Gaji PLN

gaji pln

PLN merupakan perusahaan penyedia listrik bagi masyarakat dan industri terbesar di Indonesia. Layanannya yang dibutuhkan di seluruh wilayah dan seluruh masyarakat Indonesia, membuat potensi bisnis dan karir di perusahaan tersebut sangat cemerlang. Fakta tersebut tentu berpengaruh pada gaji PLN bagi karyawannya di seluruh Indonesia.

Manajemen dan distribusi pekerjaan yang kompleks membuat PT PLN memiliki jenjang karir yang progressif di dalam perusahaannya. Sehingga karyawan PT PLN dapat terus berprogress dari entry-level hingga ke jenjang associate, bahkan direktur pada bidangnya masing-masing. Hal tersebut tentu tidak selalu ditemukan di tiap perusahaan tempat seorang berkarir.

Jenjang karir menjadi faktor tambahan yang menjadikan pekerjaan di PT PLN menjadi salah satu primadona di Indonesia. PT PLN bahkan juga memiliki sejumlah anak perusahaan untuk menangani lini bisnis berbeda yang memungkinkan lompatan karir ke bidang lain dengan portfolio yang dapat saling mendukung.

Di sisi lain, permintaan pasar yang selalu tinggi dan inovasi yang terus berjalan, membuat gaji PLN di berbagai tingkatan jabatan juga menjadi salah satu yang tertinggi di Indonesia. Dukungan gaji PLN yang sangat ideal menjadi pendorong kinerja agar layanan kelistrikan yang dirilis PT PLN terus berkualitas dan membaik dari waktu ke waktu.

Selain gaji PLN yang sangat memanjakan karyawannya, seluruh staff PT PLN juga mendapatkan tunjangan sesuai dengan kinerja dan jabatan yang diemban. Dukungan material tersebut menjadi salah satu daya tarik utama bagi masyarakat untuk berkarir di PT PLN dan berkontribusi bagi industri kelistrikan nasional.

Gaji PLN di Berbagai Jabatan dan Bidang

Ilustrasi Layanan PT PLN | Sumber Gambar: alinea.id

Sebagaimana perusahaan pada umumnya, gaji PLN juga ditetapkan berdasarkan bidang dan jabatan yang diemban seorang karyawan di PT PLN. Berikut ulasan gajiperbulan.com tentang gaji PLN berbagai bidang dan jabatan kerja di PT PLN.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BRI

No Jabatan Gaji Terendah Gaji Tertinggi
1 Engineer Rp11.000.000,- per bulan Rp13.000.000,- per bulan
2 IT Auditor Rp12.000.000,- per bulan Rp15.000.000,- per bulan
3 Deputy Manager Rp12.000.000,- per bulan Rp17.500.000,- per bulan
4 Area Manager Rp13.000.000,- per bulan Rp15.000.000,- per bulan
5 Assistant Manager Rp6.000.000,- per bulan Rp12.000.000,- per bulan
6 Commissioner Staff Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
7 Account Executive Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
8 Asisten Analis Akuntansi Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
9 Accounting Supervisor Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
10 IT Supervisor Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
11 Financial Analyst Rp7.000.000,- per bulan Rp9.000.000,- per bulan
12 Manager Rp8.500.000,- per bulan Rp25.000.000,- per bulan
13 Supervisor Keuangan Rp9.000.000,- per bulan Rp11.000.000,- per bulan
14 Legal Officer Rp9.000.000,- per bulan Rp11.000.000,- per bulan
15 System Information Analyst Rp9.000.000,- per bulan Rp11.000.000,- per bulan
16 Cust. Service Supervisor Rp9.000.000,- per bulan Rp11.000.000,- per bulan
17 Analyst Akuntansi Rp9.000.000,- per bulan Rp11.000.000,- per bulan

Rentang atas dan bawah gaji PLN pada tabel di atas menyesuaikan dengan pengalaman pegawai PLN pada saat memasuki posisi masing-masing. Besaran nominal gaji PLN yang diterima juga dipengaruhi oleh masa kerja pada posisi terkait. Semakin berpengalaman dan kompeten seorang pegawai pada posisi yang ditugaskan kepadanya, maka potensi menerima nominal gaji yang lebih besar juga semakin tinggi.

Tunjangan dan Keuntungan Karyawan PLN

Petugas PLN Jelang Ramadhan 1443 H | Sumber Gambar: PT PLN

Selain mendapatkan gaji PLN dengan nominal yang tertera di atas, karyawan PT PLN juga mendapatkan berbagai tunjangan dan keuntungan lainnya. Berikut ulasan gajiperbulan.com tentang beberapa tunjangan dan keuntungan karyawan PT PLN selain gaji PLN.

Rutinitas Kenaikan Gaji

Seluruh karyawan PT PLN mendapatkan komitmen kenaikan gaji PLN dari perusahaan secara berkala. Sehingga karyawan tidak perlu khawatir dengan perkembangan nominal gaji dengan meningkatnya kebutuhan hidup yang naik secara konsisten. Dukungan ini menjadi komitmen aktif perusahaan yang diberikan kepada seluruh karyawannya.

Bonus Semester

Selain gaji dan komitmen kenaikan gaji, karyawan PT PLN juga mendapatkan bonus semester yang diperhitungkan berdasarkan performa kerja masing-masing karyawan. Performa tersebut direkam secara rutin oleh tim HRD untuk memperhitungkan bonus yang diterima per periodenya.

Dana Pensiun

Karyawan PT PLN juga secara otomatis memiliki hak dana pensiun yang akan dapat dinikmati setelah habis masa kerja di perusahaan. Dana pensiun tersebut tidak memengaruhi gaji PLN yang menjadi hak utama setiap karyawan.

Baca Juga: Gaji Pertamina

Dukungan dana pensiun tentu menjadi hal yang sangat positif bagi karyawan dan masa depannya, khususnya setelah berkarir di perusahaan dalam waktu yang lama.

Tunjangan BPJS

Seperti perusahaan pada umumnya, PT PLN juga memiliki komitmen menjaga karyawannya dengan keamanan kesehatan melalui BPJS Ketenagakerjaan. Fasilitas tersebut menjadi bagian dari komitmen perusahaan dan secara otomatis diterima selama karyawan masih aktif bekerja di PT PLN.

Akses Fasilitas Kesehatan

Meski telah didukung oleh BPJS, PT PLN juga memiliki fasilitas kesehatannya sendiri yang dapat diakses oleh seluruh karyawan perusahaan. Dengan fasilitas kesehatan tersebut, karyawan dapat secara rutin memeriksa kesehatan ataupun melakukan pengobatan jika terjadi keluhan selama masa kerja di perusahaan.

Kepemilikan Kendaraan

PT PLN juga memberikan dukungan kendaraan roda empat pada karyawannya. Fasilitas tersebut diberikan pada karyawan yang telah memenuhi kriteria masa kerja dan jabatan tertentu. Kendaraan tersebut sepenuhnya menjadi milik karyawan dengan kebijakan dan syarat yang berlaku dari perusahaan.

Dukungan Lanjutan Studi

Dalam pengembangan karir dan sumber daya manusia yang konsisten, PT PLN mendukung seluruh karyawannya yang memiliki agenda studi lanjutan. Hal ini sebagai komitmen perusahaan untuk mengembangkan SDM yang terdapat di dalamnya.

Dukungan lanjutan studi yang diterima kayawan PT PLN dapat terhubung dengan gaji PLN ataupun terpisah secara penuh sesuai dengan kebijakan serta kesepakatan perusahaan dengan karyawan.

Cuti Tahunan

Sebagaimana ditetapkan dalam aturan ketenagakerjaan, PT PLN juga turut memberikan cuti tahunan secara proporsional kepada seluruh karyawannya. Pada masa cuti tersebut, karyawan bisa secara penuh melepaskan tugas sementara sampai masa cuti tersebut habis dan karyawan harus kembali betugas.

Anak Usaha PT PLN

PT Indonesia Power Sebagai Salah Satu Anak Usah PT PLN | Sumber Gambar: indonesiapower.co.id

Sesuai informasi yang telah disampaikan sebelumnya, PT PLN memiliki organisasi yang kompleks dan jenjang karir yang berproses bagi seluruh karyawannya. Selain itu, terdapat sejumlah anak usaha PT PLN yang berfokus pada lini usaha yang spesifik ataupun berbeda secara utuh dari PT PLN.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BCA

Berikut beberapa perusahaan yang masih memiliki affiliasi dengan PT PLN dari berbagai bidang dan pengembangan.

  • PT Indonesia Power;
    • PT Cogindo Daya Bersama;
    • PT Artha Daya Coalindo; dan
    • PT Indo Pusaka Berau.
  • PT Pembangkitan Jawa Bali;
  • PT PLN Batam;
  • PT Indonesia Comnet Plus;
  • PT PLN Tarakan;
  • PT PLN Batubara;
  • PT PLN Gas & Geothermal;
  • PT Prima Layanan Nasional Enjiniring;
  • PT Haleyora Power;
  • PT Pelayaran Bahtera Adiguna;
  • PT Energy Management Indonesia; dan
  • PT Mandau Cipta Tenaga Nusantara.

Seluruh perusahaan diatas dan sejumlah perusahaan lain yang tercatat secara hukum sebagai anak usaha PT PLN bergerak dalam bisnis kelistrikan dan menyediakan energi nasional bagi rumah tangga dan industri di Indonesia.

Secara umum, perusahaan-perusahaan yang merupakan anak usaha PLN tersebut memiliki rentang gaji karyawan yang serupa dengan gaji PLN di perusahaan utamanya.

Informasi Rekrutmen Karyawan PLN

Sebagai perusahaan yang terus berkembang, memiliki sejumlah anak usaha untuk menangani beberapa lini bisnis lain, serta kebutuhan inovasi perusahaan, PT PLN secara konsisten melakukan rekrutmen karyawan di berbagai posisi. Rekrutmen tersebut dilakukan dengan menunjuk pihak ketiga yang dapat menyediakan jasa tenaga kerja ataupun rekrutmen reguler untuk menambah SDM di internal perusahaan.

Informasi gaji PLN yang tertera di atas berlaku bagi karyawan PT PLN yang berada di dalam internal perusahaan. Sementara karyawan yang mengikat kontrak dengan PT PLN dari pihak ketiga, tidak memiliki ikatan kerja langsung dengan PT PLN. Sehingga nominal gaji yang diterima pegawai tersebut dapat berbeda dengan gaji PLN yang terdapat informasinya dalam artikel ini.

Informasi rekrutmen internal PT PLN dapat diakses informasinya di halaman https://web.pln.co.id/karier/informasi-rekrutmen-pln. Calon pelamar diharapkan selalu waspada dengan segala bentuk penipuan yang berpotensi mengintai.

Penutup

Gaji PLN masuk ke dalam kategori pendapatan yang luar biasa pada masing-masing jabatan karyawan di perusahaan kelistrikan tersebut. Nominal tersebut menjadi wajar jika melihat kembali rutinitas kerja karyawan PLN beserta resiko yang dihadapi pada beberapa posisi.

Berbagai fasilitas juga diterima karyawan PLN di luar gaji PLN sebagai pendapatan utama. Hal tersebut menjadi apresiasi positif yang berpotensi meningkatkan kinerja karyawan dalam mendukung layanan PLN yang baik bagi rumah tangga dan industri.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.