Gaji Dokter Hewan

gaji dokter hewan

Gaji dokter hewan tidak banyak diketahui oleh masyarakat umum. Salah satu penyebabnya adalah profesi dokter hewan yang juga tidak banyak ditemui di sekitar masyarakat. Namun sejumlah orang meyakini bahwa gaji dokter hewan memiliki nominal yang menjanjikan.

Seperti berbagai profesi lainnya, gaji dokter hewan tidak memiliki satu nominal baku yang berlaku untuk semua pelaku profesi. Gaji dokter hewan dipengaruhi berbagai faktor seperti pengalaman, sertifikasi, lembaga, dan berbagai alasan umum gaji dokter hewan yang lazim berlaku.

Gaji dokter hewan pada umumnya tidak menjadi satu-satunya pemasukan pelaku profesi tersebut. Sejumlah dokter hewan bisa memiliki pemasukan alternatif yang tidak berhubungan dengan gaji dokter hewan. Salah satunya melalui layanan tidak terikat lembaga dari seorang dokter hewan.

Hal tersebut disebabkan tingginya kebutuhan akan layanan dokter hewan di masyarakat. Sementara profesi dan keahlian tersebut cukup minim keberadaannya. Sehingga permintaan pasar akan layanan tersebut umumnya lebih tinggi dari kemampuan pemenuhan yang bisa diberikan.

Situasi tersebut memungkinkan dokter hewan mengembangkan layanan mandiri atau klinik hewan di luar profesinya yang terikat pada sebuah lembaga. Kesempatan tersebut juga memberi dokter hewan alternatif pemasukan di luar gaji dokter hewan yang didapat di lembaga tempat bekerja.

Profesi Dokter Hewan

Gaji dokter hewan memiliki rentang yang sangat bervariasi
Gaji dokter hewan memiliki rentang yang sangat bervariasi

Salah satu pekerjaan umum yang banyak diketahui masyarakat tentang dokter hewan tentu saja sebagai dokter di klinik hewan. Namun profesi dokter hewan sebenarnya memiliki cakupan yang lebih luas dari pekerjaan tersebut. Bahkan dokter hewan dapat berada di lingkungan pemerintahan.

Baca Juga: Gaji Dokter Spesialis

Dokter hewan secara umum didefinisikan memiliki sejumlah kemampuan yang berhubungan dengan kesehatan hewan. Kemampuan-kemampuan tersebut dimanfaatkan di tengah masyarakat dengan cara yang berbeda-beda. Berikut sejumlah kemampuan umum yang dimiliki dokter hewan.

  • Mendiagnosa kondisi kesehatan hewan;
  • Mencegah dan mengobati penyakit yang diderita hewan;
  • Mengobati luka-luka dan mencegah kondisi luka memburuk; dan
  • Membantu mengatasi kelainan fungsi tubuh hewan.

Dokter hewan beraktivitas menyediakan perawatan untuk hewan dalam tujuan memenuhi fungsi tersebut. Selain itu, dokter hewan juga dapat menyediakan layanan profesi untuk entitas bisnis yang memproduksi produk biologis dan obat-obatan.

Dengan berbagai kemampuan tersebut, dokter hewan tidak terbatas pada layanan klinik semata. Terdapat sejumlah profesi dokter hewan lain yang belum diketahui masyarakat banyak. Berikut ulasan tentang profesi dokter hewan yang perlu Anda ketahui.

Layanan Dokter Hewan

Layanan dokter hewan memiliki cakupan yang sangat luas
Layanan dokter hewan memiliki cakupan yang sangat luas

Layanan dokter hewan merupakan profesi paling umum pada kategori ini. Layanan tersebut memberikan dukungan tenaga kesehatan untuk kebutuhan perawatan medis hewan. Beberapa pelaku profesi ini mendedikasikan diri pada hewan atau kategori tertentu.

Dokter hewan juga dapat membuka layanan pet care, klinik, maupun layanan panggilan untuk kebutuhan tertentu. Layanan klinik dan pet care dapat menjadi fasilitas untuk mendapatkan pengalaman bagi dokter hewan yang baru mengawali karir di bidang tersebut.

Di bidang lain, layanan dokter hewan juga dibutuhkan pada industri peternakan. Hal tersebut termasuk dalam kebutuhan nutrisi hewan ternak, kesehatan hewan, proses kelahiran, pengelolaan penetasan, dan berbagai bidang lain. Layanan dokter hewan juga mencakup pada laboratorium.

Tidak hanya mendukung pada kondisi medis berat yang dialami hewan, dokter hewan juga dapat berfokus pada layanan kebersihan, estetika, dan bidang lainnya terkait hewan. Hal tersebut membuat profesi dokter hewan cukup tersebar di berbagai industri.

Teknisi Veteriner

Teknisi veteriner merupakan salah satu pilihan karir dokter hewan
Teknisi veteriner merupakan salah satu pilihan karir dokter hewan

Veteriner didefinisikan sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan hewan dan kesehatan hewan. Dalam aplikasinya, hal tersebut termasuk dalam teknologi, obat-obatan, dan segal hal yang menunjang kesehatan hewan. Tetapi pada umumnya, veteriner erat hubungannya dengan teknologi.

Baca Juga: Gaji Dokter Umum

Teknisi veteriner bertugas memberikan dukungan kepada dokter hewan dalam proses diagnosa dan perawatan hewan. Tugas teknisi veteriner berhubungan dengan prosedur klinis dan laboratorium. Hal tersebut termasuk aktivitas pemeriksaan, rontgen, dan persiapan operasi hewan.

Groomer

Profesi groomer berdampingan dengan dokter hewan
Profesi groomer berdampingan dengan dokter hewan

Groomer merupakan profesi yang umumnya terdapat di klinik hewan ataupun layanan pet care. Profesi groomer berada di sekitar kategori hewan peliharaan. Groomer membantu agar hewan peliharan tampak dalam penampilan terbaik, meliputi bulu, rambut, kuku, dan bagian tubuh lainnya.

Sejumlah layanan pet care juga menyediakan penitipan, klinik, dan penjualan. Terkadang groomer juga terlibat dalam menjaga kesehatan dan tingkat stres hewan peliharaan dalam masa penitipan, mendukung kegiatan dokter utama, dan merawat hewan peliharaan yang akan dijual.

Profesi groomer cukup jarang digeluti oleh seorang dengan latar belakang dokter hewan. Sebab profesi tersebut dapat dikuasai melalui sejumlah pelatihan dan tidak membutuhkan keahlinan terlalu tinggi untuk menjalankan tugasnya.

Pengawas Kesehatan Hewan

Dokter hewan dapat juga berperan sebagai pengawas kesehatan hewan
Dokter hewan dapat juga berperan sebagai pengawas kesehatan hewan

Seorang dengan kemampuan dan latar belakang pendidikan dokter hewan dapat berprofesi sebagai pengawas kesehatan hewan. Profesi tersebut umumnya cukup dekat dengan instansi pemerintahan, salah satunya pada lingkungan dinas pertanian dan peternakan.

Di lingkungan dinas peternakan, profesi kesehatan hewan menjadi salah satu garda utama yang menjamin kualitas produk ternak. Hal tersebut menjadi upaya pemerintah dalam memberi keamanan konsumsi kepada masyarakat dan keamanan produksi bagi pekerja di lingkungan ternak.

Dalam pemenuhan pekerjaannya, pengawas kesehatan hewan tidak hanya berhubungan dengan peternakan. Terdapat berbagai tanggung jawab yang harus dijalankan oleh pelaku profesi tersebut. Beberapa tugas tersebut antara lain:

  • Mengawasi fasilitas transaksi penjualan hewan dan produk hewan;
  • Mengawasi fasilitas penetasan telur;
  • Menjalin komunikasi dengan pedagang hewan;
  • Mengawasi tempat penampungan hewan;
  • Mengawasi fasilitas produksi pakan;
  • Memberikan karantina pada hewan yang sakit;
  • Memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan hewan;
  • Menilai dan mengevaluasi pengelolaan hewan ternak; dan
  • Membuat laporan tertulis tentang kondisi kesehatan hewan.

Baca Juga: Gaji Dokter Bedah

Tidak hanya itu, layanan dari profesi pengawas kesehatan hewan juga dibutuhkan pada industri peternakan yang dikembangkan oleh pihak swasta. Bisnis peternakan, produksi susu, telur, dan berbagai produk hewan lain cukup lazim mengakuisisi profesi tersebut ke dalam bisnisnya.

Tugas utama pengawas kesehatan hewan adalah menjamin hewan berada pada lingkungan sehat, aman, dan tidak ditelantarkan. Dalam memenuhi pekerjaan tersebut, pengawas kesehatan hewan juga berhubungan dengan sektor fasilitas, keselamatan, dan operasional.

Gaji Dokter Hewan

Gaji dokter hewan bukan merupakan satu-satunya pendapatan profesi tersebut
Gaji dokter hewan bukan merupakan satu-satunya pendapatan profesi tersebut

Gaji dokter hewan memiliki berbagai variasi nominal. Perbedaan tersebut ditentukan pada bidang kerja, pengalaman, lembaga, upah minimum wilayah, dan berbagai hal lainnya. Tetapi pada umumnya perbedaan nominal tersebut berada pada ukuran layak untuk masing-masing faktor.

Bidang kerja dokter hewan menjadi faktor yang menentukan besaran gaji dokter hewan. Pasalnya, bidang pekerjaan juga mempengaruhi cakupan tanggung jawab seorang dokter hewan. Hal tersebut termasuk sejumlah pekerjaan tambahan yang mungkin dilakukan sebagai rutinitas.

Gaji dokter hewan menjadi akumulasi penghargaan atas pekerjaan di bidang masing-masing. Sejumlah bidang juga memisahkan beberapa pekerjaan sebagai layanan yang tidak terhitung ke dalam apresiasi gaji dokter hewan. Hal tersebut cukup umum pada kategori pet care dan klinik hewan.

Dokter Hewan

Gaji dokter hewan yang umum ditemui di layanan klinik dan pet care berkisar pada nominal Rp2.300.000,- sampai dengan Rp10.474.265,- setiap bulannya. Nominal gaji dokter hewan tersebut umumnya belum termasuk berbagai tunjangan lain dan bonus atas layanan tambahan.

Selain gaji dokter hewan, sejumlah lembaga juga memberikan fasilitas dan tunjangan kepada pelaku profesi tersebut. Dukungan tersebut diberikan agar dokter hewan dapat bekerja secara maksimal di lembaga terkait. Beberapa tunjangan yang umum diberikan antara lain:

  • Tunjangan kesehatan;
  • Tunjangan transportasi;
  • Tunjangan kehamilan;
  • Tunjangan rekreasi; dan
  • Tunjangan karir.

Selain tunjangan dan gaji dokter hewan, pelaku profesi tersebut juga mendapatkan bonus atas sejumlah pekerjaan. Bonus tersebut umumnya diberikan atas pekerjaan pembedahan, laboratorium, dan berbagai tugas lain sesuai kebijakan lembaga.

Jika dokter hewan bekerja pada instansi pemerintahan dan berstatus pegawai negeri sipil, maka gaji dokter hewan beserta tunjangannya akan mengikuti ketentuan pendapatan pegawai negeri di bidang kesehatan pada umumnya. Hal tersebut juga berlaku pada bonus pekerjaan dokter hewan.

Teknisi Veteriner

Profesi teknisi veteriner umumnya berdampingan dengan pekerjaan dokter hewan. Teknisi veteriner serupa dengan perawat dan bidan pada layanan dokter umum. Sehingga profesi tersebut juga mengerjakan cukup banyak hal untuk mendukung kinerja dokter hewan.

Atas pekerjaan tersebut, profesi teknisi veteriner umumnya mendapatkan apresiasi Rp3.000.000,- hingga Rp5.900.000,- per bulannya. Rentang gaji tersebut ditentukan berdasarkan lembaga, upah minimum wilayah, pengalaman, dan berbagai hal lain.

Serupa dengan gaji dokter hewan, besaran tersebut juga tidak termasuk tunjangan yang diberikan lembaga kepada teknisi veteriner. Selain itu, teknisi veteriner juga berpotensi mendapatkan bonus atas sejumlah pekerjaan dan lembur yang dilakukan dari lembaga tempatnya bekerja.

Groomer

Gaji groomer memiliki variasi di antara Rp1.800.000,- sampai dengan Rp6.000.000,- per bulan. Nominal akhir yang diterima pekerja groomer ditentukan dari pengalaman, upah minimum, dan berbagai faktor lain. Nominal tersebut umumnya belum termasuk bonus pekerjaan.

Pada sejumlah kondisi groomer dipekerjakan dengan latar belakang dokter hewan. Sehingga gaji dokter hewan juga akan diperhitungkan ke dalam pendapatan pekerja tersebut. Hal tersebut cukup banyak terjadi pada sejumlah kalangan dengan permintaan khusus.

Pengawas Kesehatan Hewan

Gaji dokter hewan yang mengambil peran pengawasan kesehatan hewan juga memiliki sejumlah variasi. Hal tersebut utamanya ditentukan oleh lembaga tempat dokter hewan bekerja. Secara umum, kelembagaan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni swasta dan instansi pemerintahan.

Baca Juga: Gaji Dokter Anak

Pada kategori pekerjaan pengawas kesehatan hewan di instansi swasta, profesi dokter hewan tersebut diapresiasi berdasarkan kapasitas bisnis, jumlah hewan, dan berbagai hal lainnya. Ukuran kandang dan cakupan pekerjaan juga menentukan besaran gaji dokter hewan pada bidang ini.

Pada kelompok kandang sedang, gaji dokter hewan di bidang tersebut berkisar pada angka Rp4.800.000,- per bulan. Gaji dokter hewan tersebut tentu belum termasuk tunjangan dan bonus pekerjaan. Bonus pekerjaan menjadi hal yang krusial pada profesi pengawas kesehatan hewan.

Bonus pekerjaan mengikat pada kondisi-kondisi tidak terduga seperti kebutuhan vaksin, wabah, dan berbagai hal lainnya. Untuk itu, instansi tempat pengawas kesehatan bekerja akan sangat memperhatikan apresiasi atas pekerjaan-pekerjaan tidak terduga tersebut.

Sementara pada instansi pemerintahan, dokter hewan yang mengambil peran pengawas kesehatan hewan umumnya berstatus pegawai negeri sipil. Sehingga gaji dokter hewan pada kelompok ini ditentukan oleh aturan perundang-undangan yang berlaku tentang gaji PNS.

Tingkat jabatan, upah minimum, dan luas wilayah tanggung jawab menentukan besaran gaji dokter hewan pada kelompok tersebut. Selain gaji dokter hewan dan tunjangan, pengawas kesehatan hewan pada kelompok ini juga memiliki hak pensiun seperti pegawai negeri pada umumnya.

Penutup

Gaji dokter hewan merupakan info yang cukup menarik untuk diulas. Seperti profesinya, besaran gaji dokter hewan juga tidak banyak diketahui masyarakat. Di saat yang sama, profesi tersebut justru memiliki peran besar di tengah masyarkat.

Bahkan terdapat kesempatan kerja yang cukup besar bagi dokter hewan di lingkungan pemerintahan. Hal tersebut disebabkan perannya yang juga berhubungan dengan kehidupan sehari-hari masyarakat, termasuk konsumsi dan berbagai keperluan rumah tangga.

Gaji dokter hewan tidak memiliki nominal yang terlalu fantastis. Namun di saat yang sama, peluang layanan tambahan di luar gaji dokter hewan menjadikan profesi tersebut cukup menarik untuk digeluti. Profesi tersebut juga tentu menarik bagi para pecinta hewan.

Gaji Pegawai BUMN

admin
7 min read

Gaji Dokter Anak

admin
6 min read

Gaji Dokter Bedah

admin
6 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.