Gaji Pegawai Bank BRI

gaji pegawai bank bri

Bank BRI merupakan salah satu brand perbankan nasional terbesar di Indonesia. Statusnya sebagai bank berlabel BUMN menjadikan layanan PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. terdistribusi hingga ke seluruh penjuru negeri. Hal tersebut tentu berdampak pada gaji pegawai Bank BRI yang juga masuk dalam kategori tinggi di masing-masing wilayah operasionalnya.

Brand besar, layanan luas, dan status BUMN tentu mendukung Bank BRI sebagai salah satu destinasi karir bagi sebagian besar pencari kerja. Hal itu menjadi lumrah jika melihat gaji pegawai bank BRI yang tergolong relatif tinggi untuk berbagai bidang dan posisi di dalamnya.

Tidak hanya informasi gaji, pegawai Bank BRI juga menerima berbagai tunjangan sesuai dengan jabatan dan posisi yang diembannya. Selain itu, lingkungan kerja Bank BRI juga termasuk ke dalam kategori iklim kerja yang sehat bagi para seluruh pegawainya.

Informasi gaji pegawai Bank BRI tentu bermanfaat jika Anda sedang dalam proses atau berencana melamar pekerjaan di salah satu bank plat merah tersebut. Informasi tersebut bisa Anda manfaatkan dalam menimbang karir masa depan di Bank BRI ataupun untuk keperluan interview perihal ekspektasi gaji.

Berikut ulasan gajiperbulan.com tentang daftar gaji pegawai Bank BRI terlengkap dan terbaru untuk masing-masing jabatan dan posisi di Bank BRI. Dalam prosesnya, informasi gaji pegawai Bank BRI dapat dijadikan acuan ketika melakukan negosiasi dengan manajemen perusahaan saat proses rekrutmen.

Gaji Pegawai Bank BRI

Layanan Bank BRI di Salah Satu Mall
Layanan Bank BRI di Salah Satu Mall | Sumber Gambar: Emiten News

Gaji pegawai Bank BRI seperti pada perusahaan umumnya ditentukan oleh beberapa hal, antara lain bidang kerja, jabatan, wilayah operasional, status cabang, dan faktor lainnya. Faktor wilayah operasional dan status cabang lumrah menjadi bagian dari kebijakan gaji pegawai Bank BRI.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BCA

Hal ini disebabkan Bank BRI yang telah tersebar luas di seluruh kota/kabupaten di Indonesia. Bahkan dalam cakupan wilayah yang sama terkadang dibutuhkan adanya kantor cabang utama dan pembantu. Status tersebut tentu memengaruhi kebijakan manajemen dalam memetakan gaji pegawai Bank BRI.

Tingginya jumlah cabang Bank BRI menjadi indikasi bahwa jumlah nasabah yang berada dalam ekosistem Bank BRI juga sangatlah banyak. Banyaknya jumlah nasabah dalam ekosistem bisnis Bank BRI menjadi salah satu faktor yang positif bagi kesejahteraan pegawai Bank BRI.

Fakta tersebut menjadikan gaji pegawai Bank BRI cukup menggiurkan bagi berbagai kalangan. Nah, berikut ulasan untuk gaji pegawai Bank BRI.

No Jabatan Gaji
1 Teller Rp2.750.000,-
2 Customer Service Officer Rp4.500.000,-
3 Assistant Manager Rp14.000.000,-
4 Manager Rp26.000.000,-
5 Associate Director Rp35.000.000,-
6 Director Rp50.000.000,-
7 Assistant Officer Rp4.000.000,-
8 Officer Rp6.250.000,-
9 Senior Officer Rp9.000.000,-
10 Analyst Rp9.000.000,-
11 Senior Analyst Rp16.500.000,-
12 Trade Finance Clerk Rp3.350.000,-
13 Trade Finance Officer Rp4.000.000,-
14 Bank Operations Officer Rp3.100.000,-
15 Personal Banker Rp5.750.000,-
16 Personal Financial Constultant Rp5.750.000,-
17 Compliance Officer Rp6.000.000,-
18 Collection Rp3.500.000,-
19 Bank Auditor Rp6.500.000,-

Kesempatan Menjadi Pegawai Bank BRI

Ilustrasi Rekrumen Bank BRI
Ilustrasi Rekrumen Bank BRI | Sumber Gambar : e-recruitment.bri.co.id

Bank BRI sebagai salah satu bank plat merah merupakan perusahaan yang terus tumbuh untuk dapat memberikan pemerataan layanan sebaik mungkin untuk masyarakat Indonesia. Hal itu dapat dilihat dengan terus berkembangnya inovasi Bank BRI dan bertambahnya jumlah Kantor Cabang Bank BRI di seluruh wilayah Indonesia.

Bertambahnya jumlah kantor layanan Bank BRI dan inovasi yang dilakukannya tentu diikuti dengan rutinitas rekrutmen pegawai Bank BRI yang juga tinggi. Hal ini memberikan kesempatan secara rutin kepada masyarakat Indonesia yang ingin bergabung menjadi pegawai Bank BRI.

Secara umum, terdapat dua alternatif lowongan pekerjaan untuk menjadi pegawai Bank BRI. Jalur pertama adalah lowongan pekerjaan yang dibuka oleh manajemen Bank BRI pusat. Sementara di sisi lain, Kantor Cabang Bank BRI di masing-masing daerah juga secara rutin membuka kesempatan bagi masyarakat untuk bisa menjadi pegawai Bank BRI.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank Mandiri

Jika Anda membutuhkan akses informasi rekrutmen pegawai pusat Bank BRI, Anda bisa membuka halaman web resmi Bank BRI dan menuju ke bagian rekrutmen. Di dalamnya terdapat informasi lengkap tentang posisi yang sedang dibutuhkan dan persyaratannya. Informasi rekrutmen lokal juga akan tersedia di Kantor Cabang Bank BRI terdekat ataupun akses informasi lowongan pekerjaan umum di daerah Anda.

Informasi gaji pegawai Bank BRI menjadi penting dalam negosiasi ketika proses rekrutmen, tetapi di balik hal tersebut terdapat beberapa persyaratan yang harus terlebih dulu dipenuhi untuk menjadi pegawai Bank BRI. Berikut ulasan gajiperbulan.com tentang persyaratan umum menjadi pegawai Bank BRI.

Persyaratan Menjadi Pegawai Bank BRI

Dengan gaji pegawai Bank BRI yang relatif tinggi serta jenjang karir yang potensial di Bank BRI, tentu terdapat seleksi calon pegawai Bank BRI yang tergolong ketat di baliknya. Berikut sejumlah persyaratan umum calon pegawai Bank BRI pada entry-level.

  • Pria dan wanita usia maksimal 25 tahun;
  • Pendidikan minimal D3 dari jurusan yang linear;
  • Memiliki IPK minimal 2,75 (dapat berbeda pada bidang tertentu);
  • Belum menikah;
  • Tinggi badan laki-laki 165cm;
  • Tinggi badan wanit 155cm;
  • Berpenampilan menarik;
  • Berkomunikasi dengan baik;
  • Cekatan serta jujur;
  • Sehat jasmani dan rohani;
  • Tidak buta warna; dan
  • Menguasai aplikasi Ms Office.

Informasi di atas merupakan persyaratan umum pegawai Bank BRI pada entry-level. Beberapa posisi dan wilayah cabang juga memungkinkan pelamar dari latar belakang pendidikan SMA/K. Sementara pada tingkat jabatan yang lebih tinggi, persyaratan dapat bervariasi sesuai dengan kebijakan manajemen Bank BRI.

Kelengkapan Dokumen Calon Pegawai Bank BRI

Sejumlah persyaratan calon pegawai Bank BRI yang telah dicantumkan diatas tentu perlu dibuktikan dengan lampiran dokumen resmi. Hal tersebut tentu menjadi hal yang lumrah jika mengingat Bank BRI sebagai lembaga perbankan yang sudah tentu sangat ketat dengan data para pegawainya. Berikut beberapa data umum yang perlu calon pegawai Bank BRI lampirkan dalam proses melamar pekerjaan.

  • Surat lamaran dan daftar riwayat hidup;
  • Identitas umum (FC KTP, SIM, NPWP, dan lainnya);
  • Pas foto;
  • SKCK; dan
  • Ijazah terlegalisir.

Pada beberapa posisi, Anda juga perlu melampirkan portfolio untuk dapat tergabung menjadi pegawai Bank BRI. Selain itu, pada posisi dan jabatan yang lebih tinggi, paklaring dan surat rekomendasi juga dibutuhkan sebagai salah satu syarat utama lamaran menjadi pegawai Bank BRI.

Alur Rekrutmen Calon Pegawai Bank BRI

Ilustrasi Rekrutmen Pegawai Bank BRI | Sumber Gambar: e-recruitment.bri.co.id
Ilustrasi Rekrutmen Pegawai Bank BRI | Sumber Gambar: e-recruitment.bri.co.id

Proses rekrutmen Bank BRI dalam mencari kandidat untuk mengisi satu posisi di dalam perusahaannya termasuk cukup panjang. Secara umum, Bank BRI membutuhkan rentang waktu 3-7 pekan untuk menyelesaikan seluruh proses perekrutan calon pegawai hingga kandidat masuk kerja pada hari pertama.

Proses tersebut dibagi ke dalam beberapa tahapan sesuai dengan posisi dan bidang yang dilamar oleh calon pegawai Bank BRI. Beberapa proses yang harus dilalui calon pegawai Bank BRI antara lain sebagai berikut.

Walk-in-interview

Sebagai salah satu brand perbankan terbesar di Indonesia, Bank BRI rutin mengadakan walk-in-interview untuk menjaring kandidat potensial yang dibutuhkan. Informasi proses walk-in-interview bisa didapatkan melalui halaman resmi perusahaan, media sosial, dan berbagai situs pencarian kerja.

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BNI

Dalam proses ini, calon pegawai Bank BRI akan menjalani serangkaian pemeriksaan data diri, kesesuaian persyaratan dokumen, dan wawancara awal dengan tim rekrutmen (HRD) Bank BRI. Beberapa prosesnya juga berpotensi dilakukan hanya dengan form digital dan mekanisme upload dokumen sederhana.

Psikotes

Jika telah lolos dari proses walk-in-interview, Anda akan menerima undangan mengikuti psikotes sebagai tanda bahwa Anda memasuki proses lebih lanjut dari rekrutmen Bank BRI. Dalam proses ini, Anda akan diminta menjawab sejumlah pertanyaan tertulis dari tim rekrutmen untuk mengetahui tingkat kecocokan pribadi Anda dengan posisi yang akan dilamar.

Interview Kantor Cabang

Pelamar yang telah melalui dua proses sebelumnya dan dinyatakan lolos akan kembali menerima undangan untuk proses wawancara bersama manajemen Kantor Cabang Bank BRI tempat kandidat akan ditempatkan. Dalam proses ini, kandidat akan berdiskusi tentang posisi yang akan diduduki bersama tim rekrutmen dan manajemen Kantor Cabang Bank BRI.

Dalam proses ini juga dilakukan validasi secara verbal tentang kapasitas diri Anda terhadap posisi yang dilamar. Selain itu, akan terdapat pendalaman informasi tentang pelamar yang mungkin tidak tertera di dalam dokumen tertulis.

Interview Top Management

Di akhir proses rekrutmen, calon pegawai Bank BRI akan menjalani satu wawancara terakhir dengan user dan perwakilan manajemen pusat Bank BRI. Dalam proses ini, kandidat akan berdialog langsung dengan calon atasan atau posisi superior ketika kandidat bekerja di Bank BRI.

Di fase ini juga kandidat akan mendapatkan informasi lebih dalam tentang pekerjaannya di Bank BRI. Selain itu, kandidat juga akan berkenalan dengan budaya perusahaan dan berbagai kebijakan yang harus dipatuhi selama menjadi pegawai di Bank BRI.

MCU

Proses terakhir namun tidak dapat diabaikan adalah Medical Check Up. Di tahap ini, calon pegawai Bank BRI kembali melakukan pemeriksaan kesehatan untuk keperluan rekrutmen. Pemeriksaan tersebut dibutuhkan untuk memastikan calon pegawai Bank BRI tidak memiliki kondisi fisik dan psikis yang berpotensi menghambat kinerja saat telah bekerja di Bank BRI.

Penutup

Bank BRI merupakan perusahaan layanan perbankan yang masuk ke dalam salah satu yang terbaik di Indonesia. Di balik layanan konsumen yang tersebar luas dan terus berinovasi, Bank BRI ditopang oleh pegawai-pegawai yang berkompeten dan iklim kerja yang positif.

Penawaran gaji pegawai Bank BRI, tunjangan, iklim kerja, serta jenjang karir menjadikan Bank BRI sebagai salah satu destinasi karir idaman banyak orang. Pada posisi entry-level saja, rata-rata posisi yang dibuka oleh Bank BRI menawarkan gaji pegawai Bank BRI mulai dari rerata Rp3.000.000,- di berbagai wilayah.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.