Gaji TKI Di Malaysia

gaji tki di malaysia

Malaysia adalah salah satu negara di kawasan asia tenggara. Malaysia menjadi salah satu destinasi yang banyak dituju oleh para pekerja Indonesia yang ingin merantau ke luar negeri. Selain karena memang jaraknya yang dekat dengan Indonesia juga karena gaji TKI di Malaysia lebih besar dibandingkan bekerja di Indonesia.

Hal ini menjadikan para pekerja Indoenesia yang kemudian memilih untuk menyimpan gaji TKI di Malaysia sebagai tabungan investasi atau tabungan simpanan hari tua. Dari beberapa sumber yang berhasil kami himpun, gaji TKI di Malaysia cukup berperan dalam upaya memperbaiki tingkat ekonomi masyarakat Indonesia.

Hal ini karena gaji TKI di Malaysia dianggap menjadi solusi praktis bagi mereka yang memang membutuhkan uang. Menjadi seorang pekerja di negeri orang, bukanlah hal yang mudah. Meskipun gaji TKI di Malaysia lebih besar dari Indonesia, namun sebagai warga Indonesia mereka harus mampu menyesuaikan kultur yang ada di Malaysia, secara historis, Malaysia dan Indonesia masih satu rumpun melayu.

Menjadi seorang TKI juga harus mampu menjaga marwah nama Indonesia di negara tempat ia bekerja. Jangan karena gaji TKI di Malaysia tinggi, namun malah melupakan jati diri dan marwah bangsa Indonesia. Besar kecilnya gaji TKI di Malaysia tentu sangat bergantung pada jabatan, kinerja dan pendidikan yang ditenpuh si pekerja.

Gaji TKI di Malaysia akan diterima besar jika memang si pekerja memiliki kompetensi yang baik juga.Namun sebaliknya, gaji TKI di Malaysia akan diterima kecil, jika si pekerja memilki  kompetensi yang rendah dan kurang baik. Dalam artikel ini akan diulas mengenai seberapa besar gaji TKI di Malaysia yang akan diterima oleh para pekerja Indonesia.

Profil Malaysia

gaji tki di malaysia
Profil Malaysia

Malaysia adalah sebuah negara monarki konstitusional federal yang terletak di Asia Tenggara. Kepala Negara Malaysia adalah Yang di-Pertuan Agong yang digilirkan setiap lima tahun diantara sembilan Sultan Negeri Melayu. Kesembilan Sultan Negeri Melayu yang dapat dipilih menjadi Yang di-Pertuan Agong maupun memilih Yang di-Pertuan Agong adalah Sultan Johor, Sultan Kedah, Sultan Kelantan.

Yang Dipertuan Besar Negeri Sembilan, Sultan Pahang, Sultan Perak, Raja Perlis, Sultan Selangor dan Sultan Terengganu. Sedangkan kepala pemerintahan Malaysia adalah seorang Perdana Menteri yang dipilih melalui Pemilihan Umum yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali.

Baca juga : Gaji TKI di Qatar

Secara Administratif, Malaysia yang merupakan negara berbentuk federasi ini terbagi atas 13 Negara Bagian dan 3 Wilayah Persekutuan.

Kondisi Geografis

Malaysia yang memiliki luas wilayah sebesar 329.847 km2 ini terpisah menjadi dua kawasan oleh Laut Tiongkok Selatan yaitu Malaysia Barat yang berada di semenanjung Malaysia benua Asia dan Malaysia Timur. Di Malaysia Barat, Malaysia berbatasan darat dengan Thailand di sebelah utaranya, sedangkan di sebelah barat adalah selat Malaka dan sebelah timur adalah laut Tiongkok Selatan.

Di Selatan Malaysia Barat adalah Singapura yang dipisahkan oleh selat Johor. Di Malaysia Timur, Malaysia berbatasan dengan Brunei Darussalam di sebelah Utaranya sedangkan di sebelah Selatan adalah Indonesia.

Sebelah Timur Malaysia Timur adalah Laut Sulu dan Laut Sulawesi, sebelah utaranya adalah laut Tiongkok Selatan. Ibukota Malaysia adalah Kuala Lumpur sedangkan Putrajaya merupakan pusat pemerintahan persekutuan.

Data Statistik

gaji tki di malaysia
Jumlah Penduduk Malaysia

Jumlah penduduk Malaysia sebanyak 33.519.406 jiwa yang mayoritas penduduknya adalah beragama Islam (61,3%). Bahasa Malaysia yang pada dasarnya berasal dari Bahasa Melayu adalah bahasa resmi negara Malaysia. Bumiputera merupakan suku terbesar di Malaysia yaitu sebanyak 62% sedangkan suku lainnya seperti Tionghoa sebanyak 20,6% dan suku India sebanyak 6,2%.

Hubungan luar negeri, Malaysia merupakan salah satu negera pendiri ASEAN. Malaysia juga merupakan negara anggota APEC, PBB, OKI dan lembaga-lembaga dibawah PBB lainnya. Malaysia merupakan negara penghasil Karet dan Minyak Sawit Terbesar di dunia.

Baca juga : Gaji TKI di Qatar

Pendapatan Domestik Bruto Malaysia pada tahun 2019 berdasarkan Paritas Daya Beli adalah sebesar US$ 906,239 miliar. Sedangkan Pendapatan Perkapita Malaysia adalah sebesar US$ 28.364,-. Komoditas Agrikultur utama yang dihasilkan oleh Malaysia diantaranya adalah Minyak Sawit, Karet, Kakao, Beras dan Kayu.

Di Perindustrian, beberapa Industri penting Malaysia diantaranya seperti pengolah minyak sawit dan karet, perminyakan dan gas bumi, farmasi dan produk-produk elektronika.

Syarat Menjadi TKI di Malaysia

  • Memiliki paspor Indonesia yang masih berlaku.
  • Berumur 18 – 38 tahun. TKI PLRT berumur 21 – 45 tahun.
  • Datang secara sah ke Malaysia melalui Pemerintah atau Perusahaan Pelaksana Penempatan TKI Swasta (PPTKIS-dulu PJTKI) yang terdaftar di DEPNAKER RI.
  • Menandatangani Kontrak Kerja dengan majikan.
  • Lulus pemeriksaan kesehatan (FOMEMA) dengan biaya RM180 (laki-laki) dan RM190 (wanita) yang ditanggung oleh majikan.
  • Memiliki work pass (permit kerja) yang diuruskan oleh majikan dan dikenakan bayaran per tahun (levy).
  • Memiliki/diuruskan kartu/Kad Pengenalan Pekerja Asing yang dikeluarkan oleh Pemerintah Malaysia.
  • Bekerja pada majikan yang nama dan alamatnya tercantum dalam Permit Kerja.
  • Diikutkan dalam program asuransi di Malaysia berdasarkan Workmen Compensation Act 1952.

Kewajiban TKI di Malaysia

  • Anda berkewajiban untuk melaporkan keberadaan Anda di Malaysia kepada Perwakilan RI di Malaysia. Hal tersebut dimaksudkan agar Perwakilan RI dapat memberikan bantuan dan perlindungan kepada WNI jika sekiranya terjadi masalah. Disamping itu, seorang WNI dapat kehilangan kewarganegaraannya apabila tidak melaporkan keberadaan dirinya kepada Perwakilan RI selama 5 tahun berturut-turut.
  • Apabila paspor anda disimpan oleh Perusahaan, berikut adalah hal yang harus anda lakukan :
  • Memiliki copy paspor yang dilengkapi surat keterangan majikan untuk disahkan oleh KBRI atau KJRI dan diberikan keterangan pindah alamat.
  • Menyimpan copy permit kerja (untuk mengingatkan majikan apabila permit akan habis masa berlakunya).
  • Dari pihak majikan : majikan harus membuatkan Kartu Pekerja (sebagai pengganti paspor).
  • Apabila hendak keluar dari lokasi kerja/ cuti, mintalah paspor kepada majikan.

Bagaimana Jika Anda Bermasalah dengan majikan?

  • Anda harus berunding dengan majikan/manajemen perusahaan untuk meminta penjelasan lebih lanjut.
  • Jika belum berhasil, laporkan permasalahan Anda kepada Jabatan Buruh Malaysia terdekat atau Perwakilan RI (KBRI atau KJRI).

Gaji TKI di Malaysia

gaji tki di malaysia
Gaji TKI di Malaysia

Para pekerja Indonesia yang bekerja di Malaysia akan mendapatkan gaji perbulan yang kemudian akan disebut dengan gaji TKI di Malaysia. Berikut adala daftar gaji TKI di Malaysia yang bisa Anda jadikan referensi dan pertimbangan :

Baca juga : Gaji TKI di Singapura

Profesi/Jabatan Gaji TKI di Malaysia
Accountant 4,550 MYR
Accounting Assistant 3,670 MYR
Accounting Manager 9,800 MYR
Bookkeeper 3,070 MYR
Chartered Accountant 5,820 MYR
Corporate Treasurer 9,180 MYR
Financial Analyst 8,840 MYR
Financial Manager 12,700 MYR
Art Director 6,670 MYR
Creative Director 6,730 MYR
Graphic Designer 4,070 MYR
Photographer 3,810 MYR
Aerospace Engineer 8,590 MYR
Air Traffic Controller 7,590 MYR
Flight Attendant 4,600 MYR
Pilot 10,900 MYR
Business Analyst 8,130 MYR
Business Development Manager 10,700 MYR
Project Manager 8,080 MYR
Nanny 2,660 MYR
Nursery Teacher 2,530 MYR
Call Center Representative 2,530 MYR
Customer Service Manager 8,820 MYR
Customer Service Representative 2,530 MYR
Computer Technician 5,180 MYR
Database Administrator 6,850 MYR
Developer / Programmer 6,760 MYR
Information Technology Manager 10,900 MYR
Network Engineer 5,750 MYR

Penutup

Menjadi TKI di luar negeri khusunya di Malaysia bukanlah perkara yang mudah. Semua akan bergantung pada diri kita sendiri dalam bagaimana berlaku dan menyesuaikan terkait dengan budaya setempat. Gaji TKI di Malaysia bisa dikatakan cukup besar dibandingkan dengan gaji di Indonesia sendiri, sehingga bukan hal yang tak mungkin banyak dari warga indonesia yang kemudian memutuskan untuk bekerja di Malaysia.

Besar kecilnya gaji TKI di Malaysia tentu sangat bergantung pada jabatan, kinerja dan pendidikan yang ditenpuh si pekerja. Gaji TKI di Malaysia akan diterima besar jika memang si pekerja memiliki kompetensi yang baik juga. Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Malaysia untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.