Gaji Pertamina

gaji pertamina

PT Pertamina dikenal sebagai salah satu BUMN terbesar di Indonesia. Tidak hanya kapasitas perusahaannya, gaji Pertamina juga dikenal sebagai salah satu yang sangat menarik di kalangan para pencari kerja seluruh negeri. Hal tersebut tidak terlepas dari sektor energi bahan bakar yang menjadi lini bisnis utama PT Pertamina.

Pertamina memiliki kendali penuh atas pengadaan energi bahan bakar di dalam negeri. Layanan tersebut meliputi bahan bakar rumah tangga, kendaraan, pelumas, hingga keperluan industri. Pengadaan dan distribusinya juga sangat erat dengan regulasi yang ditetapkan oleh pemerintah.

Sebagai sebuah bisnis, Pertamina memiliki cakupan bidang yang sangat luas dalam pengadaan energi bahan bakar di dalam negeri. Ruang kerja PT Pertamina mencakup eksplorasi, pengeboran, pengadaan teknologi, pengembangan bahan baku menjadi minyak dan gas, dan distribusinya hingga ke konsumen akhir.

Maka tidak heran jika Pertamina tumbuh menjadi perusahaan raksasa dengan kapasitas serapan tenaga kerja yang sangat tinggi. Selain itu, Pertamina juga dikenal sangat memperhatikan gaji Pertamina dan tunjangan karyawannya. Hal ini berlaku di seluruh unit kerja PT Pertamina, baik di lini bisnis hulu dan usaha hilirnya.

Untuk para pencari kerja dan berbagai kalangan yang tertarik bekerja di lingkungan PT Pertamina, berikut ulasan gajiperbulan.com tentang gaji Pertamina di berbagai posisi dan lini usaha. Informasi gaji Pertamina dapat menjadi bekal pertimbangan berkarir di perusahaan raksasa tersebut.

Posisi Pekerjaan dan Lini Usaha Pertamina

Ilustrasi rekrutmen PT Pertamina

Sebelum mengulas gaji Pertamina, Anda harus mendapatkan gambaran utuh tentang bisnis PT Pertamina itu sendiri. Sebab PT Pertamina memiliki cakupan bisnis yang sangat luas. Dari cakupan bisnis tersebut, terdapat berbagai turunan usaha yang mengelola fokusnya masing-masing. Tidak jarang juga lini usaha tersebut dikelola secara terpisah oleh anak usaha PT Pertamina.

Baca Juga: Gaji PLN

Selain itu, PT Pertamina juga cukup sering merekrut pihak ketiga sebagai vendor pengadaan teknologi, tenaga kerja, dan pemenuhan keperluan usahanya dalam pekerjaan profesional. Hal tersebut membuat sejumlah pihak merasa berada dalam ikatan kerja dengan PT Pertamina, namun pada faktanya individu tersebut bukanlah karyawan dari PT Pertamina.

Bekerja pada vendor yang memiliki relasi dengan PT Pertamina tentu berbeda dengan status karyawan PT Pertamina secara resmi. Hal tersebut menempatkan individu bekerja secara profesional dengan perusahaan induknya tanpa berhubungan dengan PT Pertamina secara langsung.

Usaha Hulu

Ilustrasi Kegiatan Usaha Hulu PT Pertamina
Ilustrasi Kegiatan Usaha Hulu PT Pertamina

Kegiatan usaha hulu merupakan istilah yang digunakan PT Pertamina untuk sektor bisnis pemenuhan suplai energi bahan bakar. Hal ini meliputi kegiatan penelitian, eksplorasi, pengeboran, pengembangan dan produksi, penyediaan teknologi, serta jasa yang dibutuhkan dalam pengadaan energi bahan bakar. Layanan tersebut mencakup operasional di dalam dan luar negeri sesuai dengan permintaan.

Seluruh kegiatan usaha hulu merupakan proses yang kompleks jika dihubungkan dengan permintaan dan kebutuhan energi harian dalam negeri yang terhitung sangat tinggi. Maka untuk melaksanakannya, PT Pertamina membentuk sejumlah anak perusahaan untuk mengelola pekerjaannya masing-masing.

Seluruh anak usaha PT Pertamina pada kegiatan usaha hulu tersebut terhubung satu sama lain untuk memenuhi tugas pengadaan energi bahan bakar di dalam negeri. Adapun beberapa anak usaha PT Pertamina yang terlibat dalam kegiatan usaha hulu tersebut antara lain sebagai berikut.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BRI

  • PT Pertamina EP;
  • PT Pertamina Hulu Energi;
  • PT Pertamina EP Cepu;
  • PT Pertamina EP Cepu Alas Dara Kemuning;
  • PT Pertamina Internasional Eksplorasi Produksi;
  • PT Pertamina Geothermal Energy;
  • PT Pertamina Drilling Service Indonesia;
  • PT Pertamina Hulu Indonesia; dan
  • PT Elnusa Tbk.

Gaji Pertamina di kegiatan usaha hulu dikenal sangat tinggi dan memanjakan pegawainya. Namun di balik hal tersebut, terdapat resiko kerja yang sangat besar ketika berhubungan dengan pekerjaan hulu PT Pertamina. Tidak sedikit karyawan yang menghabiskan waktunya di dalam aktivitas perusahaan dan meninggalkan keluarga dalam waktu yang sangat lama.

Selain itu, faktor keamanan yang tidak dapat diprediksi juga menjadi salah satu resiko pekerjaan tersebut.

Usaha Hilir

Ilustrasi Kegiatan Usaha Hilir PT Pertamina

Kegiatan usaha hilir merupakan unit kerja PT Pertamina yang lebih dekat dengan konsumen akhir. Kegiatan usaha hilir dimulai dari babak pengolahan minyak dan bahan bakar yang telah didapatkan dari kegiatan usaha hulu. PT Pertamina memiliki total enam kilang minyak dengan kapasitas lebih dari satu juta barel.

Selain unit pengolahan, PT Pertamina juga memiliki unit logistik, rantai suplai, dan infrastruktur. Unit tersebut menjaga stok energi bahan bakar dalam negeri tetap berada pada batas-batas yang aman untuk konsumsi publik dan industri. Dari unit tersebut juga terhubung secara langsung dengan unit pemasaran korporat dan ritel.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BCA

Unit pemasaran korporat berhubungan dengan distribusi ke sektor bisnis. Sementara unit pemasaran ritel memiliki fokus distribusi ke konsumen akhir. Unit pemasaran ritel juga lebih dikenal masyarakat awam melalui SPBU, SPBE, dan mekanisme distribusi lainnya.

Melalui informasi tersebut, diketahui bahwa PT Pertamina tidak terbatas pada pengeboran minyak dan distribusi ke konsumen akhir melalui SPBU semata. Melainkan satu proses bisnis yang kompleks, besar, dan melibatkan sangat banyak karyawan di dalamnya.

Namun bersamaan dengan itu, tingginya transaksi yang terjadi di dalam PT Pertamina berhasil menjaga kesejahteraan karyawannya melalui gaji Pertamina dan berbagai tunjangan lainnya.

Gaji Pertamina

Gaji Pertamina sangat ditentukan oleh posisi pekerjaan, lokasi penempatan, tanggung jawab, dan berbagai faktor lainnya. Dengan melihat seluruh faktor sebagai satu bagian utuh, maka gaji Pertamina yang tergolong sangat tinggi tentu sepadan dengan tanggung jawab dan resiko kerja yang dihadapi.

No Jabatan Gaji Awal Gaji Tingkat Lanjut
1 Petugas SPBU Rp1.900.000,- per bulan Rp5.100.000,- per bulan
2 Customer Service Rp3.350.000,- per bulan Rp3.640.000,- per bulan
3 Pustakawan Rp4.900.000,- per bulan Rp5.200.000,- per bulan
4 Pegawai Magang Rp1.760.000,- per bulan Rp3.070.000,- per bulan
5 Pegawai Magang HSE Rp5.350.000,- per bulan Rp5.770.000,- per bulan
6 HRD Rp12.800.000,- per bulan Rp13.800.000,- per bulan
7 Staf Akuntansi Rp9.600.000,- per bulan Rp10.500.000,- per bulan
8 Administrasi Rp19.400.000,- per bulan Rp21.070.000,- per bulan
9 Engineer Rp8.890.000,- per bulan Rp21.400.000,- per bulan
10 Pekerja Kilang Rp14.000.000,- per bulan Rp26.000.000,- per bulan
11 Reservoir Engineer Rp21.840.000,- per bulan Rp32.740.000,- per bulan
12 Pengawas HSE Rp24.160.000,- per bulan Rp26.300.000,- per bulan
13 Engineering Manager Rp55.500.000,- per bulan Rp59.900.000,- per bulan
14 Manager IT Solution Rp57.500.000,- per bulan Rp62.500.000,- per bulan
15 Chief Supply Chain Rp63.590.000,- per bulan Rp68.970.000,- per bulan

Dari tabel di atas dapat diketahui gaji Pertamina awal yang diterima unit pelayanan SPBU berkisar pada angka Rp1.900.000,- per bulan. Nominal tersebut akan berkembang secara progressif mengikuti masa kerja dan keterampilan pegawai.

Sementara pada bidang profesi yang membutuhkan keahlian khusus, gaji Pertamina memiliki variasi berdasarkan bidang dan pengaruhnya pada industri tersebut secara global.

Status Pekerjaan di Pertamina

Terdapat beberapa format pekerjaan yang ada di PT Pertamina. Hal tersebut juga berpengaruh pada gaji Pertamina, tunjangan, tanggung jawab, dan masa kerja di dalam perusahaan tersebut. Berikut beberapa format kerjasama dan pekerjaan yang umum di lingkungan PT Pertamina.

Karyawan Magang

Pada sejumlah bidang yang cukup kompleks, PT Pertamina membuka kesempatan magang di berbagai posisi. Berbeda dengan kebanyakan perusahaan, PT Pertamina secara rutin menerapkan kebijakan magang untuk diproyeksikan sebagai karyawan tetap dari perusahaan. Jadi, magang dapat menjadi awal karir panjang di PT Pertamina.

Selain itu, seluruh karyawan magang di PT Pertamina sudah mendapatkan gaji Pertamina sesuai dengan kebijakan perusahaan penempatan dan bidang yang digeluti. Hal ini tentu jadi kabar baik untuk para pencari kerja, lulusan baru, dan pihak lainnya yang akan memulai karir di PT Pertamina.

Karyawan Tetap

Karyawan tetap dapat berawal dari karyawan magang yang memenuhi persyaratan ataupun karyawan yang diterima melalui proses seleksi secara reguler. Bekerja menjadi karyawan tetap di PT Pertamina berarti memegang tanggung jawab pekerjaan secara penuh di dalam perusahaan. Karyawan tetap juga mendapatkan hak gaji Pertamina secara penuh beserta dengan tunjangannya.

Karyawan Kontrak

Dalam sejumlah situasi, PT Pertamina juga memberlakukan mekanisme karyawan kontrak di dalam perusahaannya. Namun tidak perlu khawatir, karyawan kontrak di PT Pertamina dilindungi dengan peraturan kerja yang ketat selama masa kerjasama profesional. Selain itu, setiap karyawan kontrak PT Pertamina mendapatkan gaji Pertamina yang layak sesuai dengan kesepakatan dengan perusahaan.

Karyawan dari Vendor

Untuk memenuhi kebutuhan pekerjaannya, PT Pertamina juga cukup sering menunjuk vendor tertentu untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang tidak menjadi inti usaha PT Pertamina. Untuk itu terdapat sejumlah vendor yang terbilang menjadi langganan PT Pertamina. Jika Anda melamar bekerja di vendor tersebut, maka secara tidak langsung Anda juga bekerja untuk PT Pertamina.

Namun dalam situasi tersebut, karyawan vendor tetap tidak memiliki ikatan kerja dengan PT Pertamina. Sehingga pemenuhan hak dan kewajiban tetap melekat dengan perusahaan asal tempar karyawan bekerja. Hal ini termasuk pada pemenuhan gaji, BPJS, perlindungan kecelakaan, dan berbagai fasilitas lainnya.

Cara Menjadi Karyawan Pertamina

Untuk bergabung ke dalam lingkungan kerja PT Pertamina, terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh. Antara lain dengan memulai karir sebagai pegawai magang, mengikuti rekrutmen karyawan PT Pertamina, mengikuti rekrutmen karyawan anak usaha PT Pertamina, dan berbagai mekanisme lainnya.

Untuk mendapatkan akses informasi karyawan magang, Anda dapat mengikuti PT Pertamina di platform media sosial, LinkedIn, dan halaman resmi perusahaan. Hal tersebut juga berlaku serupa untuk mengikuti seleksi karyawan secara reguler.

Sementara untuk bergabung dengan anak usaha PT Pertamina, Anda bisa menelusur terlebih dulu di web resmi perusahaan utama untuk mendapatkan daftar akses informasi ke anak usaha PT Pertamina. Masing-masing anak usaha PT Pertamina memiliki manajemen, sumber informasi, dan publikasinya sendiri.

Dengan besarnya perusahaan PT Pertamina beserta jajaran anak usahanya, marak terjadi penipuan yang mengatasnamakan rekrutmen PT Pertamina. Pastikan Anda terhindar dari segala bentuk penipuan tersebut. PT Pertamina tidak pernah meminta pembayaran dalam bentuk apapun selama proses rekrutmen.

Penutup

Gaji Pertamina memiliki nominal yang bervariasi sesuai dengan tanggung jawab, posisi, penempatan kerja, dan faktor lainnya. Gaji Pertamina yang memiliki nominal fantastis tentu diikuti dengan tanggung jawab serta resiko kerja yang juga besar.

Terdapat sejumlah lini bisnis dan anak usaha yang dapat menjadi tempat berkarir di PT Pertamina. Masing-masing posisi pekerjaan di perusahaan-perusahaan tersebut memiliki syarat dan ketentuan yang spesifik. Hindari diri dari penipuan dan jangan mudah tergiur dengan penawaran gaji Pertamina yang memiliki syarat terlalu mudah dan tidak realistis.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.