Gaji Alfamart

gaji alfamart

Secara umum, gaji Alfamart paling rendah yang ditawarkan oleh untuk pegawainya adalah sebesar Rp.1.300.000 untuk Office boy. Hal ini menjadikan selalu adanya antusiasme para calon pencari kerja untuk bergabung dengan Alfamart. Karyawan Alfamart pun sering disebut-sebut mendapatkan gaji yang besar.

Gerai ini umumnya menjual berbagai produk makanan, minuman, dan barang kebutuhan hidup lainnya. Alfamart dimiliki oleh PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk.Alfamart menjadi satu dari dua minimarket terbesat di Indonesia. Hampir disetiap sudut daerah, Anda bisa menemukan minimarket dengan warna logo merah ini.

Tiap tahunnya saja Alfamart selalu mengalami kenaikan omzet yang cukup signifikan meskipun Indonesia masih dilanda wabah Covid-19. Sehingga, bergabung dengan Alfamart untuk mengembangkan karir di usia muda adalah salah satu hal tepat. Selain karena adanya sistem jenjang karir yang jelas, gaji Alfamart pun cukup menarik.

Ada juga yang mengatakan mereka mendapatkan bonus selain gaji pokok. Sebenernya, berapa gaji alfamart? Pada dasarnya, gaji alfamart 2022 menyesuaikan UMR atau UMK tiap daerah masing-masing. Namun gaji alfamart tersebut juga akan disesuaikan dengan jabatan.

Sebab setiap posisi mempunyai tanggung jawab yang berbeda-beda. Selain gaji Alfamart pokok, pegawai alfamart juga akan menerima tunjungan dengan jumlah yang berbeda seuai jabatannya. Tunjangan itu antara lain, tunjangan toko karena bekerja di hari libur, tunjangan lemburm, BPJS, ketenagakerjaan, BPJS kesehatan dan lain sebagainya.

Selayang Pandang Alfamart

gaji alfamart
Ilustrasi gerai Alfamart di berbagai daerah di Indonesia Sumber Gambar : alfamart.co.id

PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk merupakan salah satu perusahaan di bidang retail yang cukup besar dan terkemuka di Indonesia. Perusahaan ini mulai didirikan pada tahun 1989 oleh Djoko Susanto beserta keluarga dan kemudian mulai menjadi perusahaan terbuka pada tahun 2009 setelah melakukan penawaran umum perdana di Bursa Efek Indonesia.

Awalnya PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk tidak bergerak secara khusus di sektor retail melainkan bergerak di bidang perdagangan dan distribusi. Namun, pada tahun 1994 setelah adanya perubahan kepemilikan sehingga PT HM Sampoerna berhak atas 70% kepemilikan saham dan Djoko Susanto berserta keluarga hanya memiliki hak 30% kepemilikan saham.

Baca juga : Gaji Indomaret

Pada tahun 1999, PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk mulai mengoperasikan gerai toko minimarket pertamanya di Jalan Beringin Raya Karawaci, Tangerang, Banten. Kemudian pada tahun 2002 perusahaan ini mulai mengakuisisi 141 gerai Alfa Minimart dan kemudian berganti nama menjadi “Alfamart”.

Hal ini ditunjukkan dengan adanya ekspansi pangsa pasar yang dilakukan oleh PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk ke berbagai kota di Indonesia seperti Lampung, Bali, Makassar, Palembang, Medan, Jambi, Pekanbaru, Banjarmasin, Pontianak, Manado, dan Batam. Tak hanya bermain di dalam negeri PT Sumber Alfaria Trijaya, Tbk juga mengembangkan bisnisnya hingga ke negara lain yaitu Filipina.

Seiring dengan pasar yang semakin meluas, jumlah gerai toko Alfamart juga semakin meningkat pada setiap tahunnya. Alfamart menjadi Jaringan Minimarket Pertama di Indonesia yang memperoleh Sertifikat ISO 9001:2000 untuk Sistem Manajemen Mutu.

Dalam menjalankan roda perusahaannya, Alfamart memiliki habbits unik yang saat ini masih terus dilakukan oleh para pegawainya. Beberapa diantaranya adalah :

  • Kegiatan I love Monday. Yaitu kegiatan yang dilakukan setiap senin pagi dengan cara mengafirmasi diri sendiri dan saling memberikan motivasi kepada rekan kerja yang lain dengan hal-hal positif.
  • Memberikan handout berupa buku kepada para pegawainya yang berisi tentang nilai-nilai budaya dan integrasinya dalm etos kerja.

Mekanisme Kerja Alfamart

Klasifikasi Jabatan

Dalam sebuah toko Alfamart biasanya akan terdiri dari beberapa orang yang tentunya memiliki jabatan tersendiri. Jabatan-jabatan tersebut ialah :

  • Crew store (Pramuniaga atau kasir)
  • Assistant Chief of Stote (asisten kepala toko)
  • Chief of Store (Kepala toko)

Masing- masing dari 3 posisi di atas, memiliki tugas dan tanggung jawab yang berbeda.

Crew store (Pramuniaga atau kasir)

Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah melayani customer dengan pelayana terbaik. Tidak hanya itu, para pramuniaga juga memiliki tugas untuk melakukan penataan dan perhitungan stok setiap harinya. Untuk kasir, ia memiliki tugas untuk melayani customer dalam hal pembayaran yang harga dan nominal barangnya sudah terintegrasi melalui komputer.

Assistant Chief of Stote (asisten kepala toko)

Tugas dan tanggung jawab dari seorang asisten kepala toko adalah membantu kepala toko dalam mengawasi kinerja para pegawai toko. Tidak hanya itu, ia juga diberi amanah dalam memange segala hal yang berkaitan dengan sistem shift, promosi jabatan hingga pengecekan barang yang datang dari pusat.

Chief of Store (Kepala toko)

Jabatan tertinggi dalam sebuah toko Alfamart adalah seorang kepala toko. Seorang kepala toko memilki tanggung jawab yang paling besar di antara para pegawainya . ia memegang secara penuh seluruh mobilisasi di toko yang ia pimpin. Ia jug harus memiliki strategi yang lihai agar mampu menciptakan tim yang solid dan kompak.

Sistem Shift di Alfamart

Shift merupakan pembagian kerja yang sering diterapkan pada toko-toko tertentu agar toko tetap bisa beroperasional selama 24 jam. Sistem shift ini juga berlaku di Alfamart, meskipun tidak semua gerai memberlakukan sistem ini karna jam operasionalnya yang tidak 24 jam.  Dalam 24 jam, biasanya terdapat 2 sampai 3 shift. Berikut penjelasannya :

Baca Juga: Gaji Pegawai Bank BRI

  • Shift 1 : Shift ini biasanya berlaku dari jam 7 pagi hingga jam 3 sore.
  • Shift 2 : Shift ini biasanya berlaku dari jam 3 sore hingga jam 11 malam.
  • Shift 3 : Shift ini biasanya berlaku dari jam 11 malam hingga jam 7 pagi.

Cara Menjadi Pegawai Alfamart

Gaji alfamart
Pelayanan Alfamart Sumber Gambar:waralaba.alfamart.co.id

Bisnis ritel di bawah naungan PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk ini, menawarkan lowongan kerja untuk lulusan SMA atau SMK, D3, hingga sarjana S1. Dikutip dari laman resmi perusahaan, kini hampir ada 15.000 gerai Alfamart di berbagai penjuru Indonesia.

Untuk mengelolanya, tentu dibutuhkan banyak tenaga kerja. Berikut ini persyaratan dan berkas yang harus kamu penuhi melamar menjadi karyawan Alfamart :

  • Surat Lamaran Pekerjaan.
  • CV atau Daftar Riwayat Hidup.
  • Pas foto 3 cm x 4 cm dan 4 cm x 6 cm sebanyak 3 lembar.
  • Fotokopi SKCK
  • Fotokopi KTP
  • Fotokopi kartu kuning atau kartu tanda pencari kerja.
  • Fotokopi ijazah dan transkrip nilai.
  • Surat keterangan sehat.

Selain persyaratan berkas atau administrasi, Anda juga harus melengkapi persyaratan fisik sebagai berikut.

  • Berbadan sehat.
  • Tidak bertindik atau bertato.
  • Boleh berkacamata.
  • Minimal berusia 18 tahun.
  • Maksimal berusia 25 tahun, berlaku bagi lulusan SMK dan sederajat.
  • Minimal lulusan SMA dan sederajat.

Setelah berkas-berkas disiapkan dan kriteria secara fisik dan pendidikan memenuhi, maka Anda dapat langsung mengirimkan berkas-berkas tersebut ke gerai yang akan Anda lamar, tentunya Anda harus berpakaian bersih, rapi dan sopan. Selain dapat mengirimkan lamaran via offline, lamaran juga dapat dikirimkan melalui online dengan cara :

  • Buka Website Recruitment Alfamartku

Cara pertama, silahkan buka website recruitment Alfamartku. Silahkan isi seluruh data yang tersedia. Klik Submit untuk Penyimpanan Data

  • Sesudah mengisi form, klik “Submit”.
  • Isi Riwayat Pendidikan dan Pengalaman

Selain data-data tentang pelamar, Anda juga bisa mengisi riwayat pendidikan, pengalaman, keterampilan, form pernyataan, sosial media, kelengkapan berkas, serta data keluarga hingga riwayat penyakit. Riwayat pendidikan ialah pendidikan yang sudah pernah Anda jalani.

Baca Juga: Gaji Pertamina

Dari pendidikan SD sampai pendidikan terakhir. Untuk keterampilan di sini ialah keahlian atau keterampilan yang Anda miliki, misalnya saja mahir menggunakan Ms. Office maupun beberapa software yang lainnya.

Anda bisa menulis pengalaman, jika Anda sebelumnya sudah memiliki pengalaman kerja. Akan tetapi, jika baru lulus bisa menuliskannya di keterangan. Data keluarga diisi dengan data keluarga sesuai kartu keluarga. Sementara penyakit, Anda  bisa mengisinya dengan riwayat penyakitmu sebelumnya.

Gaji Alfamart Perbulan

gaji alfamart
kegiatan karyawan alfamart

Salah satu informasi yang dicari sebelum memutuskan untuk bekerja adalah seputar gaji karyawan. Lalu berapa sih gaji Alfamart? Apabila Anda tertarik untuk menjadi salah satu karyawan alfamart dan penasaran besaran gajinya, Berikut merupakan gaji Alfamart dari mulai tingkat pusat hingga masing-masing gerai.

No. Jabatan Gaji
1. Koperasi Karyawan Rp. 800.000
2. Office Boy Rp1.300.000
3. Office Boy Rp1.300.000
4. Staff Finance Rp2.500.000
5. Accounting Staff Rp1.500.000
6. Maintenance Rp1.500.000
7. Merchandiser Rp1.500.000
8. Purchasing Staff Rp1.500.000
9. Safety Staff Rp1.500.000
10. Security Rp1.500.000
11. Store Head Assistant Rp1.500.000
12. Warehouse Staff Rp1.500.000
13. Sales Rp1.600.000
14. Crew Rp1.700.000
15. strong Picker Rp1.800.000
16. Helper Rp1.900.000
17. Kasir Rp1.900.000
18. Store Assistant Rp2.000.000
19. Asisten Kepala Toko Rp2.100.000
20. Kepala Toko Rp2.100.000
21. IT Support Rp2.400.000
22. Area Manager Rp2.500.000
23. Pemasaran Rp2.500.000
24. Administrasi Kasir Rp2.500.000
25. Operational Staff Rp2.500.000
26. Payroll Admin Rp1.600.000

Setelah mengetahui gaji alfamart, mari kita ketahui mengenai bagaimana sistem gaji perusahaan. Banyak orang yang ingin bergabung menjadi karyawan alfamart karena ada berbagai tunjangan yang bisa didapatkan untuk menjalani sebuah karir di sini.

Manajemen perusahaan alfamart memang memiliki komitmen untuk dapat mengembangkan kompetensi, produktifitas dan juga menjamin perlindungan untuk para karywannya baik dari sisi keselamatan, kesehatan dan ketenagakerjaan.

Untuk sistem gaji alfamart dibayarkan setiap bulannya, sesuai dengan jumlah hari masuk kerja setiap karyawan. Setiap karyawan selain mendapatkan gaji, akan mendapatkan THR setiap tahunnya dan BPJS Ketenagakerjaan, serta berbagai tunjangan lain yang disesuaikan dengan level jabatan.

Penutup

Demikian informasi mengenai gaji Alfamart untuk beberapa posisi. Informasi yang sudah dipaparkan terkait gaji alfamart, bisa Anda jadikan bahan referensi untuk memilih posisi apa yang cocok ketika akan melamar di Alfamart. Satu hal yang perlu diingat bahwa, jangan tergiur mengenai gaji alfamart yang ditawarkan untuk pekerjaan apapun dengan informasi yang tidak jelas.

Setiap orang yang ingin melamar di Alfamart, tentunya harus mengkaji dulu berapa gaji sebagai pegawai tetap setelah diterima di Alfamart. Informasi ini dimaksudkan untuk memperkirakan besaran gaji alfamart khususnya untuk orang yang masih awam.

UMR Jakarta

admin
5 min read

UMR Sukabumi

admin
3 min read

UMR Bogor

admin
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.