Gaji Pramugari Kereta Api

gaji pramugari kereta api

Gaji pramugari kereta api merupakan salah satu informasi pendapatan yang tidak banyak mendapat ulasan di berbagai media. Hal tersebut disebabkan oleh berbagai mekanisme pekerjaan yang tidak sederhana di lingkungan perkeretaapian Indonesia.

PT Kereta Api Indonesia memiliki sejumlah anak usaha yang menangani lini bisnisnya masing-masing. PT KAI memiliki total delapan unit anak usaha di berbagai bidang. Sehingga gaji pramugari kereta api juga tidak dipenuhi secara langsung oleh PT Kereta Api Indonesia.

Hal tersebut membuat tanggung jawab dan hak pramugari kereta api di Indonesia tidak benar-benar terhubung langsung dengan PT KAI. Di dalamnya termasuk proses perencanaan dan pemenuhan gaji pramugari kereta api yang juga dilakukan oleh anak usaha PT KAI.

Profesi pramugari kereta api berada dalam ruang lingkup perusahaan yang menangani pelayanan penumpang dan pelanggan kereta api. Perusahaan tersebut dikenal dengan PT Reska Multi Usaha dengan merk bisnis Reska. Tentu saja hal ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri.

Bisnis PT Reska Multi Usaha mencakup pada layanan pengadaan makan dan minuman di atas kereta, teknologi parkir kawasan stasiun, cafe, hiburan, dan layanan kebersihan fasilitas kereta api.  Nah informasi mengenai gaji pramugari kereta api bisa anda simak pada ulasan berikut ini.

Ikatan Kerja Pramugari Kereta Api

Ilustrasi rutinitas kerja pramugari kereta api
Ilustrasi rutinitas kerja pramugari kereta api

Pramugari kereta api di Indonesia umumnya bekerja di bawah PT Reska Multi Usaha. Seluruh ikatan kerja, tanggung jawab, dan gaji pramugari kereta api terafiliasi dengan anak usaha PT KAI tersebut. Relasi profesi tersebut termasuk pelatihan dan pengembangan diri pramugari kereta api.

Baca juga: Gaji Guru Honorer

Seluruh pegawai PT Reska Multi Usaha secara profesional memiliki tugas pada lini bisnis perusahaan tersebut. Sehingga PT Reska Multi Usaha tidak memiliki kapasitas dalam teknologi perkeretaapian, operasional, jadwal, dan berbagai hal lainnya di luar kewenangan perusahaan.

Di saat bersamaan, gaji pramugari kereta api diberikan berdasar tugas tersebut. Pramugari kereta api tidak berkewajiban melakukan tugas di luar lingkup kerja utamanya. Kapasitas operasional, jadwal, dan berbagai hal teknis lainnya berada dalam kewenangan utama PT KAI.

Gaji Pramugari Kereta Api

Gaji pramugari kereta api memiliki sejumlah variasi nominal yang berbeda antara pegawai satu dengan lainnya. Perbedaan tersebut ditentukan berdasar jenis kereta api yang menjadi penugasan pegawai dan lokasi operasionalnya.

Gaji Pramugari Kereta Api Pokok

Umumnya gaji pramugari kereta api dimulai dari nominali Rp4.000.000,- per bulan dengan beberapa tunjangan lain yang diterima bersama gaji pramugari kereta api pokok tersebut. Tunjangan yang umum diterima adalah tunjangan kinerja dan tunjangan perawatan.

Tunjangan Pramugari Kereta Api

Tunjangan kinerja dan perawatan diperhitungkan diluar gaji pramugari kereta api yang diterima setiap bulannya. Nominalnya dapat berbeda berdasarkan performa rutin dan jenis kereta api tempat bertugasnya pegawai.

Tunjangan kinerja umumnya berada pada nominal Rp3.000.000,- setiap bulan untuk masing-masing pegawai. Sementara tunjangan perawatan berkisar pada besaran Rp1.500.000,- per bulan.

Pengalaman dan Posisi

Besaran pendapatan gaji pramugari kereta api beserta tunjangannya juga dapat berbeda berdasarkan pengalaman. Pegawai kereta api yang telah berkontribusi dalam waktu lama, tentu berpotensi menerima gaji pramugari kereta api lebih besar dibanding karyawan junior.

Pekerjaan dan Tanggung Jawab Pramugari Kereta Api

Ilustrasi pekerjaan rutin pramugari kereta api
Ilustrasi pekerjaan rutin pramugari kereta api

Pramugari kereta api umumnya ditugaskan pada jenis kereta jarak menengah dan jarak jauh. Penempatan tersebut membuat seorang pramugari kereta api bekerja dalam durasi 8-16 jam di setiap perjalanannya. Rutinitas tersebut meliputi beberapa pekerjaan berikut ini.

Mengawasi Proses Boarding Penumpang

Di tahap awal perjalanan kereta jarak menengah dan jauh, pramugari kereta api bertugas memastikan proses boarding penumpang berjalan lancar. Pengawasan tersebut termasuk pemeriksaan posisi penumpang sesuai tiket, bantuan pemeriksaan tiket dan identitas, dan berbagai pekerjaan lain.

Menjual Makanan dan Minuman

Durasi tempuh kereta jarak menengah dan jarak jauh umumnya melewati batasan-batasan makan penumpang. Pada umumnya kereta jarak jauh dan jarak menengah tidak memiliki rutinitas persinggahan penumpang untuk memenuhi kebutuhan konsumsi.

Baca juga: Gaji Indomaret

Untuk memfasiltasi penumpang, layanan kereta api menyediakan akses makanan dan minuman yang telah disediakan. Makanan dan minuman tersebut dapat dibeli penumpang dengan harga bervariasi sesuai menu serta jenis produknya.

Proses distribusi produk makanan serta minuman di atas kereta api jarak jauh dan jarak menengah menjadi salah satu tugas utama pramugari kereta api. Umumnya penawaran makanan dan minuman dilakukan di awal, pertengahan, dan akhir perjalanan.

Menawarkan Layanan Pendukung Kenyamanan

Selain makanan dan minuman, penumpang juga dapat mengakses layanan pendukung kenyamanan seperti bantal dan selimut. Fasilitas tersebut dapat disewa penumpang selama perjalanan. Proses penawaran dan distribusi fasilitas tersebut menjadi tugas lain dari pramugari kereta api.

Seperti makanan dan minuman, penawaran fasilitas tersebut umumnya dilakukan pada awal keberangkata kereta api jarak jauh dan jarak menengah. Pada umumnya, pembayaran sewa fasilitas tersebut dilakukan secara tunai langsung kepada pramugari kereta api.

Pramugari kereta api juga bertanggung jawab untuk menarik dan mengumpulkan kembali fasilitas yang telah disewa pada akhir perjalanan kereta api. Seluruh fasilitas yang telah disewa akan dibersihkan dan disubtitusi dengan stok pengganti dalam perjalanan selanjutnya.

Distribusi Pendukung Kenyamanan di Kelas Eksekutif

Berbeda dengan kategori penumpang umum, layanan pendukung kenyamanan menjadi salah satu fitur utama bagi penumpang kelas eksekutif. Fasilitas penunjang tersebut didistribusikan oleh pramugari kereta api pada proses pemberangkatan awal.

Menjaga Kebersihan Kereta

Pramugari kereta api juga bertugas menjaga kebersihan kereta api selama proses perjalanan. Hal tersebut terutama berlaku pada kereta makan dan logistik. Tujuannya untuk menjaga kualitas makanan dan kenyamanan seluruh pihak dalam perjalanan menggunakan kereta api.

Persyaratan Menjadi Pramugari Kereta Api

Ilustrasi proses rekrutmen pramugari kereta api
Ilustrasi proses rekrutmen pramugari kereta api

Bertugas sebagai pramugari kereta api membutuhkan konsentrasi tinggi dan energi yang prima. Oleh karena itu, pekerjaan pramugari kereta api membutuhkan kondisi fisik yang baik. Selain itu, pembiasaan jangka panjang juga dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan profesi.

Baca juga: Gaji Pertamina

Sehingga karir pramugari kereta api harus dimulai pada batasan usia tertentu. Hal tersebut ditujukan untuk performa maksimal dan pencapaian terbaik bagi pramugari kereta api serta kinerja tim secara keseluruhan. Berikut beberapa persyaratan umum menjadi pramugari kereta api.

Jenis Kelamin

Profesi pramugari kereta api tidak membatasi pada gender tertentu. Baik pria maupun wanita dapat mengisi posisi sebagai pramugari kereta api. Namun dalam pekerjaan rutinnya, terdapat beberapa perbedaan teknis yang diterapkan sesuai dengan kapasitas masing-masing.

Usia

Profesi pramugari kereta api umumnya dibatasi pada usia maksimal 27 tahun pada awal karirnya. Hal tersebut mempertimbangkan performa fisik yang dibutuhkan untuk memenuhi rutinitas kerja di lingkungan industri kereta api Indonesia.

Bukan tanpa alasan, pekerjaan di lingkungan industri kereta api seringkali menempatkan pekerjanya untuk beraktivitas selama lebih dari jam kerja umum. Selain itu, mayoritas kereta api jarak jauh juga beroperasi di waktu malam yang menuntut kondisi fisik prima bagi pegawainya.

Tinggi Badan

Calon pegawai pramugari kereta api diharapkan memiliki tinggi minimal 170cm bagi pelamar laki-laki. Sementara bagi pelamar perempuan, tinggi minimal yang diharapkan adalah 160cm. Batasan tinggi badan tersebut tidak ditujukan sebagai diskriminasi fisik di lingkungan industri kereta api.

Batasan tinggi badan bagi pegawai pramugari kereta api justru sangat rasional dengan kebutuhan pekerjaan rutin di industri kereta api. Sejumlah aktivitas seperti pelayanan pelanggan, logistik, dan rutinitas lainnya memerlukan postur tubuh tertentu agar dapat berjalan dengan baik.

Pendidikan

Pelamar pekerjaan di bidang pramugari kereta api diharuskan telah menuntaskan pendidikan SMA/SMK dan lembaga lain yang setara. Selain itu, calon pelamar juga harus memenuhi nilai rata-rata minimal ujian nasional pada angka 6,0 berdasarkan perhitungan yang berlaku.

Syarat tersebut menjadi ketentuan umum yang berlaku di lingkungan industri kereta api. Ketentuan minimal pendidikan dan nilai ujian nasional menjadi representasi personal calon pelamar. Hal tersebut juga menjadi gambaran awal tentang kepribadian calon pelamar di hadapan manajemen.

Persyaratan Lain

Calon pelamar di lingkungan industri kereta api, khususnya pramugari kereta api diharuskan bisa memberi penampilan yang menarik. Hal tersebut berhubungan dengan profesi utama pramugari kereta api yang berhubungan dengan layanan pelanggan.

Selain itu, calon pelamar juga disyaratkan untuk tidak menggunakan kacamata sebagai alat bantu penglihatan dan tidak memakai behel. Kedua kondisi medis tersebut diperkirakan dapat menghambat performa pramugari kereta api dalam aktivitas rutinnya.

Cara Menjadi Pramugari Kereta Api

Ilustrasi proses rekrutmen lanjutan pramugari kereta api
Ilustrasi proses rekrutmen lanjutan pramugari kereta api

Untuk mendaftar menjadi pramugari kereta api, calon pelamar tidak mengirimkan dokumen dan persyaratan ke perusahaan induk PT Kereta Api Indonesia. Lamaran ditujukan ke PT Reska Multi Usaha atau perusahaan vendor yang bekerjasama dengannya.

Dalam proses rekrutmen pramugari kereta api, terdapat beberapa proses yang harus diikuti oleh pelamar. Seluruh proses tersebut harus dilalui pelamar tanpa pengecualian untuk menjadi pramugari kereta api. Adapun prosesnya adalah sebagai berikut.

Pendaftaran Administrasi di Halaman Resmi Perusahaan

Calon pelamar posisi pramugari kereta api dapat mengakses halaman resmi perusahaan PT Reska Multi Usaha. Setelah berada di halaman tersebut, calon pelamar dapat membuka informasi posisi dan rekrutmen yang sedang berjalan.

Baca Juga: Gaji PLN

Calon pelamar dapat melengkapi seluruh informasi yang dibutuhkan untuk proses rekrutmen di halaman tersedia. Jika telah melengkapi data dan menuntaskan proses administrasi, calon pelamar akan mendapatkan bukti pendaftaran administrasi yang harus disimpan untuk proses berikutnya.

Verifikasi Berkas dan Uji Performa

Calon pelamar yang lolos seleksi administrasi akan mendapatkan konfirmasi verifikasi berkas. Dalam proses ini, pelamar diwajibkan menyediakan seluruh dokumen yang dibutuhkan untuk disesuaikan dengan data sebelumnya.

Jika lolos proses tersebut, pelamar akan mengikuti proses uji performa sesuai bidang dan kapasitas pekerjaan yang tersedia dalam proses rekrutmen. Proses uji performa dapat dilakukan secara offline dan online sesuai dengan kebijakan perusahaan dan kebutuhan posisi.

Seleksi Wawancara

Proses akhir rekrutmen adalah seleksi wawancara. Proses seleksi wawancara merupakan tahapan paling krusial dari seluruh prosedur rekrutmen. Dalam proses ini calon pramugari kereta api akan berhadapan langsung dengan pihak manajemen dan calon atasan di perusahaan.

Seluruh calon pramugari kereta api dianjurkan mempersiapkan dengan matang proses seleksi wawancara untuk mendapatkan hasil terbaik. Pada beberapa situasi, calon pramugari kereta api juga perlu melakukan pemeriksaan kesehatan ulang setelah seleksi wawancara.

Perlu menjadi catatan seluruh pelamar dan calon pramugari kereta api bahwa proses rekrutmen yang dilakukan PT Reska Multi Usaha tidak memungut biaya apapun. Pelamar diharapkan menghindari potensi dan resiko penipuan dari berbagai pihak yang tidak bertanggung jawab.

Proses rekrutmen hanya dilakukan melalui mekanisme resmi yang telah ditetapkan PT Reska Multi Usaha. Hindari penawaran jalur cepat dan gaji pramugari kereta api dengan nominal fantastis melalui proses yang tidak resmi dan tidak dapat dipertanggungjawabkan.

Kelengkapan Dokumen Calon Pramugari Kereta Api

Ilustrasi Proses Administrasi Dalam Rekrutmen Pramugari Kereta Api
Ilustrasi Proses Administrasi Dalam Rekrutmen Pramugari Kereta Api

Sebagai bagian dari perusahaan berlabel BUMN, bekerja sebagai pramugari kereta api tentunya membutuhkan kelengkapan dokumen yang cukup ketat. Hal tersebut sangat lumrah di lingkungan industri kereta api yang sangat tertib dan memiliki apresiasi gaji pramugari kereta api yang tinggi.

Baca juga: Gaji PLN

Kelengkapan dokumen calon pramugari kereta api menjadi lampiran resmi untuk memenuhi persyaratan usia, jenis kelamin, pendidikan, dan berbagai ketentuan lainnya. Berikut ulasan gajiperbulan.com tentang syarat kelengkapan dokumen calon pramugari kereta api.

  • Hasil cetak nomor registrasi peserta ujian dari situs resmi PT Reska Multi Usaha;
  • Hasil cetak sertifikat vaksin COVID-19 (sekurang-kurangnya dua dosis);
  • Fotokopi identitas (KTP, SIM, NPWP, dlsb);
  • Surat keterangan sehat dan tes buta warna dari rumah sakit, puskesmas, atau labkesda;
  • Surat tes bebas narkoba dan psikotropika dari rumah sakit, BNN, atau labkesda;
  • Foto diri;
  • Fotokopi kartu keluarga;
  • Surat lamaran pekerjaan yang ditandangani;
  • Daftar riwayat hidup;
  • Fotokopi SKCK yang dilegalisir; dan
  • Fotokopi ijazah terakhir.

Selain kebutuhan dokumen di atas, sejumlah posisi lain yang membutuhkan keahlian khusus perlu melampirkan sejumlah dokumen pendukung lainnya. Beberapa dokumen tambahan yang sering dibutuhkan antara lain sebagai berikut.

  • Lampiran portfolio;
  • Surat keterangan pengalaman kerja;
  • Salinan buku rekening; dan
  • Fotokopi BPJS kesehatan.

Penutup

Demikian ulasan gajiperbulan.com tentang gaji pramugari kereta api di Indonesia. Informasi gaji pramugari kereta api dan proses rekrutmennya dapat diketahui langsung dengan menghubungi PT Reska Multi Usaha.

Hindari resiko penipuan dengan tidak menerima penawaran proses rekrutmen dan gaji pramugari kereta api yang tinggi di luar jalur resmi yang telah disediakan perusahaan. Pantau terus perkembangan informasi dan kabar rekrutmen di media-media yang tersedia.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.