Gaji TKI Di Myanmar

gaji tki di myanmar

Myanmar adalah salah satu negara yang berkebang di asia tenggara. Negara ini saat ini sedang menghadapi konflik berapa kudeta pemimpin negara. Secara tidak langsung, tentunya kondisi ini akan berdampak pada kondisi perekonomian negara Myanmar. Salah satunya akan berdampak pemberian gaji TKI di Myanmar.

Biasanya jika sedang terjadi konflik seperti ini, negara akan mengalami krisis moneter yang mengakibatkan terjadinya kendala dalam pemberian gaji TKI di Myanmar. Sebagai negara yang berkembang, Myanmar sudah sedikit besar untuk pemberian gaji TKI di Myanmar dibandingkan dengan di Indonesia.

Jika kondisi normal, setiap bulannya, para pekerja di Myanmar bisa meraup gaji TKI di Myanmar dari jutaan bahkan ratusan juta untuk posisi tertentu. Jelas. Seperti halnya negara lain, gaji TKI di Myanmar akan diberikan tinggi jika posisi dan jabatan yang demban tinggi juga.

Namun sebaliknya, jika posisi dan jabatan yang diemban cukup rendah, maka gaji TKI di Myanmar yang akan diterima juga rendah.Para pekerja Indonesia yang bekerja di Myanmar  beranggapan bahwa dengan bekerja di Myanmar, kondisi ekonomi di Indonesia mampu membaik seiring dengan gaji TKI di Myanmar yang mereka dapatkan tiap bulannya.

Untuk menjadi seorang pekerja di luar negeri, tidak hanya memikirkan besar kecilnya gaji saja (khususnya untuk gaji TKI di Myanmar), akan tetapi mereka juga harus mengadaptasi diri terhadap budaya Myanmar. Mereka tentunya bisa mnegambil apa yang baik dan harus membuang yang buruknya.

Dalam artikel ini akan diulas mengenai seberapa besar gaji TKI di Myanmar yang akan diterima oleh para pekerja Indonesia. Dan apakah memang benar cukup besar gaji TKI di Myanmar. bagi seorang warga Indonesia dengan disandingkan biaya hidup di Myanmar? Simak ulasannya berikut!

Profil Myanmar

gaji tki di myanmar
Profil Myanmar

Negara Myanmar adalah negara paling barat di kawasan Asia Tenggara saat ini. Myanmar juga merupakan anggota ASEAN, salah organisasi regional di Asia. Burma adalah nama lain negara ini. Nama negara tersebut secara resmi diubah dari Burma ke Myanmar oleh rezim militer pada tanggal 18 Juni 1989. Penggantian nama itu masih diperdebatkan.

Baca juga : Gaji TKI di Rusia

Banyak kelompok masih menggunakan Burma karena mereka tidak mengakui keabsahan pemerintahan militer Myanmar yang berkuasa atau otoritasnya untuk mengganti nama negara. Pada April 2016, Aung San Suu Kyi menjawab pertanyaan tentang nama mana yang harus digunakan untuk merujuk negara itu.

“Terserah Anda, karena tidak ada dalam konstitusi negara kita yang mengatakan bahwa Anda harus menggunakan istilah yang mana.”

Bentuk Pemerintahan

Bentuk pemerintahan negara Myanmar adalah republik. Kini, Presiden Myanmar dijabat oleh Win Myint dan Penasihat Negara Myanmar dijabat oleh Aung San Suu Kyi. Keduanya dari National League for Democracy. Secara de jure, kepala pemerintahan negara Myanmar adalah presiden.

Sedangkan secara de facto, kepala pemerintahan adalah Penasihat Negara. Mata uang negara Myanmar adalah kyat. Batas-batas wilayah Myanmar: Utara: Republik Rakyat Tiongkok,Selatan: Malaysia,Barat: India dan Bangladesh,Timur: Thailand dan Laos.

Keadaan Penduduk

Keadaan penduduk Myanmar pada tahun 2020 sekitar 62.531.000 jiwa dengan kepadatan 70 jiwa/km². Penduduk Myanmar terrier dari beberapa kelompok etnis. Kelompok terbesar adalah etnis Burma turunan Tibet–Burma sebagai pewaris bangsa-bangsa Pyus dan Mon yang menempati wilayah di sektar sunga Irawadi.

Penduduk Myanmar bekerja di sektor pertanian meliputi pertanian sawah, tegalan, perkebunan, ladang. Etnis Kelompok etnik terbesar yang mendiami negara Myanmar adalah: Bamar/Birma: Dua pertiga populasi Myanmar. Beragama Buddha dan mendiami sebagian besar wilayah negara kecuali pedesaan.Karen: Suku bangsa beragama Buddha, Kristen, atau perpaduannya.

Memperjuangkan otonomi selama lebih dari 60 tahun. Menghuni pegunungan di sekitar perbatasan dengan Thailand. Kayah: Etnis beragama Buddha yang berkerabat dekat dengan etnis Thai.Arakan: Nama lain dari etnis Rakhine. Agama Buddha mendominasi etnis tersebut.

Etnis Arakan mendiami wilayah perbukitan di Myanmar barat.Mon: Etnis beragama Buddha yang menghuni kawasan selatan di sekitar perbatasannya dengan Thailand. Kachin: Kebanyakan beragama Kristen. Mereka tersebar hingga ke Tiongkok dan India.Chin: Kebanyakan etnis Chin beragama Kristen dan menghuni wilayah di dekat perbatasan negara itu dengan India.

Rohingya: Etnis non Burma lain yang beragama Islam dan tinggal di utara Rakhine.

Bahasa

Bahasa yang digunakan oleh penduduk Myanmar adalah Birma, Penduduk Myanmar berasal dari multietnis dengan berbagai ragam budaya dan bahasa daerahnya. Namun yang digunakan sebagai bahasa nasional adalah bahasa Myanmar. Mayoritas masyarakat Myanmar adalah penganut agama Buddha yang taat. Selain itu juga masih memegang teguh adat dan tradisi.

Biaya Hidup di Myanmar

gaji tki di myanmar
Restaurant di Myanmar

Biaya hidup-biaya sewa:

Di salah satu kawasan lama Yangon, Myanmar, biaya sewa cukup tinggi. Di daerah kota yang lebih tua seperti Pusat Kota, biaya sewa berkisar mulai $1000. Biaya sewa di area kota yang baru dibangun berkisar antara $800-$1300.

Baca juga : Gaji TKI di Selandia

Di area ini, Anda juga akan memiliki akses ke gym dan aktivitas rekreasi lainnya seperti golf, kolam renang, dll. Di beberapa area, mereka mungkin juga meminta sewa di muka.

Biaya utilitas listrik dan air:

Ada banyak pemadaman listrik di kota. Ini berarti tidak ada listrik di kota selama berjam-jam. Namun, di ruang tamu mewah, ada generator listrik. Tagihan listrik dan air berkisar antara $90-$120, kisaran harga yang tinggi disebabkan oleh ketersediaan sistem pendingin udara.

Biaya Internet:

Layanan internet dan jaringan seluler di Myanmar telah meningkat pesat selama bertahun-tahun. Internet cepat yang bagus sangat mahal di Myanmar. Ada paket berbeda yang tersedia misalnya untuk 128GB Internet mereka akan mengenakan biaya sekitar $400. Jaringan telepon seluler dapat diandalkan dengan beberapa paket murah yang tersedia untuk digunakan.

Makan di luar:

Makan di Myanmar juga sangat mahal. Ada masakan nasional dan internasional untuk dipilih seperti makanan Jepang, Italia, dan India. Makan di restoran murah yang ramah anggaran akan dikenakan biaya sekitar $20-$30 per makanan. Padahal, makan di restoran fine dining akan dikenakan biaya sekitar $100-$150.

Terakhir, ada juga pilihan untuk makan makanan jalanan yang akan dikenakan biaya $2 per makanan. Makanan jalanan bisa menjadi tidak higienis akan tetapi pemerintah berusaha mendidik tentang pentingnya kebersihan.

Biaya transportasi:

Untuk berpindah dari satu titik ke titik lain, Anda dapat memanggil taksi dengan biaya sekitar $8-$10 per hari tergantung pada rute yang Anda ambil. Aplikasi juga dapat digunakan untuk memesan taksi. Moda transportasi umum lainnya dapat melalui bus yang akan sangat murah dan akan dikenakan biaya satu dolar atau kurang per hari.

Namun, ada kendala untuk perjalanan yang lebih murah, busnya penuh sesak dan mungkin tidak senyaman taksi. Maskapai penerbangan yang beroperasi di Myanmar sangat mahal. Kereta juga merupakan moda transportasi yang tersedia tetapi dapat melelahkan Anda dengan kecepatannya yang lambat. Sepeda motor tidak diperbolehkan di dalam kota demi keselamatan orang-orang di jalanan.

Persentasi Kenaikan Gaji Tahunan Rata-rata di Myanmar

Karyawan di Myanmar cenderung mengamati kenaikan gaji sekitar 8% setiap 18 bulan. Istilah ‘Kenaikan Gaji Tahunan’ biasanya mengacu pada kenaikan dalam periode 12 bulan kalender. Namun karena jarang sekali orang mendapatkan gaji mereka ditinjau tepat pada tanda satu tahun, lebih berarti mengetahui frekuensi dan tarif pada saat itu. dari peningkatan tersebut.

Syarat Menjadi TKI di Myanmar

Berikut persyaratan umum yang diwajibkan:

  • KK (Kartu Keluarga)
  • Kartu Tanda Penduduk
  • Ijazah terakhir
  • Surat izin tertulis keluarga
  • Akta kelahiran

Setelah semua persyaratan selesai, barulah Anda mendaftarkannya. Setelah mendaftar, Anda akan diminta untuk mengisi formulir oleh pihak PJTKI. Menurut aturan perundang-undangan tentang penempatan dan perlindungan TKI Nomor 39 Tahun 2004, dan peraturan turunan lainya seperti peraturan Kemnakertrans dan BNP2TKI, sebelum menentukan pilihan PJTKI.

BMI (Buruh Migran Indonesia) perlu tahu landasan hukum yang mengatur tentang penempatan BMI ke luar negeri. Hal ini penting, agar BMI tahu bagaimana kekuatan hukum BMI.

Gaji TKI di Myanmar

gaji tki di myanmar
Gaji TKI di Myanmar

Para pekerja Indonesia yang bekerja di Myanmar akan mendapatkan gaji perbulan yang kemudian akan disebut dengan gaji TKI di Myanmar. Berikut adala daftar gaji TKI di Myanmar yang bisa Anda jadikan referensi dan pertimbangan :

Baca juga : Gaji TKI di Taiwan

Profesi/Jabatan Gaji TKI di Myanmar
Accountant 356,000 MMK
Accounting Assistant 293,000 MMK
Accounting Manager 810,000 MMK
Bookkeeper 255,000 MMK
Chartered Accountant 488,000 MMK
Corporate Treasurer 762,000 MMK
Financial Analyst 672,000 MMK
Financial Manager 1,060,000 MMK
Internal Auditor 521,000 MMK
Administrative Assistant 277,000 MMK
Office Manager 470,000 MMK
Receptionist 194,000 MMK
Secretary 241,000 MMK
Art Director 518,000 MMK
Creative Director 537,000 MMK
Graphic Designer 355,000 MMK
Photographer 312,000 MMK
Aerospace Engineer 708,000 MMK
Air Traffic Controller 577,000 MMK
Flight Attendant 355,000 MMK
Pilot 925,000 MMK
Architect 635,000 MMK
CAD Drafter 268,000 MMK
Mechanic 199,000 MMK
Service Advisor 365,000 MMK
Bank Branch Manager 980,000 MMK
Teller 203,000 MMK
Teacher 394,000 MMK
Translator 488,000 MMK
Business Analyst 700,000 MMK
Business Development Manager 854,000 MMK
Project Manager 608,000 MMK
Nanny 216,000 MMK
Nursery Teacher 212,000 MMK
Civil Engineer 514,000 MMK
Construction Project Manager 913,000 MMK
Health and Safety Officer 236,000 MMK
Call Center Representative 208,000 MMK
Customer Service Manager 700,000 MMK
Customer Service Representative 204,000 MMK
Electrical Engineer 518,000 MMK
Engineer 496,000 MMK
Mechanical Engineer 511,000 MMK
Chief Executive Officer 1,200,000 MMK
Chief Financial Officer 1,160,000 MMK
General Manager 908,000 MMK
Chef 327,000 MMK
Executive Chef 377,000 MMK
Hotel Manager 965,000 MMK
Travel Agent 347,000 MMK
Waiter / Waitress 165,000 MMK
Dentist 1,290,000 MMK
Dietitian 1,070,000 MMK
Laboratory Technician 405,000 MMK
Nurse 410,000 MMK
Human Resources Manager 810,000 MMK
Human Resources Officer 322,000 MMK
Computer Technician 414,000 MMK
Database Administrator 521,000 MMK
Developer / Programmer 546,000 MMK
Information Technology Manager 924,000 MMK
Network Engineer 472,000 MMK
Police Officer 338,000 MMK
Attorney 1,030,000 MMK
Legal Assistant 290,000 MMK
Journalist 610,000 MMK
Biomedical Engineer 454,000 MMK
Pharmacist 700,000 MMK
Cashier 195,000 MMK
Sales Manager 936,000 MMK
Sales Representative 334,000 MMK
Elementary School Teacher 382,000 MMK
Secondary School Teacher 446,000 MMK

Penutup

Gaji TKI di Myanmar sangat beragam untuk per bulan sebagai penghasilan minimumnya. Sementara itu untuk gaji maksimumnya juga beragam per bulan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan pekerjaan yang digelutinya. Gaji TKI di Myanmar yang didapatkan tinggi jika jabatan dan profesi yang disandangnya tinggi, begitupun sebaliknya.

Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Myanmar untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir. Selain itu, bisa menjadi salah satu refrensi anda untuk mencari suatu pekerjaan yang mendapatkan gaji besar.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.