Gaji Pilot

gaji pilot

Profesi menjadi seorang pilot merupakan pekerjaan yang cukup bergengsi. Tidak hanya bergengsi, gaji pilot yang ditawarkan juga cukup fantastis. Secara umum, gaji yang ditawarkan akan didasarkan pada latar belakang pendidikan, jumlah tahun pengalaman serta jenis pesawat yang diterbangkannya.

Jika memang dilihat secara sekilas, gaji pilot memang sebanding dengan biaya pendidikan yang ia tempuh. Biaya pendidikannya tidak murah perlu merogoh kocek yang cukup dalam untuk bisa menjadi seorang pilot yang berlisensi. Pilot yang bekerja di penerbangan internasional akan mendapatkan gaji lebih besar dari pada pilot yang bekerja di penerbangan domestik.

Selain gaji pilot yang menarik, pilot pesawat biasanya juga akan mendapat beberapa tunjangan, bonus dan akomodasi mewah. Besaran dan jumlah tunjangan yang didapat oleh seorang pilot, tentunya bergantung pada ketetapan maskapainya masing-masing.

jika dibandingkan profesi lain di Indonesia, gaji pilot tentu jauh lebih besar. Meskipun begitu, gaji pilot di Indonesia sebenernya jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan negara lain. Jika dilihat dari tugasnya, seorang pilot bertanggung jawab untuk mengoprasikan pesawat secara aman sampai tujuan.

Mereka bertanggung jawab terhadap puluhan bahkan ratusan nyawa manusia. Selain itu, pilot juga diberi kewenangan penuh untuk mengambil keputusan saat terjadi bahaya atau kecelakan. Seandainya terjadi potensi kecelakaan, mereka harus bisa memutar otak dan menyelamatkan pesawat serta penumpang didalamnya dengan cepat.

Peran dan Tanggung Jawab Pilot

Tanggung jawa pilot
Aktivitas pilot didalam pesawat Sumber Gambar : Kompas.com

Pilot bertugas mengoperasikan pesawat terbang dengan aman. Seorang pilot memiliki kewenangan untuk bekerja di pesawat komersial, helikopter penyaluran barang dan informasi bahkan pesawat kecil sekalipun.pilot memiliki tanggung jawab yang cukup riskan dan berat terhadap kru pesawat dan penumpang dalam hal keamanan dan keselamatan.

Baca juga : Gaji Pramugari Kereta Api

Pilot memiliki wewenang untuk mencegah tindakan- tindakan yang bisa membahayakan keselamatan penerbangan. Sebagai contoh,jika ada salah satu penumpang yang membahayakan penerbangan maka pilot tersebut berhak untuk mengambil keputusan untuk melakukan pendaratan darurat di bandara terdekat atau menyerahkan penumpang ke pihak otoritas bandara untuk ditindak lebih tegas.

Berikut merupakan peran dan tanggung jawab seorang pilot :

  • Memastikan dan mengontrol secara teknis persiapan baik sebelum dan sesudah penerbangan.
  • Memastikan penerbangan dalam kondisi nyaman
  • Menerbangkan pesawat dengan professional didukung oleh co-pilot dengan memperhatikan kondisi cuaca dan teknik.
  • Secara berkala melaporkan jika terjadi problem pada pesawat saat penerbangan kepada petugas di bandara.
  • Mencatat komunikasi dari pihak air traffic control dan menerapkan rencana penerbangan apabila diperlukan.
  • Memiliki skill problem solving yang tinggi ketika ada permasalahan saat penerbangan dengan tetap memperhatikan dan mengutamakan keselamatan dan keamanan penumpang.
  • Bersikap tenang dalam menghadapi situasi di dalam setiap keadaan dan tetap mengusahakan penerbangan berjalan dengan selamat.

Untuk mendukung peran dan tanggung jawab seorang pilot, maka diperlukan pengetahuan dan keahlian yang mumpuni. Keahlian dan kemampua tersebut diantaranya :

  • Sense of accuracy
  • Menguasai bahasa asing
  • Memiliki pengetahuan mengenai hukum udara (air law)
  • Memiliki pengetahuan tentang keselamatan penerbangan
  • Memiliki kemampuan untuk berpikir secara logis, kritis , dan rasional.
  • Memiliki kemampuan problem solving yang baik dengan tetap mengutamakan keamanan dan keselamatan penumpang.

Jenjang Karir Pilot

Seorang pilot tidak bisa serta merta menerbangkan pesawat Airbus A330 atau Boeing 737, akan tetapi pilot harus memulai dengan menerbangkan pesawat yang kecil dahulu.  Di awal karirnya, seorang pilot akan didampingi oleh pilot senior saat menerbangkan pesawat. Jenjang karir seorang pilot juga akan mempengarui besaran gaji yang diterima.  Berikut merupakan jenjang karir bagi seorang pilot :

Second Officer (SO)

Second Officer  merupakan jenjang karir pertama bagi seorang pilot. Ketika mereka masih berstatus SO, mereka akan diijinkan untuk menerbangkan pesawat kecil dengan didampingi oleh seorang kapten. Jika ingin naik jenjang karirnya, maka ia harus memiliki jam terbang tinggi. Tidak hanya itu SO juga harus mengambil lisensi dan sertifikasi tertentu.

First Officer atau Co- Pilot

Co – pilot  merupakan pilot yang sudah memiliki lisensi ATPL dan MER, akan tetapi jika ingin menerbangkan pesawat, mereka harus tetap didampingi oleh kapten. Tugas dari seorang Co- Pilot ini adalah membantu kapten dalam hal navigasi. Selain itu, ia juga memiliki tugas untuk menggantikan kapten jika kapten berhalangan.

Captain atau komandan penerbangan

Captain  merupakan jenjang karir tertinggi seorang pilot. Kapten pilot memiliki tugas mengawasi FO saat menerbangkan pesawat, selain itu ia juga memiliki tanggung jawab terhadap segala sesuatu yang terjadi selama penerbangan berlangsung.

Cara menjadi Pilot

Gaji Pilot
Cara menjadi Pilot Sumber Gambar : m.tribunnews.com

Untuk menjadi seorang pilot diperlukan langkah yang cukup panjang. Langkah- langkah tersebut meliputi tahapan- tahapan di bawah ini yaitu :

Persiapan dan Seleksi Masuk Sekolah Penerbangan

Syarat menjadi seorang pilot adalah ia harus menempuh sekolah penerbangan terlebih dahulu. perlu Anda ketahui bahwa mendaftarkan diri di sekolah penerbangan ada syarat- syarat tertentu yang harus dipenuhi, diantaranya :

Baca juga : Gaji Pegawai Bumn

  • Lulus pendidikan formal tingkat atas
  • Berusia minimal 18 tahun maksimal 26 tahun (masing – masing sekolah berbeda aturannya)
  • Tinggi badan 165 cm (pria) dan 160 cm (wanita)
  • Tidak memiliki penyakit kronis, buta warna dan bebas narkoba
  • Tidak menggunakan kacamata (minus, plus atau silinder)

Secara umum, tes yang akan dijalani sebelum masuk sekolah penerbangan adalah :

  • Tes potensi akademik
  • Tes kemampuan dasar
  • Tes kebugaran
  • Tes media
  • Tes teori penerbangan
  • Tes bakat terbang
  • Wawancara

Ground School

Dalam tahap ini, para taruna/i akan ditempa melalui gaya kemiliteran hal ini karena diperlukan persiapan fisik dan mental secara kuat untuk menjadi seroang pilot. Dalam Ground School Anda akan mendapatkanpembekalan berupa ilmu- ilmu penting, diantaranya :

  • Aircraft system and component : cara kerja dari komponen mesin pesawat.
  • Airframe and aircraft system : airframe yang digunakan oleh pesawat dan perkembangannya
  • Human factor : informasi mengenai tingkah laku, kemampuan dan keterbatasan manusia. Juga tentang perancangan peralatan mesin, keamanan dan efektivitas penggunaan.
  • Meteorology: mempelajari cuaca
  • Navigation : membuat flight plan, membaca instrumen navigasi udara
  • Principle of flight : cara terbang pesawat , daya angkat pesawat sampai efek yang ditimbulkan oleh gerakan pesawat
  • Radio telephony : tata cara menyampaikan informasi kepada tower atau ATC
  • Rules and regulation : aturan dasar menjadi seorang pilot.

Simulasi dan solo flight

Dalam tahap ini seorang calon pilot akan melakukan simulasi dalam menerbangkan pesawat dengan modal pengetahuan yang sudah ia dapatkan saat di ground school. Setelah praktik menggunakan simulator, para calon pilot akan praktik dengan menggunakan pesawat sungguhan dengan tetap didampingi oleh kapten.

Lisensi penerbangan

Para taruna/i yang sudah terdaftar di sekolah penerbangan, akan bisa mengantongi Student Pilot Lisence (SPL) untuk menerbangkan pesawat selama masih berstatus sebagai siswa di sekolah penerbangan. Setelah lulus dari sekolah penerbangan, para calon pilot bisa mengambil lisensi – lisensi yang tersedia di Indonesia, seperti Privat pilot license, Commercial Pilot License, Instrument Rating, Multi Engine Rating, Airline Transport Pilot Lisence, dan Type Rating.

Gaji pilot

Gaji Pilot Sumber Gambar : Brilio.net
Gaji Pilot Sumber Gambar : Brilio.net

Sebelum mengetahui berapa nominal gaji pilot, terlebih dahulu Anda harus memahami apa saja yang menjadi faktor besar kecilnya gaji pilot. Faktor – faktor tersebut adalah :

Baca Juga: Gaji Dokter Spesialis

  1. Jam terbang atau pengalaman pilot
  2. Maskapai penerbangan tempat ia bekerja
  3. Pangkat atau jabatan yang dimiliki.

Berdasarkan dari beberapa sumber yang penulis kumpulkan, ada 3 golongan gaji pilot yang didasarkan pada pangkat dari seorang pilot :

No. Jabatan/Jenjang Karir Gaji Pokok Perbulan
1. Second Officer Rp. 15.000.000- Rp.20.000.000
2. Co Pilot Rp. 30.000.000- Rp.40.000.000
3. Captain Rp. 45.000.000- Rp.50.000.000

Selain dari pangkatnya, juga terdapat pula gaji pilot yang dibedakan dari maskapai penerbangan tempat ia bekerja, diantaranya:

No. Jenis Maskapai Rata- Rata Gaji Pokok Perbulan
1. Garuda Indonesia Rp. 44.800.000
2. Air Asia Rp. 47.500.000
3. Sriwijaya Air Rp. 10.000.000
4. Batik Air Rp. 30.000.000- Rp.40.000.000
5. Lion Air Rp. 15.700.000

Uraian gaji di atas adalah hanya gaji pokok, belum termasuk pada tunjangan – tunjangan yang besarnya untuk masing- masing maskapai berbeda – beda.

Penutup

Itulah merupakan penjelasan mengenai dunia pilot dan gambaran gaji bagi seorang pilot. Meskipun demikian, nominal gaji pilot tersebut bisa berbeda di setiap maskapai untuk tiap tahunnya dan bisa berubah kapan saja. Artikel ini mudah – mudahan bisa menjadi referensi bagi Anda yang tertarik untuk terjun menjadi seorang pilot.

Demikian pembahasan kali ini mengenai gaji pilot. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin berkarir di bidang terkait atau sebatas mencari referensi ilmu pengatahuan. Lets believe your self! If you believe you can do it. Do it now!

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.