Gaji Pegawai Bank Mandiri

gaji pegawai bank mandiri

Gaji pegawai Bank Mandiri merupakan salah satu bagian kesejahteraan karyawan terbaik di lingkungan BUMN. Hal tersebut tidak terlepas dari target Bank Mandiri yang memiliki fokus layanan pada nasabah kelas menengah hingga menengah ke atas.

Status Bank Mandiri sebagai salah satu himpunan bank milik negara (himbara) membuat perusahaan tersebut memiliki pengembangan bisnis dan integrasi layanan yang sangat baik. Hal tersebut menjadi salah satu indikasi perusahaan dengan potensi karir jangka panjang yang menjanjikan.

Bank Mandiri juga secara rutin membuka rekrutmen di berbagai posisi. Pekerjaan yang tersedia di Bank Mandiri memungkinkan berbagai latar belakang pendidikan dapat tergabung ke dalam perusahaan. Sejumlah posisi bahkan dapat dimulai dengan latar belakang ijazah SMA dan sederajat.

Namun tentu saja latar belakang tersebut akan sejalan dengan apresiasi dan ruang lingkup pekerjaan yang didapatkan. Hal tersebut termasuk pada jabatan awal, tanggung jawab, gaji pegawai Bank Mandiri, tunjangan, dan kapasitas pengambilan keputusan dalam perusahaan.

Dalam satu posisi dan bidang yang sama, gaji pegawai Bank Mandiri dan tunjangannya juga dapat berbeda nominal. Keputusan perusahaan tersebut dipengaruhi oleh pengalaman pegawai, masa kerja, dan performa karyawan yang tercatat berdasarkan evaluasi rutin perusahaan.

Informasi Bisnis Bank Mandiri

Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN di Indonesia
Bank Mandiri sebagai salah satu bank BUMN di Indonesia

Bank Mandiri termasuk merk lembaga perbankan dengan usia yang cukup muda bagi sebuah bisnis. Perusahaan Bank Mandiri berdiri secara resmi pada tahun 1998. Pembentukan Bank Mandiri juga menjadi salah satu tonggak restrukturisasi perbankan di Indonesia.

Baca juga: Gaji Pegawai Bank BRI

Bank Mandiri merupakan hasil peleburan sejumlah lembaga perbankan yang telah eksis sebelumnya di Indonesia. Terdapat empat lembaga perbankan milik pemerintah yang bergabung menjadi satu ke dalam Bank Mandiri. Keempat lembaga tersebut adalah:

  • Bank Bumi Daya;
  • Bank Dagang Negara;
  • Bank Ekspor Impor Indonesia; dan
  • Bank Pembangunan Indonesia.

Hampir tiga dekade Bank Mandiri berdiri dan melayani berbagai kebutuhan nasabah dari banyak latar belakang. Tidak hanya eksis sebagai partisipan, Bank Mandiri justru menjadi pembentuk budaya dan transformasi perbankan di Indonesia.

Berbagai keputusan Bank Mandiri menjadi terobosan layanan perbankan di Indonesia. Tidak jarang hal tersebut diikuti lembaga lain, baik bank swasta maupun sesama bank milik negara. Kapasitas tersebut menjadi indikasi peran besar Bank Mandiri di industri perbankan nasional.

Layanan Bank Mandiri

Ilustrasi layanan perbankan dari pegawai Bank Mandiri
Ilustrasi layanan perbankan dari pegawai Bank Mandiri

Secara garis besar, Bank Mandiri memiliki tiga kategori layanan utama. Masing-masing kategori tersebut memiliki produk turunan yang dikembangkan sesuai dengan kebutuhan nasabah dan tren perbankan. Adapun layanan Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

Layanan Perbankan Perseorangan

Layanan perbankan perseorangan dikembangan sebagai produk yang memenuhi kebutuhan perbankan untuk individu. Layanan perbankan perseorangan tumbuh lebih jauh menjadi beberapa produk turunan sebagai berikut.

  • Simpanan;
  • Pinjaman;
  • Kartu Kredit;
  • Kartu Debit;
  • Investasi dan Asuransi;
  • E-banking; dan
  • Pengiriman uang.

Layanan Perbankan Bisnis

Layanan perbankan bisnis dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan berbagai ukuran dan sektor bisnis. Layanan perbankan bisnis dapat digunakan oleh pelaku bisnis yang telah eksis dan baru akan memulai usahanya.

Layanan Bank Mandiri di kategori perbankan bisnis juga memfasilitasi berbagai sektor bisnis, mulai dari UMKM, korporasi, ekspor, impor, dan kebutuhan lainnya. Hal ini menjadikan Bank Mandiri memiliki layanan perbankan bisnis dari hulu ke hilir dalam satu ekosistem.

Variasi layanan perbankan bisnis juga memudahkan pegawai Bank Mandiri dalam menawarkan dan memfasilitasi nasabah potensial sesuai dengan kebutuhan. Adapun layanan perbankan bisnis yang terdapat di Bank Mandiri antara lain adalah sebagai berikut.

  • Simpanan;
  • Pinjaman;
  • Corporate Card;
  • Cash Management;
  • Trade Finance;
  • Treasury;
  • E-banking; dan
  • Mandiri API.

Wealth Management

Layanan Wealth Management merupakan kompilasi produk Bank Mandiri yang dikembangkan secara khusus untuk memberikan pelayanan eksklusif kepada nasabah. Tujuan layanan Wealth Management adalah memberikan dukungan pertumbuhan finansial kepada nasabah Bank Mandiri.

Layanan Wealth Management dari Bank Mandiri terdiri dari dua kategori utama, yakni Mandiri Private dan Mandiri Prioritas. Dengan kedua layanan tersebut, nasabah akan mendapatkan dukungan pengelolaan dan pengembangan aset yang hasilnya dapat dinikmati secara kontinyu.

Bidang Kerja dan Pekerjaan di Bank Mandiri

Unit pelayanan Bank Mandiri sebagai salah satu bidang kerja di perusahaan
Unit pelayanan Bank Mandiri sebagai salah satu bidang kerja di perusahaan

Sebagai salah satu brand perbankan terbesar di Indonesia, Bank Mandiri memiliki struktur kerja dan organisasi yang sangat kompleks. Berikut sejumlah departemen yang umumnya terdapat dalam lembaga perbankan.

Unit Manajemen Resiko

Lembaga perbankan erat dengan konsep simpanan dan pinjaman. Dalam menjalankan bisnisnya, setiap lembaga menjaga resiko sekecil mungkin dan memberikan potensi keuntungan tertinggi kepada seluruh pihak yang terllibat. Salah satu posisi populer dalam unit ini adalah credit analyst.

Unit Sumber Daya Manusia

Setiap bisnis tentu terbentu dari organisasi sesuai dengan kebutuhannya. Selain sistem yang kokoh, tentu elemen manusia menjadi kebutuhan agar organisasi tersebut dapat bergerak. Peran HR, GA, dan berbagai posisi lain di unit SDM menjadi sangat krusial bagi bisnis perbankan manapun.

Baca juga: Gaji Pegawai Bank BCA

Berbagai profesi di unit sumber daya manusia memiliki apresiasi gaji pegawai Bank Mandiri yang tergolong sangat besar. Kebijakan tersebut berlaku bahkan pada posisi entry-level. Hal tersebut disebabkan tugas bidang SDM yang sangat krusial bagi berjalannya organisasi perusahaan.

Unit Treasury & International Banking

Dalam lembaga perbankan terdapat unit kerja yang memiliki tugas utama mengelola aset perusahaan dan memetakan strategi untuk mengembangkan aset tersebut. Unit kerja tersebut berperan sangat vital dalam menentukan perkembangan kekayaan dan aset bisnis.

Unit ini juga bertanggung jawab dalam kepentingan perbankan internasional. Termasuk di dalamnya relasi dengan mitra perbankan luar negeri, kebijakan transaksi, dan pengembangan bisnis internasional perusahaan.

Operasional

Unit operasional meliputi bidang pelayanan pelanggan, pemasaran, dan beberapa sub-bidang lainnya dalam perusahaan. Unit ini menjadi wajah terdepan lembaga perbankan melalui posisi teller, front liner, dan pekerjaan serupa yang banyak terhubung langsung dengan nasabah.

Unit Teknologi Informasi

Perbankan era modern sangat erat dengan teknologi informasi. Berbagai posisi engineer, keamanan digital, dan bidang teknologi lain menjadi elemen krusial di setiap lembaga perbankan. Posisi-posisi tersebut juga mendapat apresiasi gaji pegawai Bank Mandiri yang tergolong fantastis.

Unit Lain

Dalam lembaga perbankan umumnya terdapat juga berbagai unit kerja lainnya. Beberapa diantaranya adalah unit perbankan korporasi, unit jaringan dan retail, dan unit lain sesuai dengan kebutuhan bisnis masing-masing lembaga.

Unti perbankan korporasi menangani relasi dan produk perbankan bisnis. Perbankan korporasi melibatkan posisi-posisi operasional yang serupa dengan perbankan perseorangan. Namun besaran transaksinya tentu jauh lebih besar dan membutuhkan manajemen resiko yang lebih detail.

Gaji pegawai Bank Mandiri yang bertugas di unit perbankan korporasi umumnya mendapatkan apresiasi lebih besar dibanding beberapa unit lain. Sejumlah fasilitas kerja tambahan juga umumnya didapatkan karyawan untuk menunjang aktivitas pekerjaan rutin.

Unit jaringan dan retail bertugas mengelola cabang dan mekanisme retail perusahaan. Unit ini merupakan salah satu perpanjangan tangan bisnis perusahaan paling produktif di berbagai lembaga perbankan. Beberapa lembaga bahkan mengembangkan retail hingga ke skala rumah tangga.

Gaji Pegawai Bank Mandiri

Ilustrasi pekerjaan rutin pegawai Bank Mandiri
Ilustrasi pekerjaan rutin pegawai Bank Mandiri

Gaji pegawai Bank Mandiri memiliki variasi yang sangat berbeda-beda. Variasi nominal tersebut didasarkan pada unit kerja, tanggung jawab, jabatan, dan kebijakan lain manajemen perusahaan. Adapun nominal umum gaji pegawai Bank Mandiri adalah sebagai berikut.

No Jabatan Gaji Pegawai Bank Mandiri
1 Marketing Staff Rp2.500.000,- per bulan
2 Sales Representatif Rp2.500.000,- per bulan
3 Teller Rp2.800.000,- per bulan
4 Clerk Rp3.500.000,- per bulan
5 Front Liner Rp3.700.000,- per bulan
6 Assistant Relationship Manager Rp4.000.000,- per bulan
7 Call Center Officer Rp4.000.000,- per bulan
8 Engineer Team Coordinator Rp4.000.000,- per bulan
9 Legal Staff Rp4.000.000,- per bulan
10 Trainee Rp4.000.000,- per bulan
11 Teller Coordinator Rp4.000.000,- per bulan
12 Staff Rp4.000.000,- per bulan
13 Officer Development Program Rp5.100.000,- per bulan
14 Assistant Manager Rp5.800.000,- per bulan
15 Accounting Staff Rp6.000.000,- per bulan
16 Administratif Rp6.000.000,- per bulan
17 Customer Service Rp6.300.000,- per bulan
18 Credit Analyst Rp7.100.000,- per bulan
19 Credit Analyst Manager Rp8.000.000,- per bulan
20 Senior Software Developer Rp8.000.000,- per bulan
21 Relationship Manager Rp8.100.000,- per bulan
22 Manager Rp8.500.000,- per bulan
23 First Senior Manager Rp10.000.000,- per bulan
24 Team Leader Rp12.000.000,- per bulan
25 Sales Officer Rp14.000.000,- per bulan
26 Branch Manager Rp19.500.000,- per bulan
27 Compliance Senior Manager Rp19.500.000,- per bulan
28 Assistant Vice President Rp23.900.000,- per bulan
29 Assistant Relationship Manager Rp2.5000.000,- per bulan
30 VC Rp32.200.000,- per bulan
31 VC Human Capital Group Rp37.500.000,- per bulan
32 Senior VC Rp100.000.000,- per bulan
33 Managing Director Rp112.500.000,- per bulan

Selain gaji pegawai Bank Mandiri, karyawan juga mendapatkan benefit lain dari perusahaan. Beberapa posisi di Bank Mandiri memungkinkan karyawan mendapatkan fasilitas lebih seperti rumah tinggal, kendaraan, perjalanan ke luar negeri, dan banyak keuntungan lainnya.

Informasi gaji pegawai Bank Mandiri diatas tentu saja dapat menjadi acuan anda semua untuk memilih ingin masuk ke bagian kerja yang mana. Selain itu, informasi mengenai gaji pegawai bank mandiri juga menjadi salah satu acuan anda untuk berkarir lebih lama terhadap Bank Mandiri.

Informasi Karir Bank Mandiri

Teller sebagai salah satu posisi pegawai Bank Mandiri
Teller sebagai salah satu posisi pegawai Bank Mandiri

Bank Mandiri membuka lowongan pekerjaan untuk berbagai posisi dan bidang secara rutin. Lowongan pekerjaan tersebut dibuka sesuai kebutuhan tenaga kerja di dalam perusahaan. Lowongan pekerjaan dibuka untuk berbagai posisi dalam perusahaan sesuai kebutuhan di waktu tertentu.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BNI

Berbagai posisi secara rutin dibutuhkan di Bank Mandiri, pekerjaan tersebut termasuk operasional, unit pelayanan, manajemen, asosiasi, dan berbagai posisi lainnya. Akses informasinya dapat ditemukan di halaman resmi karir Bank Mandiri di https://bankmandiri.co.id/en/mandiri-career.

Lowongan pekerjaan juga dapat dibuka oleh Kantor Cabang Bank Mandiri di masing-masing wilayah operasional. Selain itu, terdapat mekanisme penunjukkan vendor untuk sebuah pekerjaan yang memungkikan individu dari sebuah bisnis jasa berada dalam ruang lingkup kerja Bank Mandiri.

Seluruh proses rekrutmen dan besaran gaji pegawai Bank Mandiri hanya dilakukan melalui jalur resmi pada halaman tersebut dan kontak resmi Kantor Cabang Bank Mandiri di wilayah operasional masing-masing. Bank Mandiri tidak memungut biaya apapun dalam proses rekrutmen pegawai di berbagai posisi.

Hindari penawaran tidak resmi untuk menjadi pegawai Bank Mandiri dengan tawaran gaji pegawai Bank Mandiri yang fantastis. Seluruh resiko dari penawaran kerja tidak resmi bukan merupakan tanggung jawab perusahaan dan tidak dapat diperkarakan kepada Bank Mandiri.

Cara Melamar dan Persyaratan Pegawai Bank Mandiri

Ilustrasi antrian nasabah dalam rutinitas layanan pegawai Bank Mandiri
Ilustrasi antrian nasabah dalam rutinitas layanan pegawai Bank Mandiri

Untuk melamar menjadi pegawai Bank Mandiri, calon pelamar dapat mengakses halaman resmi yang telah tersedia. Prosedur melamar telah tersedia di dalam halaman tersebut dengan melengkapi data dan dokumen yang dibutuhkan. Proses rekrutmen umum dilakukan secara daring.

Hanya pelamar memenuhi kriteria yang dipanggil menjalani proses lanjutan. Tahapan lanjutan dalam rekrutmen adalah tes bidang dan wawancara dengan pihak internal perusahaan. Proses negosiasi gaji pegawai Bank Mandiri juga dilakukan dalam tahap wawancara tersebut.

Penutup

Demikian ulasan gajiperbulan.com tentang gaji pegawai Bank Mandiri beserta ulasan bisnis dan potensi karir di perusahaan tersebut. Ajukan lamaran pekerjaan sesuai dengan mekanisme yang telah ditetapkan. Informasi tersedia lengkap di halaman resmi perusahaan.

Tolak penawaran gaji pegawai Bank Mandiri tinggi dan status karyawan dengan proses rekrutmen tidak resmi. Potensi kerugian tidak akan ditanggung Bank Mandiri dalam bentuk apapun atas proses rekrutmen tidak resmi yang diikuti pihak pelamar.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.