar

gaji tki di qatar

Gaji TKI di Qatar adalah salah satu topik yang banyak dibicarakan. Hal ini karena Gaji TKI di Qatar cukup memuaskan bagi para pekerja, khususnya bagi para pekerja Indonesia. Para pekerja Indonesia memiliki antusias yang cukup tinggi untuk bekerja di Qatar.

Alasan terbesar dari mereka adalah karena Gaji TKI di Qatar yang ditawarkan cukup besar bagi pekerja Indonesia. Gaji TKI di Qatar bisa dibilang cukup tinggi untuk wilayah timur tengah.hal ini dibuktikan dengan negara tersebut yang menempati urutan ke 2 di dunia untuk pendapatan per kapita.

Kondisi ini yang memang menyebabkan gaji TKI di Qatar menjadi yang paling tinggi untuk wilayah timur tengah. Para pekerja Indonesia yang bekerja di Qatar  beranggapan bahwa dengan bekerja di Qatar. Kondisi ekonomi mereka di Indonesia mampu membaik seiring dengan gaji TKI di Qatar yang mereka dapatkan tiap bulannya.

Untuk menjadi seorang pekerja di luar negeri, tidak hanya memikirkan besar kecilnya gaji saja (khususnya untuk gaji TKI di Qatar), akan tetapi mereka juga harus mengadaptasi diri terhadap budaya Qatar. Mereka tentunya bisa mnegambil apa yang baik dan harus membuang yang buruknya.

Selain gaji TKI di Qatar yang ditawarkan cukuplah tinggi, semua itu akan bergantung pada kinerja, profesi dan jabatan di pekerja. Jika memang pekerja tersebut memiliki kompetensi yang bagus dan kinerja yang bagus juga, maka bukan hal yang tidak mungkin jika nantinya gaji TKI di Qatar yang mereka akan terima besar.

Namun hal sebaliknya juga bisa saja terjadi. Ketika kompetensi dan kinerja di pekerja rendah, maka gaji TKI di Qatar yang akan mereka terima juga rendah. Dalam artikel ini akan diulas mengenai seberapa besar gaji TKI di Qatar yang akan diterima oleh para pekerja Indonesia Simak ulasannya berikut!

Profil Qatar

gaji tki di qatar
Profil Qatar

Daulah Qatar adalah sebuah negara emirat berdaulat di semenanjung kecil Jazirah Arab, Timur Tengah. Satu-satunya perbatasan darat yang Qatar miliki berada di selatan dengan negara Arab Saudi. Perbatasan lain berupa perairan yakni di Teluk Persia. Teluk Persia jugalah yang memisahkan Qatar dengan negara pulau Bahrain.

Baca juga : Gaji TKI di Vietnam

Qatar menduduki peringkat pertama negara terkaya di dunia dengan PDB atas dasar paritas daya beli (PPP) yang mencapai US$132.886. Batas-batas wilayah Qatar: Utara: Teluk Persia,Selatan: Arab Saudi,Barat: Teluk Persia,Timur: Teluk Persia

Bahasa Resmi Qatar

Bahasa Bahasa Arab adalah bahasa resmi yang diakui oleh Qatar. Bahasa Arab tersebut biasanya diucapkan dengan dialek lokal Qatar. Bahasa Isyarat Qatar adalah bahasa komunitas tuna rungu Qatar. Bahasa Inggris umumnya dipakai sebagai bahasa kedua terutama dalam perdagangan.

Selain bahasa Inggris, terdapat bahasa lain yaitu bahasa Persia, Baluchi, Brahui, Hindi, Malayalam, Urdu, Pashto, Kannada, Tamil, Telugu, Nepali, Sinhala, Bengali, Tagalog, dan bahasa Indonesia.

Letak Astronomis Qatar

Semenanjung Qatar menjorok 160 kilometer ke Teluk Persia di sebelah utara Arab Saudi. Letak astronomis negara Qatar adalah di antara 24°LU hingga 27°LU dan 50°BT hingga 52°BT. Luas wilayah negara Qatar adalah 11.571 km². Sebagian besar negara terdiri dari dataran rendah yang tandus dan tertutup pasir.

Di bagian tenggara terdapat Khor al Adaid yaitu sebuah area perbukitan pasir di Qatar yang mengelilingi Teluk Persia. Meski begitu, Qatar memiliki cadangan minyak, gas, dan petrokimia yang sangat besar.

Fakta Menarik Mengenai Qatar

gaji tki di qatar
Fakta Menarik Qatar

Sebelum melihat gaji TKI di Qatar alangkah baiknya untuk mengetahui seluk beluk budaya yang ada di Qatar. Jika Anda  berminat bekerja sebagai TKI di Qatar, maka ketahui beberapa fakta sebagai berikut:

  • Di negara Qatar tidak ada istilah pajak penghasilan dan Anda akan mendapatkan gaji full tanpa potongan apapun
  • Menariknya di negara Qatar memiliki beban kerja yang relatif sangat santai. Bahkan untuk jatah cuti setiap tahunnya sangat banyak bisa mencapai 24 hari
  • Jika Anda beruntung maka bisa memperoleh tunjangan rumah. Terlebih rumah yang disediakan bukanlah rumah kosong dan berdebu namun sudah rapi dan full furniture
  • Banyak sekali masyarakat Qatar sampai bingung untuk menghabiskan uangnya karena gaji di negara tersebut sangat tinggi.

Biaya Hidup di Qatar

Pengeluaran seorang ekspatriat di Qatar akan bervariasi, tergantung gaya hidup yang dijalaninya masing-masing. Untuk gaji TKI di Qatar, memiliki besaran yang berbeda tergantung bidang pekerjaan. Disebutkan bahwa upah minimum di Qatar dalam satu bulan sebesar QR (Qatari Riyal) 1000 atau Rp3,9 juta, tetapi kebanyakan gaji di sana lebih dari itu.

Di samping upah minimun, para pengusaha di Qatar pun akan memberikan tunjungan sebesar QR300 atau Rp1,1 juta untuk makanan dan QR500 atau Rp1,9 juta untuk perumahan. Biaya sewa di Qatar cukup bervariasi tergantung tempat dan fasilitas yang tersedia di sebuah apartemen.

Sebuah apartemen dengan satu kamar di pusat kota, memiliki rentang harga rata-rata sebesar Rp23,4 juta untuk satu bulan. Harga tersebut akan jauh lebih mahal lagi jika mendiami property lebih mewah dengan fasilitas lebih lengkap, Apalagi jika memutuskan untuk membeli property di Qatar, harganya jauh lebih fantastis mahal.

Kemudian untuk biaya utilitas seperti listrik, gas, dan air, sebagian disubsidi oleh pemerintah Qatar dengan rata-rata biaya yang dikeluarkan sebesar QR250 atau Rp977,5 ribu dalam sebulan. Biaya pengeluaran untuk utilitas rumah akan naik apabila di musim panas yang banyak mengandalkan AC untuk mendinginkan udara.

Lalu untuk kebutuhan telekomunikasi, Qatar ternyata memiliki biaya yang cukup mahal disbanding negara lainnya. Sebuah provider telepon seluler akan memberikan paket sekitar Rp391,01 ribu hingga Rp1,9 juta per bulan.

Alasan Pekerja Indonesia Bekerja di Qatar

Alasan utama Warna Negara Indonesia memilih bekerja di Qatar salah satunya karena gaji TKI di Qatar cukup besar. Dengan gaji TKI di Qatar yang lebih tinggi mampu menarik perhatian WNI terlebih Negara di Timur Tengah memiliki sumber daya melimpah untuk menggaji pekerjanya dengan bayaran tinggi.

Baca juga :  Gaji TKI di Yordania

Gaji yang ditawarkan sangat menggiurkan bagi sebagian besar WNI sehingga membuatnya mengadu nasib di negara tersebut. Pilihan bekerja di luar negeri mampu mencukupi kebutuhan ekonomi keluarga yang ada di Indonesia.

Gaji TKI di Qatar

gaji tki di qatar
Gaji TKI di Qatar

Para pekerja Indonesia yang bekerja di Qatar akan mendapatkan gaji perbulan yang kemudian akan disebut dengan gaji TKI di Qatar. Berikut adala daftar gaji TKI di Qatar yang bisa Anda jadikan referensi dan pertimbangan :

Profesi/Jabatan Gaji TKI di Qatar/bulan
Accounting Assistant 7,970 QAR
Accounting Manager 23,300 QAR
Bookkeeper 7,180 QAR
Chartered Accountant 13,300 QAR
Corporate Treasurer 19,500 QAR
Financial Analyst 20,100 QAR
Financial Manager 29,500 QAR
Internal Auditor 13,800 QAR
Administrative Assistant 8,260 QAR
Office Manager 13,500 QAR
Receptionist 6,940 QAR
Secretary 7,030 QAR
Mechanic 5,880 QAR
Service Advisor 10,300 QAR
Civil Engineer 14,700 QAR
Construction Project Manager 25,400 QAR
Health and Safety Officer 6,750 QAR
Chief Executive Officer 35,300 QAR
Chief Financial Officer 31,600 QAR
General Manager 27,700 QAR
Project Manager 17,500 QAR

Penutup

Gaji TKI di Qatar yakni kisaran Rp 15.711.987 per bulan untuk penghasilan minimumnya. Sementara itu untuk gaji maksimumnya rata-rata Rp 277.037.556 per bulan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pekerjaan yang digelutinya. Gaji TKI di Qatar yang didapatkan tinggi jika jabatan dan profesi yang disandangnya tinggi, begitupun sebaliknya.

Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Qatar untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir. Dengan mengetahui informasi tersebut, tentu saja bisa menjadi salah satu acuan anda dalam memilih profesi kerjaan di negara qatar.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.