Gaji TKI Di Kuawit

gaji tki di kuawit

Anda ingin memiliki penghasilan yang besar? Menjadi seorang tenaga kerja Indonesia di luar negeri bisa menjadi solusinya. Salah satu negara yang bisa dituju sebagai tempat bekerja adalah Kuawit. Gaji TKI di Kuawit bisa dikatakan cukup tinggi. Sehingga hal ini tentunya bisa membantu keuangan Anda.

Meskipun gaji TKI di Kuawit cukup besar, akan tetapi tanggung jawabnya juga besar. Gaji TKI di Kuawit menurut para pekerja Indonesia cukup tinggi. Mereka beranggapan dengan bekerja sebagai TKI di Kuawit, gaji yang mereka terima tentulah lebih besar dibandingkan dengan mereka yang bekerja di Indonesia.

Pendapatan mereka akan naik jauh lebih besar dibandingkan bekerja di Indonesia. Kerja di luar negeri merupakan salah satu opsi yang bisa anda lakukan untuk memiliki pemasukan yang tinggi. Proses untuk menjadi seorang TKI tidaklah sulit, hanya saja si pekerja tersebut harus memenuhi pra syarat untuk masing- masing negara.

Gaji TKI di Kuawit akan dibayarkan setiap bulannya kepada para pekerja. Besaran gaji TKI di Kuawit ini akan sesuaikan dengan profesi si pekerja. Jika si pekerja tersebut memiliki posisi yang tinggi, maka gaji TKI di Kuawit yang dia peroleh akan tinggi juga. Begitupun sebaliknya, gaji TKI di Kuawit akan bernilai rendah jika posisi pekerja juga rendah.

Dalam artikel ini akan diulas mengenai seberapa besar gaji TKI di Kuawit yang akan diterima oleh para pekerja Indonesia. Dan apakah memang benar cukup besar gaji TKI di Kuawit. bagi seorang warga Indonesia dengan disandingkan biaya hidup di Polandia? Simak ulasannya berikut!

Profil Negara Kuawit

gaji tki di kuawit
Profil kuawit

Kuawit adalah sebuah negara monarki konstitusional yang terletak di pesisir teluk Persia, semenanjung Arab Timur Tengah. Negara yang kaya akan minyak ini berbatasan dengan Irak di sebelah utaranya dan Arab Saudi di sebelah selatannya. Secara astronomis, Kuwait terletak di antara 46⁰BT-49⁰BT dan 28⁰LU-31⁰LU.

Baca juga : Gaji TKI di Qatar

Pada tahun 1990, Kuwait diinvasi oleh negara tetangga yaitu Irak yang kemudian memicu Perang Teluk Persia pada tahun 1991. Koalisi PBB (negara-negara Arab dan Eropa) yang dipimpin oleh Amerika Serikat berhasil membebaskan Kuwait pada tanggal 27 Februari 1991. Invasi Irak tersebut mengakibatkan sebagian besar infrastruktur pertambangan minyak rusak sehingga Kuwait harus mengeluarkan sekitar US$ 5 miliar untuk memperbaikinya.

Kondisi Administratif Kuawit

Negara yang dalam bahasa Arab disebut dengan  Dawlat al Kuawit ini memiliki luas wilayah sebesar 17,818 km2 dengan jumlah penduduk sebanyak 2.993.706 jiwa (2020). Mayoritas penduduk Kuawit beragama Islam yaitu sebanyak 74,6%, sisanya beragama Kristen (18,2%) dan agama-agama lainnya (7%).

Agama Islam merupakan agama resmi Kuwait sedangkan bahasa resminya adalah bahasa Arab, namun bahasa Inggris juga digunakan secara luas di negara tersebut. Dari total keseluruhan penduduk Kuwait, etnis Kuwait hanya sekitar 30,4% sisanya adalah para imigran yang berasal dari negara lain (Etnis Arab 27,4%, etnis Asia 40,3%, etnis Afrika 1% dan etnis-etnis lainnya hingga 9%).

Kondisi Ekonomi Kuwait

Kuwait merupakan negara kaya dengan pendapatan per kapitanya mencapai US$ 65.800,- sedangkan pendapatan domestik bruto nominal (PDB) adalah sebesar US$ 289,7 miliar pada tahun 2017. Perekonomian Kuwait sangat tergantung pada industri perminyakan dan gas, petrokimia serta industri semen.

Kuawit merupakan salah satu penghasil minyak bumi terbesar di dunia dengan jumlah 2,562 juta barel per hari. Kuawit juga memiliki cadangan minyak terbanyak di dunia yaitu sebanyak 104 miliar barel (data 1 Januari 2016).

Sistem Pemerintahan Kuawit

Sistem Pemerintahan yang dianut oleh Kuwait adalah Monarki Konstitusional yaitu sistem pemerintahan yang kepala negaranya adalah seorang Sultan atau Raja yang dipilih seumur hidup oleh anggota keluargannya. Sedangkan kepala pemerintahannya adalah seorang perdana menteri yang ditunjuk oleh Emir.

Sebagai negara konstitusi, Kuwait juga memiliki badan legislatif yang disebut dengan Majelis Nasional. Majelis Nasional ini terdiri dari 65 kursi dengan masa jabatan 4 tahun. Ibukota Kuwait adalah Kuwait City.

Biaya Hidup di Kuawit

gaji tki di kuawit
Biaya hidup di Kuawit

Biaya hidup di Kuawit tergolong lumayan tinggi jika di bandingkan negara Indonesia apalagi saat ini dimana nilai tukar Rupiah terhadap Kuawit Dinar cukup tinggi. Tetapi sekali lagi bahwa biaya hidup di Kuwait sangat tergantung dengan bagaimana gaya hidup kita (life style). Murahnya harga bahan bakar mobil dan tidak adanya pajak menjadi kelebihan tersendiri bagi orang yang tinggal di Kuwait.

Akomodasi

Beberapa perusahaan mungkin akan memberikan akomodasi gratis. Kalau tidak maka anda harus menyewa flat. Biaya akomodasi tergantung pada fasilitas yang ditawarkan dan lokasi. Saat ini, sebuah flat kamar tidur dengan dua kamar tidur unfurnish di Salmiya sekitar KD 350 lebih sedangkan di daerah mangaf berkisar KD 320 atau lebih.

Baca juga : Gaji TKI di Polandia

Untuk satu bedroom unfurnish berada di sekitaran KD 230. biasanya biaya utility (air dan listrik) sudah termasuk dalam harga rental tersebut. Sedangkan untuk tinggal di Villa (Rumah Kuwait) untuk bulanannya berkisar 450 KD ke atas.

Transportasi

Untuk transportasi di Kuwait jika anda tidak memiliki kendaraan pribadi maka anda bisa menggunakan taxi atau Bis umum. Unutk taxi sendiri walaupun memiliki meter tapi hampir semua taxi di Kuwait akan meminta harga sekali jalan. Biasanya untuk jarak sekitar 30 KM mereka akan meminta sekitar KD 3 atau lebih.

Untuk jarak dekat sekitar 1 sd 3 KM mereka meminta bayaran sekitar 0.5 KD. Beberapa orang menggunakan taxi langganan yang tentunya lebih murah untuk transportasi kekantor. Biasanya jarak sekitar 15 KM mereka meminta 30KD sebulan.

Komunikasi

Untuk biaya komunikasi, kebanyakan orang memilih untuk melakukan komunikasi dengan menggunakan Whatsapp atau sejenisnya karena dengan itu anda akan bisa melakukan komunikasi hanya dengan bayaran internet bulanan bahkan untuk melakukan komunikasi Internasional. Untuk internet High Speed 4G sebulannya berkisar 10 KD.

Syarat Menjadi TKI

Sebelum mendaftar, siapkan sejumlah dokumen penting. Dokumen-dokumen itu adalah;

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)
  • ijazah pendidikan terakhir
  • akte kelahiran atau surat keterangan kenal lahir
  • surat keterangan status perkawinan (bagi yang telah menikah lampirkan foto copy buku nikah)
  • surat keterangan izin suami atau istri (termasuk izin orangtua atau wali)
  • sertifikat kompetensi kerja
  • surat keterangan sehat berdasarkan hasil pemeriksaan kesehatan dan psikologi
  • paspor yang diterbitkan oleh Kantor Imigrasi setempat
  • visa kerja
  • perjanjian penempatan TKI
  • perjanjian kerja
  • Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN).

Jika Anda berminat bekerja di luar negeri, ada beberapa tempat yang bisa memberi informasi tentangnya, yaitu:

  • Kantor Dinas Ketenagakerjaandi kabupaten/kota Anda;
  • Bursa Kerja Luar Negeri (BLKN) di kabupaten/kota Anda;
  • Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS);
  • Kelompok Berlatih Calon TKI Berbasis Masyarakat di kabupaten/kota Anda.

Biaya Pelatihan Kerja

Pada biaya yang digunakan untuk pelatihan kerja biasanya tergantung dari pihak LPK yang telah dipilih. Terdapat program magang tanpa tes ataupun seleksi. Biaya pelatihan ini kisarannya mulai dari Rp 20 juta sampai Rp 30 jutaan. Anda  bisa mengetahui informasi biaya ini di LPK yang diikuti.

Biaya Proses ke Kuawit

Untuk mendapatkan gaji TKI dan TKW di Kuawit maka perlu mengeluarkan biaya yang lain saat proses keberangkatan. Biaya tersebut meliputi proses ke Kuawit Visa Shuro atau visa kerja. Biasanya untuk perjanjian dalam waktu 5 tahun akan memakan biaya sebesar Rp 60 jutaan dengan pembayaran sistem potong gaji.

Biaya tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu.

Gaji TKI di Kuawit

gaji tki di kuawit
Gaji TKI di Kuawit

Berikut adalah daftar gaji TKI Kuawit untuk beberapa profesi yang bisa Anda lihat pada tabel berikut :

Baca juga : Gaji TKI di Singapura

Pekerjaan Gaji TKI di Kuawit
Accounting and Finance
Accountant 910 KWD
Accounting Assistant 730 KWD
Accounting Manager 1,880 KWD
Bookkeeper 620 KWD
Chartered Accountant 1,180 KWD
Corporate Treasurer 1,730 KWD
Financial Analyst 1,730 KWD
Financial Manager 2,460 KWD
Internal Auditor 1,220 KWD
Administration / Reception / Secretarial
Administrative Assistant 710 KWD
Office Manager 1,180 KWD
Receptionist 610 KWD
Secretary 580 KWD
Advertising / Grapic Design / Events
Art Director 1,260 KWD
Creative Director 1,270 KWD
Graphic Designer 790 KWD
Photographer 710 KWD
Airlines / Aviation / Aerospace / Defense
Aerospace Engineer 1,620 KWD
Air Traffic Controller 1,420 KWD
Flight Attendant 870 KWD
Pilot 2,130 KWD
Architecture
Architect 1,620 KWD
CAD Drafter 660 KWD
Automotive
Mechanic 480 KWD
Service Advisor 910 KWD
Banking
Bank Branch Manager 2,350 KWD
Teller 510 KWD
Bilingual
Teacher 990 KWD
Translator 1,180 KWD
Business Planning
Business Analyst 1,640 KWD
Business Development Manager 2,020 KWD
Project Manager 1,570 KWD
Care Giving and Child Care
Nanny 550 KWD
Nursery Teacher 500 KWD
Construction / Building / Installation
Civil Engineer 1,150 KWD
Construction Project Manager 2,110 KWD
Health and Safety Officer 560 KWD
Customer Service and Call Center
Call Center Representative 500 KWD
Customer Service Manager 1,690 KWD
Customer Service Representative 480 KWD
Engineering
Civil Engineer 1,180 KWD
Electrical Engineer 1,310 KWD
Engineer 1,180 KWD
Mechanical Engineer 1,220 KWD
Executive and Management
Chief Executive Officer 2,880 KWD
Chief Financial Officer 2,660 KWD
General Manager 2,190 KWD
Project Manager 1,520 KWD
Food / Hospitality / Tourism / Catering
Chef 810 KWD
Executive Chef 960 KWD
Hotel Manager 2,400 KWD
Receptionist 510 KWD
Travel Agent 810 KWD
Waiter / Waitress 410 KWD
Health and Medical
Dentist 3,120 KWD
Dietitian 2,580 KWD
Laboratory Technician 960 KWD
Nurse 1,040 KWD
Human Resources
Human Resources Manager 1,980 KWD
Human Resources Officer 760 KWD
Information Technology
Computer Technician 980 KWD
Database Administrator 1,340 KWD
Developer / Programmer 1,260 KWD
Information Technology Manager 2,190 KWD
Network Engineer 1,090 KWD
Law Enforcement / Security / Fire
Police Officer 790 KWD
Legal
Attorney 2,650 KWD
Legal Assistant 650 KWD
Media / Broadcasting / Arts / Entertainment
Journalist 1,510 KWD
Pharmaceutical and Biotechnology
Biomedical Engineer 1,080 KWD
Pharmacist 1,730 KWD
Sales Retail and Wholesale
Cashier 480 KWD
Sales Manager 2,150 KWD
Sales Representative 820 KWD
Teaching / Education
Elementary School Teacher 920 KWD
Secondary School Teacher 1,050 KWD

Penutup

Menurut beberapa sumber yang kami kumpulkan, para pekerja Indonesia yang di Kuawit sebagian besar bekerja sebagai seorang buruh. Sehingga gaji TKI di Kuawit yang mereka terima tidak terlalu tinggi. Bisa saja hanya berkisar jutaan hingga belasan juta saja.

Demikian ulasan mengenai gaji TKI di Kuawit untuk beberapa profesi yang bisa Anda jadikan sebagai referensi dan pertimbangan untuk memutuskan dalam hal berkarir. Selain itu, bisa menjadi bahan refrensi anda untuk memilih suatu pekerjaan yang layak dan memiliki gaji yang besar.

Gaji TKI Di Kroasia

admin
4 min read

Gaji TKI Di Korea Utara

admin
4 min read

Gaji TKI Di Laos

admin
4 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.